Node package manager adalah suatu paket kode yang akan membantu pengguna dalam menyelesaikan permasalahan dengan lebih mudah dan cepat. Mungkin Anda masih bertanya-tanya tentang apa itu node package manager (NPM).

Akan tetapi sebelum membahasnya secara lebih lanjut, ada baiknya mengerti terlebih dahulu tentang apa itu package. Dalam proses membangun suatu aplikasi atau software, erat kaitanya dengan library atau package.

Package ini dibuat untuk membantu menyelesaikan suatu permasalahan karena berisikan kode. Jadi misalkan developer ingin membangun suatu fitur tertentu dalam aplikasi tidak perlu memulainya dari awal.

Mereka bisa memakai paket coding yang sudah pengembang lain buat di layanan lain. Kemudian menggunakannya serta memperbaiki atau mengubah yang dibutuhkan saja. Jadi, proses coding bisa makin mudah dan cepat.

Node Package Manager Adalah Paket Pengelolaan untuk Proyek Coding Agar Lebih Mudah

Node Package Manager

Sekilas jika digambarkan, definisi dari node package manager adalah sebagai sekumpulan kode pemrograman yang berisikan perintah untuk proyek tertentu dan bisa developer gunakan lagi dalam pembuatan fitur lainnya.

Dalam contohnya semisal programmer ingin menambahkan fitur kalender di dalam aplikasi yang dibuat. Kemudian, untuk mempersingkat waktu dan cara praktisnya maka bisa menggunakan node package manager terkait penambahan kalender.

Sehingga dalam prosesnya tidak perlu lagi membuat coding mulai dari awal dan ini lebih efisien dari berbagai hal. Mungkin jika kurang sesuai, hanya tinggal mengganti beberapa kode saja dan menyesuaikan dengan kebutuhan.

Untuk pengaplikasiannya NPM digunakan untuk pengelolaan paket pada bahasa pemrograman Java Script dan terletak di dalam Node.js. Tools tersebut dapat membantu melakukan pengelolaan paket secara otomatis.

Para developer yang sedang membangun suatu aplikasi dengan menggunakan Java Script maka tidak perlu mengunduh paket dependensi secara manual lagi. Fungsi utama dari node package manager adalah sebagai berikut.

  1. NPM adalah repositori yang artinya menjadi tempat untuk para developer bisa berbagi paket Java Script buatannya. Sehingga mereka bisa mengunduh paket yang diperlukan;
  2. Fungsi lain NPM yakni sebagai command line interface (CLI), yakni sebagai tools untuk mengetikkan perintah serta melakukan pengelolaan, pengunduhan, dan upload paket Javascript.

Mengenal Perintah-Perintah Dasar Node Package Manager

Ada beberapa perintah dasar yang perlu developer ketahui di dalam node package manager.

  1. Install NPM berguna untuk menginstal semua paket yang tercatat di dalam package.json;
  2. NPM install <nama paket> merupakan langkah instal versi terbaru dari suatu package yang developer tentukan ke folder node_modules;
  3. NPM install <nama-package>@<versi> menjadi langkah untuk menginstal paket dengan memakai versi yang pengguna tentukan ke dalam folder node_modules;
  4. Pencarian NPM <kata-kunci> berfungsi untuk mencari paket di NPM sesuai dengan kata kunci yang ditentukan;
  5. Pembaruan NPM <nama-paket> fungsinya untuk memperbarui paket yang pengguna tentukan secara lokal.

Baca juga : Mengenal ERP Software yang Sangat Penting untuk Kemajuan Bisnis Anda

Langkah Menginstal Node Package Manager

Lantas bagaimana cara melakukan instal pada NPM? Jawabannya adalah tergantung dari perangkat yang developer gunakan. Misalnya untuk perangkat PC ada yang memakai Windows dan ada juga yang pakai Mac.

1. Cara Pasang NPM pada Windows

Persiapkan perangkat Anda dan ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Unduh dan jalankan installer Node.js. Ketika mengunduh Node.js pilih yang versi LTS untuk penggunaan stabil dan umum. Sedangkan versi current menyediakan berbagai fitur terbaru dan terkini;
  2. Pastikan bahwa Node.js sudah terinstal dan berjalan dengan baik. Oleh karenanya bisa menjalankan perintah node-v dan npm-v pada command prompt untuk mengetahui versi dan NPM yang sudah terinstall.

2. Cara Pasang NPM pada Mac

Untuk melakukan install pada perangkat Mac maka bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Silakan unduh dan jalankan Node.js untuk Mac;
  2. Lakukan pengecekan instalasi Node.js dengan membuka terminal dan jalankan perintah node-v untuk memastikan instalasi Node.js;
  3. Silakan memperbarui versi NPM, karena untuk perangkat Mac tidak bisa terupdate secara otomatis. Sehingga pengguna harus melakukannya secara manual.

Node package manager adalah pengelola paket Java Script yang ada di dalam Node.js. Dengan memanfaatkan NPM maka developer bisa mengunduh paket Java Script sebagai upaya dalam mempercepat proses pembuatan aplikasi.

(Visited 4 times, 1 visits today)