Tak bisa dipungkiri, kebutuhan suatu perusahaan akan jasa konsultan Human Resource Information Technology (HR IT) semakin penting. Bukan hanya untuk bisnis atau perusahaan yang telah berkembang saja, akan tetapi bagi bisnis yang sedang berkembang pun tetap memerlukan jasa konsultan yang terkait akan kebutuhannya dengan man power di bidang IT.

Saat ini, berbagai perusahaan di dunia berlomba-lomba untuk meng-upgrade dan meningkatkan fasilitas yang berkaitan dengan IT. Hal ini tentu saja memicu mobilitas yang tinggi dari setiap bisnis untuk mengikuti perkembangan zaman dan teknologi. Jika tidak maka, sebuah bisnis akan tertinggal jauh, sehingga imbasnya akan mengalami kebangkrutan.

Tetapi siapa sangka jika masih banyak bisnis yang tidak menghiraukan hal tersebut, padahal peran jasa konsultan HR IT penting demi tumbuh kembangya suatu bisnis.

Keuntungan Suatu Bisnis Menggunakan Jasa Konsultan HR IT

Jika Anda pahami, jasa konsultan HR IT di Indonesia tidak dapat dianggap remeh. Saat ini perannya sangat penting dan telah menjadi suatu bagian di dalam kegiatan suatu bisnis maupun perusahaan. Aktivitas dan jasanya termasuk bertanggung jawab dalam hal penerapan solusi keterbatasan man power atau tenaga kerja di bidang IT untuk dapat diterapkan implementasinya oleh bisnis.

Beberapa keuntungan bagi suatu bisnis apabila menggunakan jasa konsultan HR IT kiranya dapat disimak, seperti berikut ini:

  • Dapat menghemat waktu, karena optimasi HR di bidang IT akan dilakukan oleh konsultan IT, sehingga Anda dapat lebih berkonsentrasi di dalam menjalankan strategi bisnis.
  • Perusahaan dapat mengambil keputusan yang menguntungkan dengan lebih akurat, sehingga pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) dapat lebih terorganisir secara strategis demi memajukan perusahaan.
  • Perekrutan karyawan di bidang IT, prosesnya menjadi lebih efisen. Karena lebih selektif dalam memilih kandidat yang paling sesuai dengan skill yang diharapkan. Selain itu, karyawan baru pun dapat langsung bekerja secara optimal tanpa perlu dilatih lagi. Dan perusahaan juga dapat menghemat biaya, waktu terhadap proses rekrutmen yang berlangsung.
  • konsultan HR IT dapat meningkatkan produktivitas bisnis Anda melalui komunikasi yang terbuka kepada klien secara terbuka, sehingga bisnis Anda akan lebih terbuka terhadap inovasi-inovasi baru yang dapat dihasilkan.

Namun seorang konsultan HR IT juga memiliki tugas dan tanggung jawab yang sedemikian besar dan kompleks bagi bisnis yang ingin dikembangkan. Berikut ini adalah beberapa tugas dan tanggung jawab jasa konsultan HR IT di perusahaan:

  • Bertanggung jawab untuk mengelola kompensasi serta benefit karyawan IT.
  • Bertanggung jawab untuk mengatur absensi karyawan.
  • Bertanggung jawab untuk meningkatkan retensi karyawan.
  • Bertanggung jawab untuk mengelola sistem rekrutmen.
  • Bertanggung jawab untuk menyediakan pelatihan untuk karyawan bagi yang membutuhkan.
  • Bertugas untuk mengurus payroll karyawan yang ditempatkan.
  • Bertugas untuk mengelola evaluasi kinerja untuk semua karyawan.
  • Bertugas untuk merumuskan peraturan dan Standard Operation Procedure (SOP) yang berlaku di perusahaan.

Baca juga: Konsultan Human Resource IT Terpercaya di Jakarta

Tips Memilih Jasa Konsultan HR IT

Bagi perusahaan tentunya harus bisa berkembang supaya bisnis tetap dapat bertahan dan mencapai omzet sesuai target yang diinginkan. Berikut ini adalah beberapa tips untuk memilih jasa konsultan HR IT yang paling relevan untuk menunjang bisnis Anda menjadi maju.

