Belajar PHP – Pertama-tama apa itu PHP ? PHP merupakan akronim dari kata Hypertext Preprocessor. Pada awal kemunculannya di tahun 1994, Merupakan script yang berada pada server dan menyatu dengan HTML alias HyperText Markup Language. Jika fungsi HTML adalah membuat tampilan di website, maka PHP juga membuat tampilan, tetapi bentuknya lebih khusus karena memuat data secara dinamis. PHP merupakan salah satu bahasa yang cukup populer di para kalangan developer web.

belajar php

PHP sendiri kini telah mengalami perkembangan pesat. Hal ini ditandai dengan rilisnya berbagai ragam versi PHP serta banyaknya PHP Framework yang dikembangkan, seperti Laravel, Yii, CodeIgniter, dan lain-lain. Untuk bisa memahami PHP, ada baiknya juga kamu untuk memahami HTML. Hal Ini disebabkan karena PHP akan disisipkan di antara coding HTML. Maka dari itu, penting untuk mempelajari coding dasar HTML agar memudahkan mengelola PHP.

Memahami HTML

Untuk mempelajari PHP, pahami juga dasar-dasar dari HTML karena PHP akan disisipkan di antara koding HTML. Secara sederhana, koding HTML yang membuat tampilan sedangkan PHP yang membuat tampilan tersebut menampilkan data secara dinamis. Silahkan pelajari koding dasar HTML atau jika ingin lebih bagus silahkan pelajari lebih dalam mengenai HTML pada situs tutorial seperti TutorialsPoint.

Mempelajari Koding Dasar PHP

Setelah mengerti tentang konsep dan dasar dari HTML, pelajari juga koding dasar PHP seperti ifelse, while, foreach, dan lainnya. Dari belajar PHP dasar ini bertujuan agar mengerti fungsinya dan kapan harus digunakan masing-masing dari fungsi tersebut. Ketika dasarnya ini sudah paham, untuk selanjutnya akan lebih mudah dalam belajar PHP.


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

Buat Contoh Program PHP

Setelah memahami fungsi dari dasar-dasar PHP, mulai mencoba lakukan praktek dengan membuat program dari fungsi PHP tersebut. Bagi para developer pemula, hal yang paling penting ketika mempelajari bahasa pemrograman adalah memahami dan mengerti dasar dari bahasa pemrograman tersebut. Untuk mempelajari fungsi dasar PHP dan mempraktekannya bisa kunjungi situs learn-php.org.

Baca Dokumentasi

Setelah kita sudah menguasai perintah dasar dari PHP, cobalah mulai praktek dalam membuat program dengan menggunakan fungsi-fungsi PHP lainnya. PHP memiliki fungsi yang sangat banyak, untuk mempelajarinya silahkan baca dokumentasi yang tersedia di situs resminya PHP. Dokumentasi ini sangat berguna ketika para developer mulai kebingungan terkait mengenai fungsi dari PHP.

Mempelajari Koneksi Database

Setelah belajar dasar PHP, sekarang kita harus mulai mempelajari koding PHP untuk koneksi ke database. Untuk lebih mudahnya, selain belajar melalui dokumentasi, bisa juga belajar dari situs yang membahas pemrograman PHP seperti W3SchoolsCodecademy, dan lain-lain.

Mempelajari database

Untuk melengkapi pemahaman tentang penggunaan PHP dengan database, silahkan pelajari dasar database seperti cara menampilkan data, memasukan data ke tabel, mengubah data, dan menghapus data. Untuk database, bisa pelajari MySQL, MariaDB, atau database lainnya. Untuk pelajari MySQL, bisa mengunjungi situs mysqltutorial.org.


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.

tog indonesia

(Visited 36 times, 1 visits today)