Dalam pekerjaan apapun, dibutuhkan tools atau perangkat tertentu untuk memudahkan pekerjaan yang dilakukan, tidak terkecuali untuk pekerjaan technical writer. Kalau Anda mau pekerjaan Anda semakin cepat dan efisien, coba kuasai berbagai tools technical writer yang ada di bawah ini.

Writing Tools Technical Writer

Beberapa tools untuk menulis yang perlu Anda kuasai adalah:

Microsoft Word

Tools Technical Writer

Sumber Foto : telset.id

Mungkin hampir seluruh orang di dunia sudah mengenal Ms. Word. Fitur-fitur unggulan yang ada di sini, antara lain pemeriksa ejaan otomatis, penyimpanan tulisan dalam beragam format, dan kemudahan mengganti kata di keseluruhan tulisan. Dokumen dari Ms. word juga bisa disimpan di cloud dari Microsoft.

Google Document

Tools Technical Writer

Sumber Foto : madison365.com

Google Document sangat mudah dioperasikan, dan memiliki kelebihan lain, seperti mudah disunting, tidak banyak versi seperti pada Ms. word, dan bisa mengecek siapa saja yang mengedit dokumen. Namun koneksi internet Anda harus tetap hidup untuk mengoperasikana Google Document ini supaya file bisa langsung tersimpan dalam Google Cloud. 

Notepad++

Tools Technical Writer

Sumber Foto : lemon-web.net

Notepad memiliki versi tersendiri yang dikembangkan dari versi sebelumnya, yaitu Notepad ++.  Biasanya Notepad digunakan untuk mengedit teks atau kode sebelum diunggah. Notepad juga bisa digunakan untuk untuk membuat catatan cepat, sekaligus mengoreksi ejaan. 

Publishing Tools

Publishing tools yang perlu dikuasai oleh technical writer antara lain sebagai berikut.

Adobe FrameMaker

Tools Technical Writer

Sumber Foto : filehorse.com

Adobe FrameMaker cocok digunakan untuk memproses dan menerbitkan dokumen dengan jumlah halaman lebih dari 200. Di tools ini, Anda bisa memilih template sesuai kebutuhan. Namun harga Adobe FrameMaker resmi masih cukup mahal.

Robohelp

Sumber Foto : berbagiaplikasi.com

Robohelp merupakan bagian dari Adobe System yang memang dipakai untuk menerbitkan dokumentasi online. UI/UX nya mudah dipahami oleh banyak orang dan menjadikannya populer di kalangan technical writer. Robohelp juga mendukung output dalam banyak format seperti, e-book, XML, HTML5, dan format untuk aplikasi seluler. Sayangnya, harganya cukup mahal dan sulit untuk melakukan pembagian konten.

Screen Capture Tools Technical Writer

Untuk keperluan screen capture, mungkin Anda menggunakan Snipping Tools. Namun ada juga tools untuk tangkapan layar lainnya yang bisa Anda gunakan.

FireShoot

Sumber Foto : microsoftedge.microsoft.com

FireShoot bisa ditemukan di berbagai mesin pencari, seperti di Opera, Chrome, dan Internet Explorer. Anda bisa melakukan berbagai hal, seperti mengedit gambar, mengubah ukuran, memotong, dan menambah catatan melalui tools ini. Format penyimpanan yang didukung adalah PDF dan JPEG. 

Techsmith Snaggit

Sumber Foto : Youtube TechSmith

Techsmith Snaggit bisa digunakan memotret layar, secara horizontal, vertikal atau keseluruhan bagian layar. Anda juga bisa merekam layar dan melakukan tangkapan layar secara panorama menggunakan tools ini.

Microsoft Visio

Sumber Foto : tayo-upapsi1.blogspot.com

Ms. Visio sangat berguna untuk membuat berbagai macam diagram dan sudah sesuai dengan standar industri perangkat lunak seperti Unified Modeling Language (UML). Namun sampai saat ini, Anda perlu memasang Ms. Visio secara terpisah jika memerlukannya.

Dari berbagai tools technical writer di atas, mana yang sudah Anda kuasai?

Baca juga : Bocoran Pertanyaan Saat Interview Technical Writer

(Visited 16 times, 1 visits today)