Istilah remote working atau kerja dari jarak jauh semakin populer pasca pandemi COVID-19 melanda dunia. Hingga sekarang, banyak perusahaan di seluruh dunia yang sudah mengadopsi tren ini lantaran kelebihan remote working memang terasa nyata adanya.

Sebenarnya, gaya kerja remote working bukan hal baru. Bedanya, kemajuan teknologi saat ini sangat membantu menjalani model kerja seperti ini dengan lebih murah. Contoh alat yang membantu remote working adalah Office 365 yang memfasilitasi produktivitas dan komunikasi secara online. Teknologi terbaru seperti 4G/5G dan Wi-Fi publik sangat membantu dalam menyediakan komunikasi secara online.

Apakah saat ini Anda sedang berpikir untuk mencari pekerjaan dengan sistem kerja dari jarak jauh atau apakah perusahaan Anda tengah mempertimbangkan sistem ini ke karyawan? Simak dulu yuk hingga tuntas penjelasan di bawah ini.

Kelebihan Remote Working

1. Berkurangnya Waktu Perjalanan ke Tempat Kerja

Jika Anda saat ini beraktivitas di kota besar, seperti Jakarta, sudah tidak perlu dijelaskan lagi betapa macetnya ibukota dan lamanya perjalanan ke kantor begitu menguras energi dan waktu. Jika terus-menerus dilakukan, ini bisa mempengaruhi secara buruk kondisi mental dan fisik.

Kelebihan remote working sangat kentara dalam aspek ini. Anda bisa bekerja dimana saja asalkan infrastruktur kerja memang tersedia dan stabil. Sebagai contoh, koneksi internet untuk mempermudah rapat online dengan rekan kerja atau klien.

Menghemat waktu berjam-jam yang selama ini dipakai untuk pergi ke kantor berdampak pula pada kondisi keuangan Anda. Lebih irit, sehingga jatah transportasi bisa dialokasikan ke keperluan lainnya. Selain itu, sistem ini mengurangi banyaknya kasus karyawan telat kerja. Bahkan dari segi lingkungan, berkurangnya karyawan bepergian berdampak baik untuk alam.

2. Kehidupan Kerja dan Pribadi yang Lebih Sehat

Masih berhubungan dengan penghematan waktu untuk ke kantor, Anda akan mempunyai lebih banyak waktu mengurus hal pribadi tanpa menunggu akhir pekan. Sebagai contoh, satu atau dua jam saat pagi hari bisa dipakai untuk berolahraga atau bersantai bersama si kecil. Biasanya, waktu berharga ini dipakai untuk buru-buru ke tempat kerja, bukan?

Apabila masih sendiri, satu atau dua jam di pagi hari bisa dipakai untuk menyiram tanaman hingga memasak sendiri. Dua kegiatan yang tampak kecil ini bisa berdampak bagus untuk kondisi psikologis, loh. Anda akan memulai hari dengan hati yang positif dan bahagia. Kondisi positif tersebut akan membantu Anda lebih bahagia yang pada gilirannya akan membuat fisik Anda sehat.

3. Lebih Produktif

Kelebihan remote working berikutnya terkait dengan tingkat produktivitas karyawan. Sekali lagi dengan beberapa jam yang dihemat lantaran perjalanan ke kantor, Anda bisa memanfaatkannya untuk mengerjakan lebih banyak tugas. Energi akan lebih prima saat bekerja sebab tidak terkuras bergelut dengan desingan suara mesin di jalan. Jikalau tidak produktif secara kuantitas maka Anda akan lebih fokus dan lebih baik dalam menghasilkan mutu pekerjaan yang lebih tinggi.

Baca juga: Sebelum Memilih Vendor IT untuk Perusahaan, Perhatikan Ini

Pertimbangan Sebelum Memilih Remote Working

Tiga kelebihan remote working di atas sudah lebih dari cukup untuk memikat siapapun untuk beralih ke gaya ini. Akan tetapi, bekerja dari jarak jauh dengan penghasilan tetap perbulan menghadirkan tantangan tersendiri. Berikut pertimbangan remote working yang harus Anda ketahui:

1. Lingkungan Kerja

Meski bekerja dari mana saja, Anda harus mempertimbangkan lingkungan kerja sehari-hari. Kondisi bekerja sebenarnya tergantung selera setiap orang. Ada yang bisa fokus bekerja dengan memakai piyama dengan kondisi meja berantakan. Namun ada yang harus rapi dan tertata baik serta minim pengalih perhatian, seperti di meja di kantornya. Anda sendiri yang tahu baiknya. Disarankan untuk membentuk lingkungan kerja yang nyaman, bersih dengan minim pengalih perhatian. Ini bertujuan membantu pekerjaan cepat selesai secara maksimal.

2. Dampak pada Jam Kerja

Di balik kelebihan remote working di atas ada satu potensi masalah yang bisa dirasakan. Lantaran waktu yang panjang, Anda bisa justru bekerja lebih lama dari biasanya. Ini diakibatkan batas jam kerja dan jam di luar kerja yang menjadi kabur. Walhasil, ada yang malah bekerja saat harusnya beristirahat. Kunci untuk mengatasinya adalah Anda harus disiplin dengan menentukan waktu kerja beserta targetnya. Gunakan waktu sebagaimana mestinya.

Pertimbangan ini pernah menimbulkan keresahan paska keluarnya hasil survei di Jepang pada 2015. Menurut survei oleh Institut Kebijakan dan Pelatihan Jepang (JILPT, 2015), isu soal “ambiguitas” jam kerja dan jam di luar kerja menjadi kekurangan tertinggi dari remote working antara pekerja wanita (36,4%) dan karyawan pria (39,3%).

3. Isolasi dan Kerjasama Tim

Bekerja dari rumah dalam waktu yang lama dapat menimbulkan masalah lain yakni perasaan terisolir. Memang bekerja dalam keheningan memberikan banyak kelebihan. Tetapi, terkadang tidak bisa dipungkiri bahwa ikatan emosional secara langsung tetap diperlukan. Komunikasi memang bisa dilakukan via email atau aplikasi chatting tetapi rasanya tidak semua akan nyaman bertanya acara televisi terbagus semalam via email, misalnya. Solusinya, lakukan komunikasi rutin santai di luar pekerjaan. Hal ini dapat menjaga ikatan persahabatan dan kekompakan tim meski berbeda lokasi bekerja.

Baca juga: Programmer Wajib Tahu, Berikut ini 10 Bahasa Pemrograman Terbaik di 2022

TOG Indonesia Adalah Salah Satu Perusahaan IT Solution Terbaik di Indonesia

TOGI (Triple One Global Indonesia) merupakan perusahaan IT Solution bagi setiap bisnis yang ingin berkembang dengan pesat. Dalam menghadapi tantangan global di era industri 4.0, TOGI siap memberikan solusi layanan IT yang dibutuhkan oleh semua perusahaan supaya dapat bersaing ketat dalam ekonomi digital yang sangat diperlukan untuk proses bisnis kedepannya. Kami memberikan layanan IT solution terpadu kepada Anda dengan tenaga-tenaga profesional IT yang berpengalaman.

Bagi Anda para Job Seeker, kami siap membantu Anda dalam menemukan pekerjaan impian sebagai seorang Programmer. Sedangkan bagi Anda bisnis owner, kami memiliki talenta-talenta terbaik di bidang IT, sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda seperti : IT Consulting, IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System 


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

(Visited 1 times, 1 visits today)