Saat ini, kebutuhan perusahaan akan programmer di Indonesia semakin meningkat. Tak heran apabila profesi yang satu ini memiliki jenjang karir yang bagus sehingga banyak juga peminatnya. Namun, untuk menjadi seorang programmer yang banyak dicari perusahaan tidaklah mudah. Diperlukan  beberapa skill programmer yang harus dikuasai agar cepat diterima ketika melamar sebagai programmer di perusahaan.

Berikut Skill Programmer yang Wajib dikuasai

1. Mahir bahasa pemrograman

Anda harus bisa memahami bahasa pemrograman seperti SQL, Java, C ++, atau Python karena bahasa pemrograman itu termasuk paling banyak diperlukan. Programmer memang tidak diharuskan untuk mengetahui seluruh bahasa pemrograman yang ada di dunia mengingat jumlahnya yang sangat banyak, tetapi setidaknya mahir dua bahasa pemrograman untuk meningkatkan kesempatan kerja dan karir tidak ada salahnya. Kebanyakan programmer biasanya akan memutuskan bidang spesialisasi, dan nantinya akan belajar bahasa pemrograman yang paling tepat untuk bidang itu.

2. Mempelajari konsep dan menerapkannya pada masalah lain

Skill dalam mempelajari konsep dan menerapkannya pada masalah lain adalah keterampilan penting yang harus dikuasain oleh programmer. Hal ini akan sangat berguna ketika menulis Cascading Style Sheet (CSS) untuk desain yang diterapkan pada halaman web, dan kemudian mengalir ke elemen lain di halaman.

3. Keterampilan matematika

Terkadang aspek pemrograman akan membutuhkan pemahaman matematika di luar tingkat dasar. Nah untuk menjadi mahir dalam pemrograman, Anda harus memiliki pemahaman menyeluruh tentang aljabar dan aritmatika agar memudahkan Anda saat bekerja.

4. Kemampuan pemecahan masalah

Kode sering ditulis dengan tujuan untuk menyelesaikan suatu masalah. Oleh karena itu, Anda harus memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi masalah dan menemukan cara paling efisien untuk menyelesaikannya melalui pemrograman.

5. Kemampuan berkomunikasi

Pada umumnya seorang programmer menghabiskan sebagian besar waktu mereka ketika bekerja sendirian di depan komputer. Namun, banyak situasi yang mengharuskan Anda untuk berkomunikasi dengan anggota tim, terutama ketika bekerja pada proyek-proyek besar atau kompleks. Keahlian komunikasi yang inilah yang memungkinkan Anda untuk bekerja secara efektif dengan orang lain dan untuk berbagi ide dan solusi.

Baca juga : Berbagai Sertifikat Programmer yang Bisa Tunjang Karir Anda

(Visited 84 times, 1 visits today)