Flutter merupakan Mobile App SDK (Software Development Kit) untuk membuat aplikasi Android dan iOS dari satu codebase dengan performa yang tinggi. Artinya Anda hanya perlu mempelajari Flutter untuk membangun aplikasi mobile untuk 2 platform. Mungkin anda belum merasakan bahwa Flutter berguna dan memiliki manfaat yang sangat baik. Berikut penjelasan kenapa memakai Flutter penting bagi developer.

1. Menampilkan UI yang Bagus

memakai flutter

Ketiga aplikasi ini memakai Flutter, tapi bisa sangat berbeda tampilan dan terlihat cantik UI-nya. Ini menunjukkan kustomisasi yang bisa Anda dapatkan jika memakai Flutter. Selain itu aplikasi-aplikasi ini bisa jalan dengan 60 frame-per-second dan responsif kepada input pengguna aplikasi.

Baca juga artikel lainnya : Belajar Mengenal Bahasa Pemrograman Kotlin

2. Flutter Adaptif untuk Mobile

memakai flutter

Di atas adalah aplikasi yang sama tapi dalam platform yang bebeda yaitu iOS dan Android. Tidak ada perubahan pada codingan sama sekali. Sekilas mirip bukan?

Namun kalau Anda melihat lebih detail, ada beberapa perbedaan seperti pada tombol navigasi (lihat ujung kiri atas dan kanan atas). Perbedaan lain adalah bagaimana scroll bekerja.

Flutter otomatis akan merubah app Anda agar cocok dengan operating system yang digunakan. Aplikasi jadi terlihat seperti dibuat khusus untuk operating system tersebut. Sehingga kamu sebagai developer bisa fokus untuk mengerjakan hal-hal penting.


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

3. Flutter Memiliki Stateful Hot Reload

memakai flutter

Stateful hot reload adalah fitur di mana codingan anda bisa langsung muncul di virtual machine. Anda bisa lihat langsung hasil dari perubahan yang Anda lakukan. Hal ini tentu dapat membantumu untuk melihat perubahan estetika seperti merubah warna background.Perubahan tampilan terjadi hampir seketika. Untuk contoh ini hanya dibutuhkan waktu 197ms (kurang dari 0.2 detik) setelah memilih input warna hijau.

4. Flutter bisa untuk ChromeOS

memakai flutter

Ketika mencoba agar sebuah produk aplikasi bisa ada versi desktop, hal yang paling susah adalah memastikan UI yang tadinya di layar kecil bisa terlihat bagus di layar besar (layar desktop). Selain itu harus ada perubahan pada bagaimana aplikasi menerima dan mengenali input dari pengguna.

Sebagai contoh, mayoritas aplikasi desktop menggunakan keyboard, mouse atau trackpad. Sedangkan pengguna aplikasi mobile akan lebih menggunakan sentuhan ke layar.

Dengan Flutter, kamu hanya perlu menambahkan beberapa baris kode seperti MediaQuery. Voila! aplikasi yang sebelumnya didesain untuk mobile akan terlihat cocok untuk layar desktop.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan input yang umum bagi pengguna desktop seperti backspace (untuk menutup dialog atau ke halaman sebelumnya) hanya dengan sedikit baris kode menggunakan RawKeyboardListener . Anda bisa lihat contoh aplikasi mobile yang telah disulap untuk ChromeOS di atas.

Baca juga artikel lainnya : Ini Kode Etik Analis Sistem yang Perlu Kamu Ketahui

5. Flutter bisa untuk Web

Tentu keahlian untuk membuat aplikasi web akan sangat berguna mengingat 4.4 miliar orang adalah pengguna aktif internet dan memiliki akses ke web. Semua widget yang disediakan Flutter untuk mobile dapat digunakan dalam membuat aplikasi berbasis web. Dart akan diterjemahkan ke HTML, CSS dan Canvas. Selanjutnya akan melalui Dart2js compiler sebelum menjadi JavaScript yang dapat dibaca oleh browser.


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


Itula penjelasan mengenai pentingnya memakai Flutter, Jika kita ingin membuat aplikasi secara cepat seperti membuat Prototype atau aplikasi tahap awal, maka Flutter menjadi pilihan terbaik.

(Visited 50 times, 1 visits today)