Terkait dengan IT, ada begitu banyak profesi yang memiliki tugas berbeda-beda namun sulit dibedakan oleh orang pada umumnya, seperti programmer dan developer. Untuk orang kebanyakan, mungkin menganggap tugas keduanya sama, yaitu membuat produk tertentu, entah itu program, software atau situs. Ulasan ini membahas tentang perbedaan programmer dan developer.

Perbedaan Tugas Programmer dan Developer

Dari segi tugasnya, cakupan tugas developer lebih luas dibandingkan programmer. Developer umumnya memiliki pemahaman lebih luas terhadap proyek yang tengah dijalankan. Sedangkan programmer memiliki tugas yang lebih spesifik, yaitu melakukan coding.

Programmer memiliki tugas, antara lain menulis kode (coding), menguji, dan memperbaiki bugs. Programmer juga memiliki tugas untuk mengonversi konsep menjadi instruksi yang dipahami oleh komputer. Bahasa yang digunakan adalah bahasa pemrograman, misalnya JavaScript, C#, PHP, Oracle, dan SQL Server.

Beberapa jenis programmer komputer antara lain sebagai berikut.

  • Application programmers

Bertanggung jawab untuk menulis program terkait tugas-tugas tertentu.

  • System programmers

Bertugas menulis program untuk melakukan pemeliharaan software yang ada dalam sistem komputer.

Selain itu, AI/Machine Learning Engineers, programmers game, dan pengembang, juga termasuk programmer.

Developer yang juga sering disebut software engineer bisa dikatakan masuk sebagai kategori programmer. Developer memiliki tugas coding namun memiliki tugas lainnya juga. Tugas-tugas developer tersebut antara lain sebagai berikut.

  1. Mendesain software
  2. Melakukan riset
  3. Melakukan pengembangan
  4. Melakukan perawatan dan perbaikan
  5. Menulis dokumentasi proyek yang tengah dijalankan
  6. Melakukan analisis terkait proyek tersebut

Bisa dibilang developer adalah profesi lanjutan dari programmer

Jadi, Mana yang Lebih Menjanjikan?

Programmer dan developer sama-sama mempunyai tugas terkait coding. Namun, biasanya seorang programmer belum tentu bisa menjadi developer, karena ada banyak aspek lain yang harus ditangani oleh developer. Hal itu membutuhkan keahlian yang lebih lanjut dibandingkan dengan coding. 

Secara lebih sederhana, developer adalah project manager yang bisa melakukan coding, dan programmer yang mengurus teknisinya. Developer memang harus bisa melakukan coding seperti programmer. Akan tetapi, tugas utamanya tetap menemukan solusi dari permasalahan proyek yang tengah dikerjakan.

Kalau berbicara saat ini, mobile developer banyak dicari oleh berbagai perusahaan. Hal ini dikarenakan permintaan kebutuhan aplikasi untuk smartphone dan gadget lainnya semakin tinggi. Mobile developer biasanya juga memiliki keterampilan dengan bahasa pemrograman Java atau Kotlin untuk Android dan Objective-C atau Swift untuk iOS.

Sekarang ini banyak programmer yang beralih ke pengembangan aplikasi mobile, karena memang menawarkan gaji yang lebih tinggi. Di sisi lain, banyak developer yang memulai kariernya dari seorang programmer. Jadi jika Anda memiliki kemampuan sebagai seorang programmer, Anda bisa menjadi seorang developer untuk tanggung jawab yang lebih besar.

Itulah perbedaan programmer dan developer dalam menjalankan profesi dan tugasnya. Tertarik menjadi salah satunya?

Baca juga : Berbagai Sertifikat Programmer yang Bisa Tunjang Karir Anda

(Visited 39 times, 1 visits today)