Di era digital ini, jurusan RPL menjadi salah satu pilihan tepat jika ingin terus mengikuti perkembangan zaman. Sebagian diantara Anda mungkin bertanya-tanya apa itu jurusan RPL, apakah jurusan ini sama dengan TKJ?

RPL adalah jurusan yang berbeda dengan TKJ. Lantas, apa itu jurusan RPL, apa keunggulan, dan prospek karirnya? Yuk, simak penjelasannya berikut.

Apa itu Jurusan RPL? Pengertian, Keunggulan, dan Prospek Karirnya

Apa itu Jurusan RPL?

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memiliki banyak program studi yang dapat mengasah kemampuan siswa dari segi praktik kerja.

Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), adalah kompetensi keahlian dalam bidang IT di SMK,  yang secara khusus mempelajari tentang pemrograman komputer. Jurusan ini mempelajari dan mendalami cara-cara pengembangan software, mulai dari pembuatan, manajemen, pemeliharaan, organisasi pengembangan software, hingga manajemen kualitas.

Jurusan RPL tidak akan jauh dari pembelajaran coding, desain, dan juga Algoritma. Siswa pada jurusan ini akan dilatih dalam pembuatan website, aplikasi, game, dan semua yang memiliki keterkaitan dengan pemrograman, serta menguasai bahasa pemrograman tersebut.

Coding, desain, dan algoritma menjadi bagian paling penting dalam jurusan RPL. Dalam coding, siswa dituntut untuk menguasai bahasa pemrograman C, C++, Pascal, Java, JavaScript, Python, Delphi, PHP, HTML, CSS, dan masih banyak lagi.

Dalam poin desain siswa dilatih agar menguasai Photoshop, corel Draw, Video Editing, Web Design, dan lain sebagainya. Sementara pada Algoritma, siswa akan diberi pemahaman terkait algoritma dasar, tingkat lanjut, Microsoft Access, gerbang logika, basis data, dan data flow diagram.

Keunggulan Jurusan RPL

Berikut keunggulan dari jurusan RPL, di antaranya :

  • Pekerjaan di lapangan terasa lebih mudah karena sering melakukan kerja praktik;
  • Fleksibel karena bisa dikerjakan kapanpun dan dimanapun menggunakan jaringan internet;
  • RPL lebih mendalami berbagai teknologi;
  • Mengerti fungsi dari komponen komputer, dan dapat merakitnya.

Prospek Kerja Jurusan RPL

1. Programmer

Programmer dapat membuat sebuah program sebagai software dari komputer untuk memudahkan suatu fungsi. Seorang programmer dapat bekerja di segala bidang, baik industri, media, perbankan, televisi, dan masih banyak lagi.

2. IT Developer

Pekerjaan ini dibutuhkan perusahaan untuk mengembangkan perangkat lunak yang sesuai dengan kebutuhan klien.

3. IT Consultant

Profesi ini berperan dalam perencanaan dan pengevaluasian penerapan IT dalam sebuah perusahaan atau organisasi.

4. System Analyst & System Integrator

Pekerjaan yang bertugas melakukan analisis pada sistem atau program yang berbasis IT dalam suatu perusahaan. Profesi ini memberikan solusi terkait integrasi dan pemanfaatan perangkat lunak.

5. Game Developer

Game developer bertugas menciptakan sebuah game, dengan cakupan pembuatan audio, desain grafis, permainannya, seni visual, juga produksi aplikasinya.

Baca Juga: Mengenal Apa itu CSS dan Fungsinya Dalam Website

(Visited 39 times, 1 visits today)