Staff IT mempunyai peran penting bagi setiap perusahaan yang sudah merambah dunia digital. Tidak seperti bayangan Anda sebelum terjun ke dunia ini, seorang staf IT saat ini dituntut mempunyai serangkaian keahlian yang mungkin di luar pembelajaran selama di bangku kuliah.

Mungkin awalnya Anda mengira seorang pegawai bagian IT hanya berkutat perihal komputer, sistem informasi dan perkembangan teknologi. Akan tetapi, seiring dengan perkembangan bisnis perusahaan, bukan hal tidak mungkin Anda akan mengerjakan hal wajib yang sebelumnya bersifat pilihan.

Inilah Kemampuan yang Wajib Dimiliki Staff IT yang Dibutuhkan Oleh Perusahaan

Staff IT

Yang pertama adalah desain grafis. Biasanya, ini keahlian yang wajib dikuasai oleh lulusan Desain Komunikasi Visual atau DKV. Akan tetapi, perusahaan kemungkinan akan mewajibkan Anda menguasai ini sebagai tambahan dari pekerjaan utama Anda sebagai seorang staff IT.

Beberapa yang bisa pelajari sendiri adalah beberapa program desain, seperti Corel Draw atau Adobe Photoshop. Anda tidak perlu mahir menguasai ini. Jika dalam kuliah Anda tidak memperoleh pelajaran ini, Anda bisa mencari pelatihan di luar kampus. Cukup pastikan Anda bisa melakukan penyuntingan agar dapat membantu dalam membuat surat undangan, menyunting latar foto dan lainnya.

Keahlian kedua sudah pasti Anda pelajari saat kuliah. Jaringan Local Area Network atau LAN dan internet merupakan keahlian wajib yang Anda ketahui, bahkan teliti saat masih menjadi mahasiswa. Secara spesifik, keahlian yang harus Anda kuasai mencakup cara membuat kabel straight dan kabel cross, cara menyetel router, cara menyambungkan komputer ke hub, cara membagikan koneksi printer ke jaringan dan mengetahui akses ke router kantor Anda.

Kemampuan wajib staff IT berikutnya adalah tentang troubleshooting hardware ataupun software. Untuk hardware, Anda wajib memahami cara merakit PC dari awal hingga akhir, nama komponen dan manfaatnya. Mengetahui hal ini akan membantu Anda dalam menangani kasus dimana komputer kantor tidak menyala. Anda akan mudah mencari tahu bagian mana yang rusak lalu memperbaikinya.

Sedangkan bagian software mewajibkan Anda setidaknya bisa menyetel ulang komputer untuk semua jenis Sistem Operasi, update anti virus hingga mengunduh program Office dan sejenisnya.

Sebagai seorang staff IT Anda harus mengerti tentang seluruh program Office, sebagai program yang sering digunakan sehari-hari. Dapat dikatakan jenis pekerjaan ini seperti seorang administrasi. Walau terkesan kecil, menguasai ini dapat membuat Anda sanggup menolong rekan sesama kantor yang kebetulan menemukan masalah terkait hal ini. Hal kecil dalam poin ini mencakup mengerti cara mengatur margin di Word, spasi di Publisher dan sanggup mengoperasikan rumus dalam Excell.

Tidak jarang pula, seorang staff IT akan diminta mengerjakan tugas yang biasanya dilakukan oleh seorang programmer. Contohnya adalah membuat program dan website. Jadi ada baiknya Anda turut mempelajari beberapa bahasa pemrograman, seperti Visual Basic NET dan PHP. Tugas yang bisa dikerjakan adalah membuat sistem informasi perusahaan, seperti absensi, penggajian, penjualan hingga web profil perusahaan.

Bagian terakhir ini menunjukkan sifat staff IT yang harus serba bisa mengerjakan hal yang lebih kecil. Sebagai contoh, Anda harus mengetahui harga terbaru komponen IT, mulai dari harga PC hingga monitor. Pastikan Anda selalu memperbaharui informasi tentang harga terbaru paket, alamat dan kecepatan penyedia internet di Indonesia. Semua hal tentang mesin fotocopy dan faksimile, penyetelan fingerprint hingga update firmware tentang router patut Anda kuasai pula.

Setelah memahami semuanya, bersiap sedia lah menerima panggilan bantuan oleh teman hingga atasan nantinya. Menjadi seorang staff IT pada akhirnya meminta Anda untuk sigap dan responsif.

Apakah anda tertarik dan mencari Lowongan Kerja Staff IT? Anda bisa mencoba untuk mengirim cv anda dan bergabung dengan TOG Indonesia. Dengan begini, anda akan membuka lebar peluangmu untuk bekerja diperusahaan besar dan membantumu untuk terus mengembangkan karier. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya : Persiapan yang Harus Dilakukan Saat Pertama Bekerja Menjadi Staff IT Support


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


(Visited 48 times, 1 visits today)