Bahasa Pemrograman Java merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi  yang berorientasi objek dan program java tersusun dari bagian yang disebut kelas. Kelas terdiri atas beberapa metode  yang melakukan pekerjaan dan mengembalikan informasi setelah melakukan tugasnya. Para pemrogram Java dapat mengambil banyak keuntungan dari kumpulan kelas di pustaka kelas Java, yang disebut dengan Java Application Programming Interface (API).

Kelas-kelas ini lalu diorganisasikan menjadi sekumpulan kelompok yang disebut juga paket (package). Java API juga telah menyediakan fungsionalitas yang memadai untuk menciptakan applet dan aplikasi canggih. Jadi ada dua hal penting yang harus dipelajari dalam Java, yaitu mempelajari bahasa Java dan bagaimana menggunakan kelas pada Java API.

Kelas merupakan satu-satunya cara menyatakan bagian dalam eksekusi sebuah program, tidak ada cara lain. Pada Java program java c untuk dapat mengkompilasi file kode sumber Java dan menjadikan kelas-kelas bytecode. File kode sumber mempunyai ekstensi *.java. Kompilator javac juga menghasilkan file bytecode kelas dengan ekstensi *.class. Interpreter merupakan modul utama pada sistem Java yang digunakan aplikasi Java dan berfungsi untuk menjalankan program bytecode Java.

Java juga memiliki beberapa keunggulan yaitu java merupakan bahasa yang sederhana. Java memang dirancang agar mudah dipelajari dan digunakan secara efektif. Java memang tidak menyediakan fitur-fitur yang rumit dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi, serta banyak pekerjaan pemrograman yang mulanya harus dilakukan secara manual, sekarang telah digantikan dan bisa dikerjakan Java secara otomatis seperti dealokasi memori. Bagi pemrogram yang sudah mengenal bahasa C++ akan sangat cepat dalam belajar susunan bahasa Java namun harus waspada karena mungkin Java mengambil arah (semantiks) yang berbeda dibanding C++.

Java juga merupakan bahasa berorientasi objek (OOP) yaitu cara ampuh dalam pengorganisasian dan pengembangan perangkat lunak. Pada OOP, program komputer sebagai kelompok objek yang dapat saling berinteraksi satu sama lain. Deskripsi ringkas OOP adalah mengorganisasikan sebuah program sebagai kumpulan komponen, yang disebut objek. 

pemrograman java

Objek-objek ini bersifat independen, dan juga telah mempunyai aturan-aturan yang berkomunikasi dengan objek lain dan untuk memerintahkan objek lain guna meminta informasi tertentu atau meminta objek lain mengerjakan sesuatu. Kelas juga bertindak sebagai modul sekaligus tipe. Sebagai tipe maka pada saat jalan, program menciptakan objek-objek yang merupakan instan-instan kelas. Kelas dapat mewarisi kelas lain. Java juga tidak mengijinkan pewarisan jamak namun dapat menyelesaikan kebutuhan pewarisan jamak dengan fasilitas antarmuka yang lebih elegan.

Baca juga artikel lainnya : Python vs Java di 2019, Ini Perbandingan, Fitur dan Aplikasi

Sejarah Perkembangan Bahasa Pemrograman Java

Java diciptakan oleh James Gosling, yaitu seorang developer dari Sun Microsystems. Perkembangan java tidak hanya berfokus pada satu system operasi tapi juga dikembangkan untuk berbagai system operasi dan bersifat opensource. Java muncul dari sebuah project yang dinamakan “The Green Project”, yang sudah berjalan selama 18 bulan dari awal tahun 1991 hingga musim panas 1992.

Project ini dimotori oleh Patrick Naughton,Mike Sheridan, James Gosling dan Bill Joy, beserta Sembilan programmer lainnya dari Sun Microsystems. Dan pada musim panas 1992 project ini ditutup dengan menghasilkan sebuah program Java Oak pertama.

