Fakta bahwa berkarir di bidang informasi Teknologi (IT) dan telekomunikasi pada saat ini, sangat diminati oleh kalangan pelajar baik nasional maupun internasional. Hal ini memengaruhi pandangan sebagian besar orang untuk berpikir bahwa untuk dapat bekerja di bidang IT dan telekomunikasi, maka harus menghabiskan sebagian waktu untuk mengotak-atik kode pemrograman yang tentu saja tidak akan dipahami orang awam.  

Namun, hal tersebut tentu tidak benar adanya. Bidang IT dan Telekomunikasi secara teknis berhubungan dengan internet dan juga media penyedia seperti PC komputer, laptop, telepon, dan juga telepon selular (software maupun hardware), dan segala lingkup yang berbasis internet. 

Pada era digital seperti saat ini, internet memang memiliki andil yang besar di dunia. Anda akan dapat menemukan internet dimanapun berada, seperti di rumah, kantor, sekolah, kampus atau di tempat-tempat communal space. Tentu dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, akan mempermudah manusia beraktivitas seperti kehidupan sosial, finansial, pendidikan, hiburan, dan juga pemerintahan. 

Diketahui jika perkembangan teknologi di Indonesia tumbuh begitu pesat termasuk bidang IT dan telekomunikasi.  Bahkan menurut survei Asosiasi Penyedia Layanan Internet Indonesia (APJII) pada 2016 lalu, sebanyak 132 juta penduduk Indonesia tercatat menggunakan internet. Sementara itu, raksasa teknologi dunia pun beramai-ramai mengincar pasar Tanah Air untuk mengembangkan produk-produknya. Hal ini tentu saja akan menyedot tenaga kerja yang banyak dan berkualitas. 

Apa Sih, Keuntungan Berkarir di bidang IT dan Telekomunikasi?

Berkarir di dalam bidang IT dan telekomunikasi bisa menjadi sesuatu yang menantang dan menarik. Salah satu hal yang paling menarik dalam berkarir di bidang IT dan telekomunikasi adalah perusahaan akan menawarkan kesempatan kalian untuk belajar. Bagaimanapun, teknologi akan terus berkembang mengikuti jaman , dan selalu ada hal-hal baru yang bisa kalian pelajari dan keahlian baru yang bisa kalian kuasai di dalam bidang IT dan telekomunikasi.

Untuk dapat berkarir di bidang IT dan telekomunikasi, Sahabat TOGI tentunya harus memiliki keahlian yang handal di bidang ini. Dan salah satu hal yang menarik adalah Anda dapat belajar hal baru setiap waktu. Mau bagaimanapun, teknologi akan terus berkembang, dan karena hal itulah keuntungan berkarir di bidang IT. seperti contohnya konsultan IT yang dapat bekerja secara remote atau jarak jauh, baik di rumah atau di lokasi mana saja di seluruh dunia. Tentu hal ini sangat cocok nih, bagi Anda yang tidak ingin terikat dengan kantor ataupun bekerja di lebih dari satu tempat. 

Apa saja sih, keahlian yang diperlukan untuk kerja di bidang IT dan Telekomunikasi itu?

Kenyataannya, beberapa karyawan IT memiliki sejumlah kreativitas dalam pekerjaan mereka, terutama insinyur software engineering, Web designer, dan konsultan keamanan informasi. Bekerja di bidang IT, tidak selalu berhubungan dengan mengurutkan perangkat keras, berhubungan dengan piranti lunak, memasukkan data yang benar, ataupun coding yang sesuai. 

Supaya dapat bekerja di bidang ini, maka Sahabat TOGI harus mempunyai keahlian dan pengetahuan yang spesifik tentunya di bidang IT. Namun, secara umum Anda juga harus memiliki keahlian dasar di bidang matematika yang kuat, mampu berpikir secara logis dan juga memiliki ketertarikan yang kuat terhadap sistem kerja komputer dan telekomunikasi. Jika Anda mempunyai semua keahlian tadi, maka Anda dapat menjadi calon kandidat yang tepat untuk dapat bekerja di perusahaan IT.

Anda dapat memilih banyak karir di bidang IT dan telekomunikasi ini, sebab banyak fakta jika orang yang bekerja di bidang IT, akhirnya dapat menguasai dan mengerjakan kemampuan lain yang terkait dengan bidang ini. Semisal bidang spesifik seperti User Experience (UX) dapat menguasai User Interface (UI), kemudian machine learning, dan lain sebagainya. 

