Apa itu Ubuntu? Istilah ini pasti tidak asing bagi mereka yang bergelut dengan dunia perangkat lunak. Ubuntu merupakan sistem operasi yang berbasis Linux dan memiliki banyak sekali fitur yang bisa pengguna manfaatkan.

Menariknya Ubuntu menyediakan layanan kepada pengguna secara gratis dan bersifat open source. Itulah kenapa ada lebih dari tiga miliar pengguna di seluruh dunia.

Mengenal Apa Itu Ubuntu?

apa itu ubuntu

Membahas tentang apa itu Ubuntu sama artinya dengan membicarakan sistem operasi. Karena Ubuntu merupakan suatu sistem operasi pada program Linux atau orang sering menyebutnya dengan Linux Ubuntu.

Perilisannya adalah pada awal tahun 2004 silam oleh perusahaan teknologi Canonical. Awal perusahaan tersebut berdiri ialah sebagai developer dari OS Debian.

Sistem Ubuntu lahir karena pendirinya ingin membuat OS yang open source, mudah, dan juga gratis. Jadi, siapa saja bisa memanfaatkan sistem operasi tersebut untuk berbagai keperluan dan bebas mengembangkannya.

Operasi sistem Ubuntu cukup populer dan merilis update secara stabil serta berkualitas. Setiap enam bulan sekali Ubuntu melakukan pembaruan untuk yang reguler dan dua tahun sekali bagi versi Long Term Service.

Hampir semua perangkat kompatibel menggunakan sistem operasi Ubuntu. Baik komputer, laptop, ponsel, hingga server bisa memakainya. Fungsinya juga bisa untuk pekerjaan ringan hingga berbasis pemrograman.

Jenis-Jenis Ubuntu yang Perlu Anda Kenali

Beberapa jenis Ubuntu sesuai dengan desktop environment atau tampilannya.

1. Kubuntu

Rilis pada tahun 2005 serta memiliki tampilan seperti Windows 10. Cocok untuk Anda yang menginginkan tampilan seperti itu. Mulai dari tata letak, ikon, hingga warna tema mirip.

Sehingga pengguna pemula tidak perlu lagi beradaptasi terhadap tampilan Kubuntu. Menariknya lagi Kubuntu juga menampilkan KDE Plasma yang menarik dan bagus.

2. Ubuntu Studio

Merupakan jenis Ubuntu yang berorientasi pada penggunaan multimedia. Jadi memakai Ubuntu Studio, pengguna bisa memanfaatkan untuk pembuatan berbagai konten.

Tersedia banyak sekali aplikasi di dalamnya secara default, sehingga setelah proses instalasi bisa langsung pengguna pakai dengan mudah.

3. Ubuntu Kylin

Sebagai versi Ubuntu khusus untuk para warga negara China. Mulai dari penggunaan bahasa China yang default hingga aplikasi khusus di dalamnya juga diperuntukkan bagi warga negara tersebut.

Rilis pertama kali pada tahun  2013 dengan versi 13.04, untuk tampilannya seperti pada Windows 10. Penataan yang rapi dan sederhana, membuatnya menjadi user friendly.

4. Ubuntu MATE

Memakai tampilan mate yang mirip dengan GNOME 2 atau seperti tampilan lawas Ubuntu. Fitur yang ada pada Ubuntu MATE cukup lengkap. Jika ingin mengunduh software bisa melalui Software Boutique.

5. Xubuntu

Termasuk dalam jenis yang menggunakan Xface sebagai tampilannya. Terkesan lebih modern jika melihatnya pada desktop. Apalagi performanya tetap bagus dan cepat walaupun memiliki tampilan yang tergolong berat.

6. Lubuntu

Masuk dalam kategori tampilan Ubuntu yang ringan, menggunakan Lightweight QT. Sehingga lebih hemat daya dan bisa pengguna pakai pada perangkat komputer yang memiliki spesifikasi rendah.

Baca juga: Node Package Manager Adalah: Arti, Perintah Dasar, dan Cara Instalnya

7. Ubuntu Budgie

Tampilan pada Ubuntu Budgie lebih modern seperti pada Mac OS. Rilis pada tahun 2016 tepatnya pada bulan November dengan versi 17.04. Fitur menariknya adalah Applet yang bisa pengguna pakai untuk kustomisasi.

8. Server Ubuntu

Khusus untuk mengembangkan server dan merupakan yang paling banyak pengguna pakai untuk mendukung situs web di seluruh dunia.

Keuntungan Menggunakan Ubuntu 

Kenapa banyak yang menggunakan Ubuntu sebagai salah satu sistem operasi pada perangkatnya? Jawabannya simpel saja, karena Ubuntu memberikan berbagai keuntungan yang terurai dalam ulasan berikut.

  1. Merupakan sistem operasi yang gratis tanpa perlu membayar lisensi;
  2. User friendly bagi pemula, termasuk mereka yang terbiasa menggunakan Windows;
  3. Menyediakan layanan dan sistem keamanan yang cukup baik. Ubuntu sulit teretas hacker. Ubuntu melakukan proses pembaruan sistem keamanan secara berkala;
  4. Terbebas dari virus yang bisa berpotensi merusak sistem pada komputer;
  5. Mendukung penggunaan berbagai aplikasi, termasuk yang berasal dari Windows maupun Mac OS;
  6. Kompatibel dengan berbagai jenis perangkat;
  7. Memiliki spesifikasi sistem yang rendah untuk instalasi, sehingga bisa kompatibel dengan jenis perangkat berspesifikasi rendah;
  8. Tersedia dalam berbagai jenis yang bisa menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna;
  9. Memiliki komunitas untuk bertukar informasi pengetahuan.

Setelah memahami terkait dengan apa itu Ubuntu? Apakah Anda pernah menggunakan sistem operasi tersebut? Tidak ada salahnya mencoba sistem operasi Ubuntu untuk referensi pengetahuan yang lebih tentang teknologi.

(Visited 1 times, 2 visits today)