Saat ini profesi Technical Consultant sangat dibutuhkan oleh perusahaan karena memiliki peranan yang sangat penting. Oleh karena itu, peluang kerja profesi ini bida dibilang cukup menjanjikan. Nah bagi Anda yang masih menempuh pendidikan dan ingin bekerja namun tak ingin berkutat di depan komputer saja, pekerjaan Technical Consultant ini sangat cocok. Lalu, apa sebenarnya Technical Consultant itu? yuk simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Apa Itu Technical Consultant?

Technical Consultant adalah profesi yang fokus dalam dua bidang utama, yaitu teknologi dan bisnis.

Salah satu tugas utama dari profesi ini adalah memberikan solusi terbaik kepada perusahaan/klien yang membutuhkan bantuan dalam bidang IT.

Oleh karena itu, profesi yang satu ini tak selalu menghabiskan waktu untuk coding atau programming saja, tetapi juga untuk bertemu dengan klien dan mencari solusi terbaik bagi mereka, mulai dari membicarakan apa yang jadi permasalahan, target yang diinginkan, sampai akhirnya proyek tersebut selesai.

Baca juga : Keuntungan Jika Bekerja di Perusahaan Konsultan

Tanggung Jawab dan Persyaratan

Berikut ini adalah tanggung jawab technical consultant:

  •  menentukan requirements dan target proyek
  •  menghubungi klien dan bertanggung jawab penuh (memberi arahan dan saran)
  •  memberikan solusi teknologi terbaik, tanpa melupakan aspek bisnis
  •  melakukan tes terhadap software/hardware klien
  • troubleshooting kalau terdapat bug atau masalah lain
  •  melatih end-user menggunakan fungsionalitas software/hardware

Berdasarkan tanggung jawab diatas, orang yang bisa bekerja dibidang ini harus benar-benar paham mengenai dunia IT.

Tak hanya itu, Anda wajib memiliki soft skill komunikasi yang kuat, kreatif, serta mencari solusi atas permasalahan bisnis yang sedang dialami oleh klien.

Profesi ini sebenarnya cukup fleksibel. Jadi Anda bisa melakukan pekerjaan ini secara freelance. Anda bisa menghubungi klien satu per satu, atau bisa juga bergabung dengan perusahaan konsultasi secara lepas.  Intinya, profesi ini sangat tepat bagi Anda yang tertarik dengan dunia IT dan ingin tetap ingin aktif mempelajari banyak hal di luar bidang Anda.

Baca juga : Perusahaan Konsultan Human Resource IT Terbaik di Jakarta

(Visited 59 times, 1 visits today)