Namun apapun pilihan Anda, di dalam bidang ini, Anda akan dihadapkan dengan dua pilihan utama, yaitu hardware (perangkat keras), dan software (perangkat lunak).

1. Hardware

Hardware adalah semua jenis komponen yang terdapat dalam komputer atau laptop yang mana mempunyai fisik yang terlihat secara kasat mata dan dapat dirasakan secara langsung oleh penggunanya. Hardware ini dapat dikatakan sebuah peralatan fisik komputer yang berguna untuk melakukan proses input, dan juga proses output. Material tersebut antara lain seperti CPU, RAM, mouse, keyboard, scanner, monitor, printer, perangkat telekomunikasi, dan lain sebagainya. Apabila Anda memilih bidang ini, maka terdapat pekerjaan yang berkaitan dengan bidang hardware yaitu technical support engineer, network engineer, dan infrastructure architect.

2. Software

Software adalah sebuah data yang diprogram, disimpan dan diformat secara digital dengan kegunaan tertentu. Perangkat ini tidak mempunyai bentuk fisik. Anda dapat mengoperasikannya melalui perangkat komputer. Adapun pembuatannya sendiri, memerlukan bahasa pemrograman yang ditulis oleh seorang pemrogram/programmer atau orang yang ahli di bidang tersebut. Nah, apabila Anda hendak memilih bidang ini untuk bekerja, maka Anda akan berhubungan dengan hal-hal seperti pemrograman komputer, sistem operasi komputer, program komputer, aplikasi, situs website, database, game komputer, dan masih banyak lagi. 

Alternatif pekerjaan lainnya di bidang ini adalah sebagai seorang konsultan IT dan telekomunikasi yang bertugas untuk menganalisis dan menilai sistem IT milik perusahaan, kemudian memberikan saran dan layanan yang dapat membantu memberikan solusi IT bagi perusahaan, untuk meningkatkan produktivitas dalam meraih tujuan bisnis. 

Baca juga: 7 Pekerjaan di Bidang IT Yang Paling Menjanjikan dan Dicari

Apa saja sih kesempatan yang tersedia di bidang IT dan Telekomunikasi itu?

Perlu Anda ketahui jika pekerjaan di bidang IT ini, makin lama makin digemari seiring pertumbuhan bisnis dan teknologi yang semakin pesat di dalam negeri dan luar negeri. Pekerja spesialis bidang IT dan telekomunikasi begitu diperlukan di berbagai perusahaan. Banyak contoh orang yang telah bekerja di bidang tersebut di beberapa perusahaan besar dunia seperti Apple, Microsoft, dan Oracle. Sebagian orang juga bekerja di perusahaan konsultasi IT seperti Logica dan Capgemini. Namun tidak hanya itu, beberapa orang yang mempunyai skill di bidang IT dan telekomunikasi ini juga bekerja di banyak perusahaan IT kecil dan juga instansi pemerintahan, perbankan, dan juga perusahaan mining. 

Pada saat ini, karena semakin banyak adopsi teknologi IT ke dalam industri telekomunikasi, membuat batasan IT dan telekomunikasi semakin bias. Misalnya, PCM-30 makin ditinggalkan dan beralih kepada teknologi ethernet. Potensi kerja di bidang IT dan telco terus terang sangat banyak sekali ragamnya, mulai dari posisi entry level, hingga advanced. Sebab, industri IT dan telco ini sangat besar dan luas. Tentunya hal ini menggembirakan bagi Sahabat TOGI yang hendak memilih berkarir di jalur ini. Kesempatan sangat terbuka luas. Yuk, segera kembangkan diri Anda untuk segera berkarir di bidang IT dan telekomunikasi! 

Apabila Anda telah memiliki skill yang baik dan handal serta siap untuk mencari kerja. Jangan ragu-ragu untuk mendaftarkan diri di situs pencarian kerja khusus IT terpercaya dan menjanjikan, yaitu TOGI HR. Segera kirim CV Anda melalui email yang tertera dan raih masa depan cerah bersama karir yang cemerlang. Upgrade terus skill Anda saat ini dan jangan pernah berpuas diri atas pencapaian yang didapat saat ini ya!


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

(Visited 1 times, 1 visits today)