Programmer adalah orang yang memiliki kemampuan atau skill menulis dan merancang kode program-program (syntax) komputer menggunakan bahasa-bahasa pemrograman komputer (Java, Php, Javascript dll). Aplikasi yang ada pada saat ini seperti aplikasi berbasis mobile, desktop, ataupun web tak luput dari peran seorang Programmer. Tak heran apabila jenjang karir Programmer terbilang cukup menjanjikan.

Dalam terminologi, Jenjang Karir Programmer bisa dibedakan menjadi tiga bagian, yaitu : 

Programmer Junior adalah posisi untuk Programmer yang baru saja memulai dalam bidang Programming dimana mereka masih harus bergantung kepada panduan bahasa Programming yang digunakannya. Programmer Junior ini pastinya akan sering melakukan kesalahan sehingga masih perlu bimbingan dari Programmer Middle atau Programmer Senior.

Programmer Middle adalah posisi untuk Programmer yang setidaknya sudah memiliki kemampuan dalam bahasa program tertentu. Programmer ini sudah mampu untuk berdiri sendiri tanpa perlu bimbingan seperti Programmer Junior dan sudah mengerti ketika mendapatkan sebuah perintah untuk membuat suatu fungsi / aplikasi / program dari orang lain.

Programmer Senior adalah posisi untuk Programmer yang sudah sangat mahir dalam satu bahasa pemrograman dan biasanya mampu memberikan solusi atas masalah yang dihadapi. Selain mahir Programmer Senior juga sudah mampu dalam menterjemahkan bisnis proses yang diberikan dan diaplikasikan dalam sebuah program. Selain itu Programmer Senior biasanya akan terus memberikan bimbingan kepada Programmer Junior.

Tugas Programmer

Tugas programmer adalah mengembangkan atau menciptakan aplikasi yang meliputi :

  • Mendefinisikan kebutuhan
  • Merancang flowchart
  • Menulis kode program
  • Mendebugging
  • Menguji program

Mendefinisikan kebutuhan : Aplikasi yang akan dibuat nantinya akan di jalankan pada platform apa ? Contoh, aplikasi yang kita buat ini akan digunakan pada platform web. Maka nantinya program akan dijalankan pada komputer ber os : windows versi berapa, linux, mac os dan lainnya dengan browser tertentu. Selain itu kita juga butuh komputer dan tools lainnya untuk membuat programnya.

Merancang flowchart : Setelah kebutuhan program sudah terpenuhi. Kita buat alur programmnya. Kebanyakan programmer membuat flowchart terlebih dahulu sebelum membuat sebuah program aplikasi. Untuk contoh pembuatan flowchart bisa dipelajari pada artikel : 21 contoh algoritma dan flowchart.

Menulis kode program : Alur sudah terbentuk. Saatnya mengubah flowchart menjadi program menggunakan bahasa pemrograman (kode-kode program) tertentu.

Mendebugging : Debug adalah proses mencari kesalahan dari program yang sudah ditulis.

Menguji program : Selanjutnya kita akan menguji program yang sudah jadi ke pengguna. Biasanya sebelum dirilis ke publik. Program dirilis dalam versi beta

Berapa Kisaran Gaji Programmer?

Programmer junior (pemula) yang bekerja diperusahaan startup atau menengah ke atas bisa mendapatkan gaji rata-rata 4-8 juta. Sedangkan programmer senior dengan skill dan pengalaman yang sudah cukup mumpuni bisa mengantongi gaji 8-20 juta.

Baca juga artikel lainnya : Inilah Bahasa Pemrograman yang Banyak Dicari Perusahaan Besar


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


(Visited 42 times, 1 visits today)