Dunia informasi dan teknologi (IT) semakin berkembang pesat dari tahun ke tahun. Selaras dengan perkembangan kecanggihan teknologi tersebut, maka peluang pekerjaan yang ditawarkan menjadi terbuka lebar. Hal ini menjadikan IT sebagai bidang pekerjaan yang paling diminati dan dicari saat ini. Itulah yang mendasari munculnya beberapa pekerjaan IT yang paling menjanjikan karena skup pekerjaan dan gaji yang diterimanya. 

Tidak hanya soal memudahkan suatu pekerjaan, IT dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas manusia. Profesi ini dapat memudahkan suatu perusahaan berkembang dengan pesat, karena di era ekonomi digital ini, semua perusahaan di dunia telah menerapkan infrastrukturnya berbasis IT. 

Bagi Anda yang hendak berkarir di bidang IT, kiranya dapat menyimak profesi apa saja di bidang IT yang paling menjanjikan berikut ini, yang cocok untuk karier Anda di masa depan.

7 Pekerjaan di Bidang IT Yang Paling Menjanjikan dan Dicari

1. Web Developer

Web developer atau pengembang web mempunyai tugas untuk membuat dan memelihara situs website. Semua perusahaan, saat ini telah menggunakan sistem perangkat lunak atau software. Alasan ini yang membuat profesi web developer semakin naik daun. Untuk mendapatkan posisi ini, Anda harus menguasai bahasa pemrograman dengan baik. Selain itu, waktu kerja seorang web developer adalah fleksibel. Sedangkan untuk gaji yang akan diterima oleh seorang web developer pada awal masuk adalah Rp5 juta hingga  Rp8 juta per bulan.

2. Software Developer

Untuk posisi software developer di dalam suatu perusahaan, mempunyai tanggung jawab untuk meriset, mendesain, mengimplementasikan, hingga melakukan pengujian software dan sistem. Profesi software developer dapat bekerja di berbagai bidang industri, seperti industri hiburan, pariwisata, kesehatan, media, retail, instansi pemerintah, dan lain sebagainya. Biasanya tantangan yang dihadapi oleh seorang software developer adalah deadline pekerjaan yang begitu banyak. Sedangkan untuk kisaran gaji seorang software developer berkisar antara Rp7 juta hingga Rp20 juta rupiah per bulan bagi level pemula atau junior, dan Rp20 juta hingga Rp40 juta rupiah per bulan untuk level mahir atau senior. 

3. UI/UX Designer

Posisi User Interface (UI)/User Interface (UX) designer, termasuk dalam pekerjaan yang paling menjanjikan di dunia. Ia bertugas membuat tampilan untuk website maupun aplikasi dengan menggunakan software tertentu yang disebut mock up. Adapun seorang UX bertanggung jawab untuk memastikan setiap langkah penggunaan oleh user terhadap aplikasi ataupun website dapat dilakukan secara logis dan jelas. Sedangkan UI designer bertugas untuk mengoptimalkan tampilan suatu produk di mata user supaya memiliki keseragaman, baik dari segi warna, font, maupun layout. Seorang UI?UX designer akan memperoleh gaji sekitar Rp5 juta hingga Rp8 juta per bulannya.

4. Database Administrator

Posisi database administrator merupakan salah satu profesi di bidang IT yang paling menjanjikan. Mengapa demikian, sebab ia merupakan posisi yang punya tanggung jawab cukup tinggi. Perannya sebagai seorang database administrator antara lain mendesain, memelihara, memperbaiki database, membuat susunan tertentu supaya user data dapat dengan mudah untuk mengakses ke dalamnya. Pada posisi ini, seorang database administrator sebaiknya harus tahu mengenai istilah yang sering disebut dengan data manipulation dan memahami prinsip-prinsip desain database. Gaji database administrator berkisar antara Rp5 juta hingga Rp13 juta rupiah per bulannya. 

5. Information Security Analyst

Tugas information security analyst adalah mengembangkan sebuah sistem keamanan dan menjaga jaringan serta sistem dalam sebuah perusahaan. Mengingat teknologi yang kian berkembang pesat dewasa ini dan memicu perkembangan cyber crime, maka peluang daripada profesi ini sangat besar. Salah satu tanggung jawab profesi  information security analyst adalah menanggulangi bentuk serangan cyber dan harus selalu up to date dengan metode-metode bentuk serangan cyber yang ada. Ia juga dituntut untuk selalu mengembangkan strategi untuk memerangi hal tersebut terjadi. Untuk range gaji profesi information security analyst adalah Rp4 juta hingga Rp8 juta per bulan, dan bisa lebih tinggi, tergantung perusahaan tempat Anda bekerja.

Baca juga: Pekerjaan IT Tanpa Coding ini Bisa Dapat Gaji Besar

6. Business Intelligence

Profesi business intelligence banyak dibutuhkan oleh perusahaan dimanapun itu, sebab pekerjaan ini banyak berkaitan dengan analisis pengolahan data. Data ini membutuhkan tampilan multidimensi dalam suatu dashboard atau panel kontrol untuk pengolahan data. Demi menunjang pekerjaannya, seorang business intelligence harus dapat menguasai pengetahuan mengenai data mining, text mining, online analytical processing (OLAP), dan skill terkait lainnya. Gaji seorang business intelligence adalah dikisaran Rp7 juta hingga Rp9 juta per bulannya di Indonesia, dan dapat lebih tinggi untuk di luar negeri. 

7. System Manager

Profesi bidang IT paling menjanjikan yang terakhir adalah system manager. Profesi ini punya tanggung jawab untuk merencanakan, mengkoordinasi, dan mengarahkan jenis teknologi yang sesuai digunakan untuk aktivitas perusahaan. Posisi ini membutuhkan tanggung jawab yang sangat besar dan akan menyita waktu lebih banyak, seperti mengatur tim untuk lembur. Namun karena hal tersebutlah, maka gaji profesi ini pun tidak main-main, yaitu sebesar Rp12 juta hingga Rp20 juta per bulannya.  

Demikian 7 profesi pekerjaan paling menjanjikan di bidang IT. Kerja di bidang IT, tidak semata-mata tentang gelar saja, namun juga dibutuhkan skill dan pengalaman yang baik. Jangan pernah berharap untuk mendapatkan posisi strategis dengan gaji yang tinggi apabila Anda tidak punya pengalaman dan keterampilan yang mumpuni. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk terjun di bidang ini?

Apabila Anda telah memiliki skill bidang IT yang baik dan handal serta siap untuk mencari kerja. Jangan ragu-ragu untuk mendaftarkan diri di situs pencarian kerja khusus IT terpercaya dan menjanjikan TOG HR. Segera kirim CV Anda melalui email yang tertera dan raih masa depan cerah bersama karir yang cemerlang. Upgrade terus skill Anda saat ini dan jangan pernah berpuas diri atas pencapaian yang didapat saat ini ya!


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

(Visited 1 times, 1 visits today)