Untuk mendapatkan pekerjaan software engineer impian, Anda perlu membuat resume yang sempurna terlebih dahulu. Selama resume Anda menarik, peluang Anda untuk memperoleh pekerjaan itu semakin besar. Terapkan tips membuat software engineer resume berikut dalam resume yang akan Anda kirim ke perusahaan.

Software engineer menjadi salah satu profesi yang paling banyak diminati saat ini. Menurut Hired, pada tahun 2020, gaji rata-rata software engineer meningkat sebesar 3% di New York, 7% di Toronto, 6% di London, dan 5% di wilayah Teluk San Francisco. Namun tidak mudah untuk menjadi seorang software engineer, Anda perlu memperkuat resume untuk menunjukkan bakat dan keterampilan Anda.

Tuliskan proyek Anda

Meski belum punya pengalaman kerja yang relevan, Anda bisa menuliskan proyek sampingan untuk menonjolkan kreativitas dan keahlian teknis Anda. Dengan menyertakan proyek tersebut, Anda dapat menyoroti keterampilan khusus yang Anda gunakan untuk membuatnya, bersama dengan etos kerja, minat, keterampilan komunikasi, dan lainnya.

Sesuaikan resume Anda

Jangan mengirimkan versi resume yang sama ke setiap HRD, Anda perlu menyesuaikannya dengan pekerjaan spesifik yang Anda lamar. Pastikan Anda tahu apa yang dibutuhkan oleh pekerjaan itu dan uraikan bagaimana Anda bisa memenuhi spesifikasi itu. 

Gunakan kata kunci

Tuliskan kata kunci apa yang ada pada lowongan pekerjaan di resume Anda. Sebutkan kemampuan teknis Anda, misalnya Oracle, JavaScript, MySQL, CSS, SQL Server, PHP, HTML, NET, Apache, Hadoop, Linux, Unix, jQuery, TCP, dan j2ee.

Gunakan urutan kronologis terbalik

Jika Anda seorang lulusan baru, mulailah dengan pendidikan terlebih dahulu. Tuliskan tentang apa yang Anda capai selama studi dan apa yang telah dipelajari. Akan lebih baik kalau Anda menuliskan proyek yang relevan selama proses studi Anda.

Keterampilan

Ingat-ingat tentang proyek yang telah Anda lakukan dulu dan teknologi apa yang Anda tahu cara menggunakannya. Tuliskan pengalaman itu selengkap mungkin, jika memang relevan dengan pekerjaan yang dilamar. Jika tidak, Anda bisa menuliskan keterampilan yang sesuai dengan pekerjaan itu.

Prestasi khusus

Buatlah sedetail mungkin mengenai prestasi khusus resume Anda. Cantumkan teknologi yang telah Anda gunakan dan klien Anda miliki, kemudian tautkan ke situs web atau profil GitHub yang telah dibuat.

Summary

Summary tentang apa yang dapat Anda tawarkan ke pekerjaan dan perusahaan harus ada di bagian paling atas resume. Letakkn beberapa kata kunci dari lowongan pekerjaan di summary itu untuk menarik perhatian.

Konsistensi

Pastikan profil LinkedIn Anda sesuai dengan resume Anda, sehingga tidak menimbulkan kebingungan saat rekruter melihatnya.

Penghargaan dan organisasi

Tuliskan daftar penghargaan atau organisasi yang relevan yang Anda miliki untuk menunjukkan dedikasi Anda dalam mengasah keterampilan dan minat Anda dalam bidang ini.

Ekstrakurikuler

Kegiatan ekstrakurikuler dapat membantu Anda menonjol jika Anda adalah lulusan baru yang belum memiliki pengalaman kerja di lapangan.

Perlu diingat bahwa dalam membuat software engineer resume, Anda perlu menghindari beberapa kesalahan, seperti kesalahan ejaan dan penulisan, pemilihan kata yang tidak bagus, menulis terlalu banyak keterampilan dan prestasi takrelevan, dan tidak menggunakan format PDF.

Baca juga : Mau Lolos Interview Software Engineer? Wajib Jawab Pertanyaan Ini

(Visited 37 times, 1 visits today)