Profesi IT manager tidak hanya menjanjikan gaji yang tinggi tetapi juga posisi dalam perusahaan yang bergengsi. Fakta ini tak lepas dari perkembangan dunia Informasi dan Teknologi atau IT yang semakin dibutuhkan oleh banyak perusahaan.

Sesuai namanya sendiri, kata manager berarti mempunyai tanggung jawab yang lebih besar dengan beberapa mitra kerja di bawah pengawasannya. Hal ini berlaku pula untuk profesi IT manager. Secara garis besar, seorang IT manager bertugas mengawasi seluruh karyawan pada departemen IT.

Ia harus mengetahui etos kerja setiap karyawan di divisi tersebut, proyek yang dikerjakan hingga permasalah sistem pada jaringan komunikasi di kantornya masing-masing. Posisi sebagai seorang IT manager dapat diperoleh setelah bekerja terlebih dahulu sebagai seorang IT specialist atau computer system analyst.

Jika Anda sedang mengincar posisi ini di manapun level Anda saat ini, ada beberapa keahlian agar keahlian Anda menangkap perhatian perusahaan incaran, yang diantaranya:

IT Manager

1. Mengerti Bahasa Pemrograman 

Pastinya, seorang IT manager harus mahir dalam kemampuan teknis. Salah satunya adalah tentang bahasa pemrograman, elemen penting dalam ilmu IT. Bahasa pemrograman bermanfaat dalam memberikan perintah untuk mengolah data sesuai yang diharapkan.

2. Mengetahui Sistem SAP, Infrastruktur IT dan Konfigurasi Mikrotik

Faktor teknis berikutnya adalah System Application and Processing atau SAP, infrastruktur IT dan konfigurasi mikrotik. Hal teknis tersebut akan membantu dalam mengatasi terjadinya masalah dalam suatu sistem. IT manager dapat sigap mencari solusi agar sistem IT kembali berjalan normal.

3. Memiliki Kemampuan Analisa, Logika Baik

Seiring dengan tugasnya yang lebih berat dan komprehensif, kemampuan analisa dan logika yang mumpuni teramat penting. Pelakon profesi ini diharapkan dapat memberikan sumbangan untuk pengembangan sistem IT di perusahaan melalui analisa dan pengamatan yang obyektif.

4. Mampu Mengelola Proyek

Kemampuan pengelolaan proyek atau project management mutlak bagi setiap IT manager. Saat menerima suatu proyek, seorang IT manager harus sanggup membuat struktur menyeluruh sebagai pijakan mengatur dan memastikan seluruh elemen proyek berjalan sesuai rencana.

Tak pelak, ia harus mempunyai kemampuan perencanaan dan evaluasi yang baik. Ia bertugas meletakkan sistem dalam IT perusahaan sehingga bagian tersebut dapat mendukung kinerja kantor secara keseluruhan demi kondisi keuangan yang semakin membaik.

5. Mengawasi dan Melatih Staf IT

Keahlian terakhir adalah mampu mengawasi kinerja dan berbagai ilmu serta pengalaman ke staf IT yang ada di bawahnya. Beberapa yang bisa diajak bekerjasama adalah programmer dan administrator IT. Komunikasi yang baik antara IT manager dan para staf IT akan menciptakan pola kinerja bagian IT yang sehat dan terintegrasi.

Apakah anda tertarik dan mencari Lowongan IT Manager? Anda bisa mencoba untuk mengirim cv anda dan bergabung dengan TOG Indonesia. Dengan begini, anda akan membuka lebar peluangmu untuk bekerja diperusahaan besar dan membantumu untuk terus mengembangkan karier. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya : Persiapan yang Harus Dilakukan Saat Pertama Bekerja Menjadi Staff IT Support


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


(Visited 124 times, 1 visits today)