Nama Oak sendiri diambil dari pohon oak yang tumbuh di depan jendela ruangan kerja James Gosling. Namun nama Oak tidak dirilis untuk versi release Java dikarenakan sebuah perangkat lunak lain sudah terdaftar dengan nama tersebut, sehingga diambilah nama penggantinya menjadi “Java”.

pemrograman java

Tahun 1995

Pada bulan Maret tahun 1995, untuk pertama kalinya, source code java versi 1.0a2 dirilis

Tahun 1996

Pada 23 Januri tahun 1996 Versi awal Java (JDK 1.0) dirilis. Java versi ini telah menyertakan banyak paket standar awal yang terus dikembangkan pada versi selanjutnya:

  • java.lang: Peruntukan untuk kelas elemen-elemen dasar.
  • java.io: Peruntukan untuk kelas input dan output, dan termasuk penggunaan berkas.
  • java.util: Diperuntukan kelas pelengkap seperti kelas struktur data dan kelas kelas penanggalan.
  • java.net: Diperuntukan kelas TCP/IP, yang memungkinkan berkomunikasi dengan komputer lain menggunakan jaringan TCP/IP.
  • java.awt: Kelas dasar untuk sebuah aplikasi antarmuka dengan pengguna (GUI)
  • java.applet: Kelas dasar aplikasi antar muka untuk diterapkan di penjelajah web.

Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

Tahun 1997

JDK 1.1 dirlis pada 19 Februari, tahun 1997 dan didownload sebanyak 220,000 kali hanya dalam waktu tiga minggu. JavaOne dihadiri oleh 8,000 tamu, menjadikannya konferensi java terbesar. Platform Java Card 2.0 diperkenalkan.

Tahun 1998

JDK 1.1 mencapai kemuncaknya dengan pencapaian jumlah download sebanyak 2 juta. J2SE 1.2 dirilis pada tanggal 8 Desember tahun 1998 The Java Community Process (JCP) didirikan.

Tahun  1999

source code Platform Java 2 dirilis. JavaOne dihadiri 20,000 peserta J2EE beta dirilis

Tahun  2000

J2SE 1.3 dirilis pada tanggal 8 Mei, 2000. Terdapat lebih dari 400 komunitas pengguna Java diseluruh dunia. Program Java Developer Connection didownload sebanyak 1.5 juta. Steve Jobs yang menyertai Scott McNealy dipentas JavaOne untuk mengumumkan komitmen besar Apple sebagai penyokong teknologi Java.

Tahun 2001

Konferensi Internasional pertama JavaOne dilakukan di Yokohama, Jepang. Platform Java Enterprise Edition (Java EE) SDK didownload Lebih dari 1 juta

Tahun 2002

J2SE 1.4 dirilis pada tanggal 6 Februari tahun 2002 J2EE SDK didownload lebih dari 2 juta. 78% esekutif melihat teknologi J2EE sebagai platform paling effektif untuk membangun dan mengembangkan web

Baca juga artikel lainnya : Top 5 Tren JavaScript Untuk Para Front-End Developer

Tahun 2003

Teknologi java dipakai di desktop dengan jumlah hampir sebanyak 550 juta. 75% programmer profesional telah menggunakan bahasa pemrograman Java sebagai bahasa pemrograman utama mereka.

Tahun 2004

J2SE 5.0 dirilis pada tanggal  30 September tahun 2004. Platform Java 2, Edisi Standard 5 (Projek Tiger) dirilis. Sun Java Studio Creator dirilis.

Tahun 2005

Teknologi Java meraih ulang tahun kesepuluhnya

Tahun 2006

Java SE 6 dirilis pada tanggal 11 December tahun 2006 NetBeans IDE 5.0 dirilis.

Tahun 2011

Java SE 7 dirilis pada tanggal 28 Juli tahun 2011

Tahun 2014

Java SE 8 dirilis pada tanggal 18 Maret tahun 2014

Tahun 2017 – Sekarang

Java SE 9 dirilis pada tanggal 21 September tahun 2017. Java akan terus dikembangkan agar menjadi lebih baik dan lebih baik lagi.


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


Pemrograman bahasa Java saat ini telah populer dan menarik minat  banyak orang untuk mempelajarinya selain itu, bahasa java juga telah dipakai oleh perusahaan IT yang ada di seluruh dunia. Oleh karena itu banyak lowongan pekerjaan yang berkaitan tentang Java di Indonesia.

Jika Anda seorang Programmer dan menguasai bahasa pemrograman Java, serta sedang mencari pekerjaan menjadi Programmer, Anda bisa menghubungi kami. Karena ada ribuan lowongan pekerjaan di bidang IT yang menunggu untuk kamu lamar. silakan klik link di bawah ini.

Contact

Phone: 021-21192578, WhatsApp: 08151622988
Email: [email protected]

 

(Visited 30 times, 1 visits today)