Metaverse adalah suatu istilah yang merujuk pada dunia virtual berbasis 3D. Dewasa ini, metaverse menjadi salah satu topik di dalam dunia teknologi dan bisnis yang sedang ramai masyarakat perbincangkan.

Popularitas metaverse mulai booming sejak CEO dari Facebook Inc, Mark Zuckerberg mengubah nama perusahaan menjadi Meta Inc. Bukan tanpa alasan, Mark mengubahnya karena perusahaan tersebut mulai saat itu akan berfokus pada pengembangan metaverse.

Meski masa depan metaverse belum bisa tergambarkan dengan jelas dan detail, namun dunia virtual tersebut diprediksi akan menjadi suatu gerbang digital di masa depan untuk memudahkan aktivitas masyarakat.

Metaverse Adalah Dunia Virtual yang Terhubung dengan Dunia Nyata

Istilah metaverse sebenarnya sudah ada sejak dahulu, tepatnya di tahun 1992 lalu. Dimana metaverse diangkat oleh Neal Stephenson dari novelnya yang berjudul Snow Crash.

Namun, untuk kepopulerannya di dunia teknologi dan bisnis masih terbilang baru. Metaverse sendiri merupakan dunia virtual berbasis 3D yang terhubung dengan dunia nyata.

Penghuni dunia metaverse adalah para avatar dari pengguna sungguhan yang ada di dunia nyata. Jadi para pengguna tidak hanya sebatas melihat layar monitor saja saat melihat dunia metaverse. Namun juga bisa merasakan sensasi masuk ke dalam kehidupan tersebut.

Konsep metaverse ini berupa dunia baru atau replika dari dunia nyata. Di dalamnya ada berbagai aktivitas seperti di dunia yang sesungguhnya. Misalnya pengguna dapat berbelanja, sosialisasi, bekerja, berwisata, atau yang lainnya.

Tentunya dalam proses penggunaan ada beberapa teknologi khusus yang mencangkup headset virtual reality (VR), kacamata augmented reality (AR), dan sebagainya. Itulah gambaran dari dunia metaverse yang bisa membantu menjelajah dunia menjadi lebih mudah melalui internet.

Cara Kerja Metaverse

Seperti penjelasan sebelumnya bahwa metaverse adalah suatu ruang virtual yang akan membantu penggunanya bisa merasakan pengalaman baru. Nantinya user bisa melakukan berbagai aktivitas di dalamnya.

Penggunaan metaverse tidak akan terlepas dari internet sebagai salah satu akses utamanya. Selain itu proses kerja metaverse ini perlu dukungan dari beberapa perangkat modern khusus.

Minimal menggunakan kacamata AR dan headset VR. Kedua perangkat tersebut perlu Anda miliki jika ingin menjajal suatu pengalaman masuk dunia virtual metaverse.

Tentunya perkembangan metaverse juga akan membuat inovasi perangkat-perangkat lain. Seperti tangan robot, kacamata VR yang memakai teknologi tinggi, dan sebagainya.

Hal-Hal yang Bisa Anda Lakukan di Dalam Dunia Metaverse

Metaverse merupakan replika dunia nyata yang di dalamnya juga menyajikan berbagai aktivitas sama namun berbasis digital. Ada banyak sekali pilihan kegiatan yang bisa pengguna lakukan di dalam dunia metaverse.

1. Bekerja

Pengguna metaverse bisa melakukan aktivitas bekerja seperti halnya di dunia nyata. Konsep kerja ini menerapkan sistem work from home seperti yang sudah pernah terjadi di masyarakat saat pandemi Covid-19.

Namun bekerja melalui dunia metaverse akan membantu pengalaman yang lebih nyata. Bukan hanya sebatas melihat rekan kerja atau atasan dalam bentuk video melalui aplikasi meeting online saja.

Anda bisa langsung bergabung bersama seperti layaknya di kantor sungguhan, meskipun sebenarnya berbasis virtual.

2. Menghadiri Konser Virtual

Metaverse juga memberikan pengalaman menikmati hiburan di dalamnya, seperti menonton konser virtual. Konsepnya sama dengan pagelaran konser secara langsung. Anda bisa menonton dan menghadiri bersama dengan pengguna lain di dalam metaverse tersebut.

3. Bermain Game

User bisa menikmati ragam permainan dari perusahaan. Misalnya seperti Epic Games yang mengeluarkan Fortnite, atau yang lainnya. Nantinya akan bertemu dengan pengguna metaverse lain yang akan menjadikan pengalaman gim lebih menyenangkan.

Nah, itulah beberapa informasi terkait dunia metaverse, cara kerjanya, dan hal-hal yang bisa Anda lakukan. Ke depannya perkembangan metaverse akan terus berlanjut dan mungkin akan menjadi lebih baik jika berhasil.

Intinya untuk saat ini metaverse adalah konsep dunia virtual yang bisa menghubungkan dengan dunia nyata. Meski masih sebatas konsep, metaverse diprediksi akan menjadi gerbang awal menuju masa depan. Menarik bukan?

 

Baca Juga Apa Itu SSID? Bagaimana Cara Settingnya

(Visited 34 times, 1 visits today)