3 Point Utama Melatih Softskill Presentasi

Kemampuan presentasi sama pentingnya ketika anda menyampaikan informasi ke orang lain. Artikel ini akan memberikan informasi tentang bagaimana meningkatkan cara presentasi anda.

presentasi

Cara anda menyampaikan informasi mengenai bisnis yang anda tawarkan atau-pun menyampaikan produk yang anda miliki salah satu caranya adalah dengan melakukan presentasi. Tingkat keberhasilan anda dalam menyampaikan informasi ditentukan oleh bagaimana keterampilan anda dalam melakukan presentasi didepan audiens dan kemampuan anda dalam membuat presentasi yang menarik.

Baca juga Cara melatih Soft Skill

Berikut ini adalah penjelasan tentang bagaimana meningkatkan kemampuan cara presentasi yang baik, diantaranya :

Melakukan Penelitian Kepada Audiens

melakukan penelitian untuk mencari tahu kebutuhan audiens dapat membantu anda dalam menyesuaikan presentasi. Hal ini bertujuan untuk menargetkan minat audiens serta dapat menjelaskan bagaimana anda dapat digunakan untuk menyelesaikan kebutuhan atau masalah yang mereka miliki. Namun apabila anda tidak sempat untuk melakukan penelitian anda bisa bertanya langsung kepada audiens mengenai apa yang mereka butuhkan pada saat anda melakukan presentasi dan tentunya terlebih dahulu menyiapkan bahan presentasi.

Menyusun Struktur Presentasi Dengan Baik

Menyusun struktur presentasi merupakan hal yang penting untuk anda lakukan. Anda perlu menyusun struktur atau tahapan – tahapan presentasi yang anda lakukan agar anda dapat membuat presentasi menarik seperti :

Kalimat Pembukaan Kalimat pembuka harus menjadi kalimat yang emosional bagi audiens. Tujuannya adalah agar audiens merasa semangat atau menikmati dengan presentasi yang anda lakukan.

Menyiapkan bahan presentasi Cobalah tetap menjelaskan inti dari poin – poin presentasi yang anda sampaikan. Ini lebih penting daripada anda harus menjelaskan seluruh bahan presentasi anda secara detail yang justru akan membuat audiens merasa bosan dengan presentasi yang anda sampaikan.

Kalimat penutupan kalimat penutup adalah kesempatan terkahir yang anda berikan kepada audiens, buatlah sesuatu yang mengesankan dipikiran mereka seperti kata – kata positif atau yang lainnya.

Berlatih dan Berlatih

Cobalah berlatih melakukan presentasi jauh – jauh hari sebelumnya. Anda bisa berlatih didepan cermin atau dengan partner anda. Latihan-lah seolah – olah anda sedang presentasi didepan audiens. Hal ini akan membuat anda agar tidak grogi saat presentasi dan dapat bersikap tenang pada saat menyampaikan bahan presentasi. If you practice your speech only once, you’re going to stink, Braithwaite.

Demikianlah cara-cara yang bisa Anda lakukan dalam meningkatkan kemampuan presentasi. Lakukan latihan tersebut secara intensif dan Anda akan melihat diri Anda akan tampil lebih nyaman, lebih siap dan lebih percaya diri dalam presentasi.

By | 2018-05-11T11:51:48+00:00 May 12th, 2018|Article, Career, Uncategorized|0 Comments

Leave A Comment