Untuk memberantas kejahatan siber, keamanan siber atau Cybersecurity wajib hadir di tengah kehidupan nyata yang kini mulai menyatu dengan dunia maya. Keamanan siber adalah praktik yang dirancang untuk melindungi sistem, jaringan, dan program dari serangan digital. Sederhananya, Cybersecurity berfungsi sebagai keamanan untuk menjaga pengguna, serta data atau informasi dari adanya serangan siber (Cyber Attack). Keamanan siber sangat bermanfaat untuk menjaga dan mencegah penyalahgunaan akses atau pemanfaatan data dari seseorang yang tidak memiliki hak atas akses data tersebut.

Untuk melindungi pengguna internet dari kejahatan siber, beberapa tipe keamanan siber ini berfungsi untuk mendeteksi aktivitas mencurigakan dari oknum yang tidak bertanggung jawab, yaitu :

Enkripsi

Enkripsi dimaksud dengan proses teknis yang mengkonversikan informasi menjadi kode rahasia, seperti mengaburkan data yang dikirim, terima, atau disimpan. Sederhananya, program enkripsi mengambil pesan atau file yang kemudian dibuat menjadi kode yang sulit untuk dibaca. Pada saat seseorang berada di tengah komunikasi antara dua pihak terlibat, mereka tidak bisa melihat apapun. Sebagai contoh sistem enkripsi pada aplikasi pesan, untuk melindungi privasi selama menggunakan aplikasi tersebut pastikan mengaktifkan enkripsi perangkat.

VPN

Virtual Private Network (VPN), solusi aman mengakses internet dengan jaringan pribadi. Program keamanan siber VPN, dirancang untuk menyamarkan alamat. Alamat IP merupakan angka atau ID unik online yang mengidentifikasikan komputer pengguna. Program keamanan ini akan menyembunyikan IP dan merubahnya sesuai dengan VPN yang digunakan. Dengan penyamaran ini, oknum penipu tidak akan bisa mengetahui lokasi atau jaringan pengguna internet.  

SIEM

Security Information and Event (SIEM), merupakan sebuah sistem yang informasi yang terpusat dalam mengumpulkan informasi (log). SIEM membantu memonitor lalu lintas jaringan dan memberikan analisa secara real time. SIEM biasa digunakan dalam bisnis dan dijual dalam bentuk perangkat lunak.

Autentikasi

Autentikasi merupakan suatu server yang melakukan proses validasi user pada saat memasuki sistem atau akun, seperti saat memasuki akun media sosial. Nama dan password dari user yang masuk akan di cek ke database user system, apabila database tidak sesuai maka user tidak boleh mengakses akun tersebut. 

Antivirus & Firewall

Antivirus dan firewall merupakan program keamanan yang bisa diunduh untuk melindungi suatu perangkat komputer pribadi atau perangkat seluler. Sebagai program keamanan siber, antivirus dan firewall dapat membantu menghentikan program jahat yang dirancang untuk menyebabkan kerusakan (malware).

Demikianlah penjelasan mengenai keamanan siber, fungsi, beserta tipe-tipe keamanannya yang bisa kita manfaatkan untuk menghindari kejahatan siber. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Ingin Lulus Ujian Sertifikat CEH? Simak Tips Ampuh ini

(Visited 22 times, 1 visits today)