Permintaan akan IT Auditor pada perusahaan terus meningkat. Mengingat, kinerja bisnis sangat bergantung pada pemantauan dan penilaian sistem operasi IT. Daam perusahaan, IT Auditor memiliki peran yang cukup krusial. Posisi ini bertugas melindungi kontrol internal dan data dalam sistem teknologi perusahaan. Dengan begitu, mereka dapat dengan mudah mengidentifikasi kelemahan dan kemungkinan ancaman. Jika Anda berminat menjadi tim IT Auditor, pastikan Anda memiliki skills dan pemahaman terkait aturan-aturan yang dibutuhkan sebelum melamar posisi ini. Persiapkanlah diri Anda dalam menghadapi pertanyaan interview IT Auditor, berikut ini.

Bocoran Pertanyaan Saat Interview IT Auditor

1. Mengapa Anda tertarik untuk melamar posisi ini?

Pertanyaan ini sering kali diajukan pada sesi interview kerja, tak terkecuali saat melamar sebagai IT Auditor. Tentunya, posisi sebagai IT Auditor memiliki tanggung jawab tersendiri. Pertanyaan ini diajukan untuk mengetahui seberapa pahamkah Anda mengenai perusahaan tersebut.

Untuk menjawab pertanyaan interview ini, jawablah dengan memberitahukan alasan dan ketertarikan Anda terhadap bidang IT Auditor. Kriteria alasan dapat berupa latar belakang pengalaman yang sama, atau pendidikan yang termasuk dalam bidang IT Auditor.

2. Apa yang Anda ketahui tentang tanggung jawab IT Auditor?

Perekrut ingin mengetahui pemahaman Anda terkait tanggung jawab IT Auditor. Bagi Anda yang sudah memiliki pengalaman sebagai IT Auditor, tentunya Anda tidak akan kebingungan.

Berikut jawaban yang bisa Anda gunakan, jika Anda masih baru dalam bidang ini :

  • Mempersiapkan dan melaksanakan rencana kerja audit internal, serta membuat laporan terkait audit;
  • Mengidentifikasi kelemahan jaringan pada sistem;
  • Menyusun perencanaan untuk mencegah pelanggaran keamanan teknologi;
  • Melakukan kerjasama atau berkolaborasi untuk menciptakan infrastruktur teknologi informasi yang solid.

3. Mengapa IT Auditor Diperlukan?

Dari pertanyaan ini, perekrut menguji pengetahuan, pemahaman, dan bagaimana IT Auditor  dapat membantu perusahaan.

Anda bisa menjawab pertanyan  ini dengan menjelaskan perubahan apa saja yang diperlukan, agar perekrut bisa mendapat gambaran apa saja aspek-aspek yang bisa membantu perusahaan mencapai tujuan dengan cepat.

4. Bagaimana IT Auditor melakukan penilaian risiko?

Tujuan pertanyaan ini adalah untuk menguji bagaimana cara Anda dalam melakukan penilaian risiko. Setiap industri memiliki penilaian risikonya yang berbeda-beda, seperti metodologi penilaiannya.

Anda bisa menjawab pertanyaan ini dengan menjelaskan bagaimana cara Anda menggunakan metodologi dan alat yang tersedia untuk mengidentifikasi kerentanan. Berikanlah solusi dalam menangani masalah tersebut.

5. Apa yang Anda ketahui tentang (Istilah industri)?

Sebagai IT Auditor, Anda harus memahami berbagai istilah esoterik dalam industri perusahaan yang Anda lamar. Tujuan pertanyaan ini adalah untuk menentukan apakah Anda memahami beberapa aspek pekerjaan yang lebih spesifik.

Jawablah pertanyaan ini sesuai dengan apa yang Anda ketahui. Kemungkinan perekrut akan menanyakan mengenai lisensi-lisensi yang diperlukan sebagai IT Auditor. Anda pun bisa menceritakan sertifikasi atau lisensi yang sudah Anda miliki.

Baca Juga: Kenali Sertifikasi CompTIA Sebelum Terjun di Bidang IT

(Visited 26 times, 1 visits today)