ERP Software adalah seperangkat perangkat lunak yang berguna untuk melakukan pengelolaan dan pengintegrasian terkait berbagai aktivitas operasional pada suatu lini bisnis.

Software Enterprise Resource Planning (ERP) merupakan salah satu upaya penerapan yang masif di dalam suatu perusahaan karena bisa melakukan proses dalam jangka waktu lama sampai bertahun-tahun.

Sistem ERP bisa membantu untuk meningkatkan efektifitas suatu perusahaan dalam memberikan pelayanan terbaiknya kepada para konsumen atau target pasar mereka. Sehingga bisa menghasilkan nilai tambah untuk perusahaan.

Bukan hanya perusahaan dengan skala besar, namun juga mereka yang masih tergolong sebagai UKM sudah memanfaatkan sistem ERP.

ERP Software Adalah Perangkat Lunak yang Membantu Efektifitas Perusahaan

Enterprise Resource Planning merupakan paket sistem serta software yang sering perusahaan pakai untuk melakukan pengelolaan bisnis. Aktivitas bisnis yang bisa terbantu oleh layanan ERP ini beragam.

Misalnya seperti pengelolaan keuangan, barang dan jasa, produksi, sumber daya manusia, dan banyak lagi lainnya. Saat ini ada banyak sekali pilihan perangkat lunak ERP yang dapat perusahaan manfaatkan.

Namun demikian, untuk dapat memenuhi kebutuhan secara maksimal ada baiknya untuk memilih yang tepat. Sistem pada ERP dapat membantu memfasilitasi aktivitas perusahaan semakin mudah, akurat, dan bisa dilakukan secara real time.

Fungsi Sistem ERP untuk Bisnis

Perusahaan tidak akan menggunakan sistem ERP jika tidak memberikan keuntungan. Itulah kenapa ada banyak sekali perusahaan yang berusaha dalam mencari solusi atas sistem ERPnya.

Saat ini sudah banyak perusahaan yang berhasil menerapkan dan mengaplikasikan sistem ERP ke dalam bisnis. Manfaat ERP software adalah untuk membantu rotasi bisnis makin maksimal, berikut penjelasannya.

1. Semakin Efisien

Software ERP berguna untuk membantu melakukan berbagai kegiatan bisnis makin simpel dan mudah. Sehingga memangkas waktu serta tenaga yang keluar. Proses pengerjaan tugas-tugas seperti inventaris, penggajian, pemantauan jam kerja dan sebagainya bisa secara otomatis.

Hal ini dapat membantu tim bisa lebih fokus pada pekerjaannya bukan hanya proses operasional saja. Semua akan menjadi semakin efisien.

2. Meningkatkan Kolaborasi

Menggunakan software ERP akan membantu memudahkan proses integrasi atau kolaborasi dengan departemen lain. Termasuk memasukkan data ke dalam satu sistem yang bisa terdesentralisasi.

Sehingga tidak perlu bekerja dua kali untuk melakukan kolaborasi. Semua departemen bisa mengakses data dengan mudah. Karena basis penyimpanannya memakai layanan cloud, sehingga jangkauan layanan lebih luas.

Baca juga : ERP Consultant Profesi yang Banyak Dicari Perusahan Besar

3. Membantu Meminimalisir Biaya

Kegunaan lainnya adalah meminimalisir biaya perusahaan terkait operasional bisnis. Pasalnya sebagian besar proses pengerjaan dilakukan dengan sistem yang akurat dan efektif.

Sehingga berbagai pekerjaan komplek akan lebih cepat selesai. Perusahaan juga bisa mengurangi biaya untuk tenaga kerja, hal ini karena ERP dapat mengambil alih otomatisasi pengerjaan.

4. Membantu Keamanan Sistem Data

Meskipun memungkinkan semua bisa mengakses data Anda, namun sistem ERP dapat memberikan batasan terkait kontrolnya. Sehingga dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti pelanggaran penggunaan data.

Menggunakan sistem ERP akan membantu keamanan data lebih baik. Pasalnya siapa yang dapat terkoneksi dan melihat data tersebut hanya mereka yang diberikan izin oleh admin.

5. Membantu Perencanaan Bisnis Makin Akurat

Laporan akan cepat selesai karena secara otomatis sistem akan membantu melakukannya. Hal ini bisa menjadi acuan untuk perencanaan bisnis kedepannya agar makin maksimal.

Pelaporan yang tepat akan berpengaruh terhadap keputusan yang diambil oleh pihak pemangku kepentingan. Jadi sistem ERP juga bermanfaat untuk membantu membuat proses perencanaan makin akurat.

Berbagai Industri yang Memanfaatkan Software ERP

Banyak sekali bukan manfaat dari ERP software bagi lini bisnis? Nah, sebenarnya pengaplikasian sistem ERP ini bisa pengguna manfaatkan secara lebih luas di berbagai bidang industri, misalnya seperti berikut ini.

  1. Pendidikan;
  2. Real estate;
  3. Jasa dan konsultasi keuangan, asuransi, teknologi, dan sebagainya;
  4. Transportasi;
  5. Pertambangan;
  6. Perkebunan;
  7. Proses perniagaan ekspor dan impor;
  8. Layanan pemerintahan;
  9. Kesehatan (pengelolaan obat-obatan, operasional rumah sakit, klinik, dan sebagainya);
  10. Makanan dan minuman;
  11. Pariwisata;
  12. Konstruksi.

Semua perusahaan, organisasi, maupun kelompok yang melakukan pengelolaan operasional dalam ranah luas akan lebih efektif jika memanfaatkan sistem software ERP.

ERP software adalah perangkat yang akan membantu proses pengelolaan makin mudah, akurat, dan bisa pengguna lakukan secara real time.

(Visited 14 times, 1 visits today)