1. Solutif Dan Berwawasan Luas

Carilah jasa konsultan HR IT yang tidak hanya berwawasan luas saja, namun juga cerdas dan solutif di dalam merekrut SDM IT, mengelola, menciptakan, serta memperbaiki infrastruktur IT secara komprehensif. Solusi dan masukan yang diberikan juga harus tepat dan sesuai dengan permasalahan IT Anda.

2. Carilah yang Berpengalaman

Meskipun semua pelaku jasa di bidang konsultan HR IT berpengalaman, tetapi carilah yang benar-benar memiliki pengalaman yang tinggi, di mana pengelaman tersebut tidak hanya lamanya menangani suatu perusahaan saja, namun juga mampu mengelola SDM IT dan mengatasi berbagai permasalahan yang terkait dengan teknologi di sepanjang track record perjalanan karier mereka.

Untuk hal ini, selalu pastikan mengenai portofolio pengalaman dan implementasi produk/sistem/aplikasi dari konsultan IT yang berkaitan. Jangan sampai ketika Anda sudah menggunakan jasa konsultan HR IT tersebut, Anda malah hanya mendapatkan dukungan yang tidak penuh karena pengalaman mereka juga terbatas. Selain itu, masalah terkait SDM IT di perusahaan Anda juga tidak teratasi.

3. Memastikan Legalitas dan Finansial Perusahaan

Ketika memilih kandidat jasa konsultan HR IT, pastikanlah bahwa mereka telah memiliki legalitas perusahaan yang resmi seperti CV dan PT untuk memastikan bahwa legalitas mereka terjamin. Tidak hanya itu, secara finansial juga harus dipastikan bahwa mereka mampu memberikan bukti mengenai laba dan rugi yang dihasilkan.

4. Memiliki SDM yang Kompeten

Mencari jasa konsultan di bidang HR IT dengan SDM yang kompeten di bidangnya, bukan hanya masalah pengalaman dan lama mereka bekerja saja. Kompetensi ini sangat penting untuk diperhatikan, sebab skill mereka tentu saja nantinya akan disesuaikan dengan kebutuhan IT di perusahaan Anda.

5. Memastikan SLA dan Biaya

Dalam memilih dan menggunakan jasa konsultan HR IT Anda juga harus memperhatikan tentang Service Level Agreement (SLA) jasa konsultan HR IT yang digunakan. Hal ini penting untuk dilakukan, sebab untuk menjamin kualitas dan dukungan terhadap salah satu layanannya yang berhubungan dengan fasilitas purna jual dari penyedia Konsultan IT ke bisnis yang berpartner. Oleh karena itu, pilihlah jasa konsultan HR IT yang mampu menawarkan berbagai layanan dengan biasa yang masuk akal seperti TOGI HR.

Kesimpulan

Dapat disimpulkan jika suatu bisnis pada masa ini mau tidak mau harus menggunakan jasa konsultan HR IT untuk mengembangkan bisnisnya supaya dapat bersaing dengan kompetitor dan dapat meraih keuntungan dengan cepat. Sudah banyak bukti yang memperlihatkan bahwa perusahaan-perusahaan terkemuka di Indonesia telah memanfaatkan layanan jasa konsultan HR IT untuk membuat bisnis mereka berkembang, dan buktinya memang demikian. Contoh; BCA, Astra, Suzuki, Telkomsel, dan lain-lain.

Baca juga: Penting Manfaatnya Jasa Konsultan IT Indonesia, Bagi Bisnis Yang Ingin Berkembang

Perusahaan IT Solution Partner Terbaik Bisnis Anda

Triple One Global Indonesia (TOGI) adalah perusahaan IT Solution bagi setiap bisnis atau perusahaan yang ingin berkembang dengan pesat.  Untuk menghadapi tantangan global dalam era industri 4.0, tentu saja TOGI akan siap memberikan solusi layanan di bidang IT yang di butuhkan semua bisnis untuk dapat bersaing ketat di dalam ekonomi digital. TOGI memberikan solusi baik kepada Anda selaku pemilik bisnis yang membutuhkan SDM di bidang IT dan juga kepada para tenaga-tenaga profesional di bidang IT yang berpengalaman dan membutuhkan pekerjaan.  Bagi Anda job seeker, TOGI siap membantu menjembatani dan menemukan pekerjaan impian bagi Anda seperti; Programmer, IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, IT Consulting, dan lain sebagainya. Hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai layanan TOGI!

(Visited 1 times, 1 visits today)