Di dunia serba digital ini, Cyber Security dibutuhkan untuk mengatasi kejahatan mulai dari pencurian data, hingga pembobolan ATM dan kartu kredit. Nah, untuk mencegah serangan hacker yang tidak bertanggung jawab ini, Anda bisa lho menjadi seorang white hacker atau hacker yang beretika. Namun,. sebelum menjadi seorang white hacker, Anda diwajibkan mengikuti training dan ujian terlebih dahulu untuk mendapatkan sertifikat ceh.

Certified Ethical Hacker (CEH), merupakan sertifikasi yang ditawarkan oleh lembaga sertifikasi di bidang cyber security (EC-Council). Ujian CEH menguji pengetahuan para kandidat tentang teknik peretasan. Metodologi pengujian berupa pengujian pena, teknik keamanan jaringan, ancaman keamanan, dan penanggulangan. Tertarik menjadi seorang hacker beretika? Yuk, simak tips ampuh berikut agar berhasil lulus ujian sertifikat CEH.

1. Pahami Ujian CEH

Carilah informasi terkait ujian CEH yang akan Anda ikuti. Kini sudah banyak buku atau handbook seperti The CEH handbook, CEH Exam Blueprint yang berisikan soal latihan untuk mengevaluasi pemahaman Anda tentang ujian CEH. Cari tahu rekomendasi modul pembelajaran CEH yang berisikan rincian penting mulai dari gambaran sertifikasi dan ujian, persyaratan, jenis pertanyaan, dan lain sebagainya.

2. Identifikasi Topik Pembelajaran

Untuk memudahkan Anda dalam belajar, akan lebih baik bila menyusun daftar topik pembelajaran terlebih dahulu. Topik-topik pada ujian sertifikat CEH biasanya meliputi Footprinting, Scanning, Enumeration. Reconnaissance, Sniffing, Social engineering, Session hijacking, Firewalls, IDSs, SSL, TCP handshake, Hacking in the Cloud, SQL injection, DDoS attack, Sniffers, Heartbleed, Shellshock, Security Controls, dan cryptography. Buatlah rencana studi ketika Anda sudah selesai mengidentifikasikan topik pembelajaran. Jadwalkan waktu belajar pada saat waktu senggang.

3. Praktik Dunia Nyata

Mengikuti sertifikasi ujian hacker beretika tentu tidak hanya sebatas mengerti konsep saja, perspektif dari dunia nyata pun diperlukan agar pembelajaran bisa lebih maksimal. Buatlah tempat praktik virtual dimana Anda bisa melatih beberapa teknik. Luangkan waktu untuk menghadiri pelatihan CEH agar  mendapatkan bimbingan pelatihan.

4. Kursus Persiapan Ujian

Mengikuti kursus persiapan sertifikasi dengan instruktur berpengalaman bisa meningkatkan peluang Anda lulus ujian CEH. Tentunya para instruktur handal memiliki pengetahuan, serta strategi atau cara untuk menyelesaikan ujian ceh. Hal itu bisa menjadi peluang Anda untuk bertanya, belajar, dan meningkatkan keberhasilan yang lebih besar.

5. Banyak Bergaul dengan Komunitas Online

Sudah banyak komunitas CEH secara online yang bisa Anda ikuti. Dengan mengikuti komunitas tersebut, Anda bisa saling bertukar pikiran, memecahkan masalah dari kesulitan yang dihadapi, serta menambah informasi dan ilmu terkait CEH.

6. Santai Saja!

Pada saat ujian berlangsung, sadari berapa lama waktu yang ditentukan untuk menyelesaikan ujian tersebut. Jangan terlalu terburu-buru dalam membaca dan menjawab pertanyaan yang nantinya malah  membuat Anda panik. Jernihkan pikiran Anda dan tetap fokus selama ujian berlangsung.

Baca Juga: Site Reliability Engineer, Salah Satu Profesi yang Menjanjikan

(Visited 22 times, 1 visits today)