Seorang Fresh Graduate tentunya ingin segera mendapatkan pekerjaan. Tak masalah jika memasukan lamaran ke berbagai perusahaan. Akan tetapi banyak Fresh Graduate yang masih belum mendapat kerja. Hal ini dikarenakan beberapa faktor, yang salah satunya adalah saat interview kerja. Jika Anda seorang Fresh Graduate perlu mengetahui tips saat interview kerja.

Berikut 5 Tips Memperkenalkan Diri Saat Interview Kerja

1. Ini yang Harus Dilakukan Saat Tiba di Tempat Wawancara

Tips Interview Kerja

Image Source : frisianflag

Saat tiba di kantor tempat wawancara kerja, langsung saja  perkenalkan diri Anda. Dan jangan lupa untuk menyebutkan secara detail nama orang yang sudah meminta Anda datang ke kantor dan sebutkan pula waktu yang telah ditetapkan untuk sesi wawancara.

2. Saat Menemui Manajer Perekrutan

Perkenalkan diri Anda secara jelas, jangan lupa untuk tawarkan untuk berjabat tangan, meski pewawancara tidak menyodorkan tangannya terlebih dahulu. Etiket jabat tangan adalah bagian dari kesan awal yang baik.

Baca juga artikel lainnya : 5 Kendala yang Dirasakan Fresh Graduate Saat Pertama Kali Bekerja

3. Berbicara dengan Tenang

Tips Interview Kerja

Image Source : caraspot

Rasa gugup pasti akan dialami semua orang, termasuk Fresh Graduate, namun hal ini harus Anda atasi karena akan  mempengaruhi pada saat Anda sedang berbicara saat interview nanti.

Baca juga artikel lainnya : Penyebab Para Fresh Graduate Sulit Menemukan Pekerjaan

4. Fokus pada Kualifikasi Anda

Pengenalan diri Anda harus cukup ringkas untuk menarik minat pewawancara agar mau mendengarkan. Umumnya, kesimpulan cepat tentang kualifikasi Anda sudah cukup. Anda juga bisa menyebutkan beberapa hal unik yang tidak penting untuk pekerjaan, tetapi mencerminkan kepribadian Anda.

Komentar awal Anda harus menunjukkan antusiasme terhadap pekerjaan dan organisasi. Namun, jangan berlebihan dan menghabiskan terlalu banyak waktu untuk membicarakan diri sendiri.


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

5. Harus Bersiap untuk Pertanyaan Lanjutan

Tips Interview Kerja

Image Source : sleekr

Pewawancara dapat menanggapi pendahuluan perkenalan Anda dengan pertanyaan lanjutan. Jadi, Anda perlu mengingat hal-hal yang terkait dan mendukung pernyataan awal. Bersiaplah untuk memberikan contoh spesifik tentang bagaimana dan di mana Anda telah berhasil menjalankan peran kerja atau relawan, proyek akademis, atau usaha produktif lainnya. Salah satu cara untuk memberikan tanggapan rinci adalah dengan menggunakan teknik wawancara untuk menggambarkan prestasi Anda.

Selain itu, Anda juga bisa memersiapkan diri untuk mengajukan pertanyaan selama wawancara. Jadi, susunlah daftar pertanyaan singkat tentang apa yang ingin Anda ketahui tentang pekerjaan dan perusahaan.


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


Jika Anda seorang Programmer serta sedang mencari pekerjaan menjadi Programmer, Anda bisa menghubungi kami. Karena ada ribuan lowongan pekerjaan di bidang IT yang menunggu untuk kamu lamar. silakan klik link di bawah ini.

Contact

Phone: 021-21192578, WhatsApp: 08151622988
Email: recruitment@tog.co.id

(Visited 326 times, 1 visits today)