Big Data ada di berbagai tempat dan perlu disimpan, karena pasti ada hal penting yang tersimpan dalam data itu. Hal tersebut membuat profesi Big Data Analytics menjadi salah satu profesi paling penting dalam bidang IT. Profesi ini membantu meningkatkan bisnis, pengambilan keputusan, dan memberikan keunggulan untuk perusahaan terkait. 

Alasan Big Data Analytics Memiliki Jenjang Karir yang Bagus

Big Data Analytics

Sumber Foto : pandretail.com

1. Permintaan Profesional Analytics Terus Meningkat

Grafik tren pekerjaan untuk Big Data Analytics, membuktikan bahwa ada tren peningkatan yang stabil dalam jumlah peluang kerja. Hal itu baru permulaan, dalam beberapa tahun mendatang, pasar analitik ini akan berkembang hingga setidaknya sepertiga dari sepersepuluh pasar IT global saat ini.

2. Peluang Kerja Besar dan Memenuhi Kesenjangan Keterampilan

Sebuah studi McKinsey Global Institute menyatakan bahwa Amerika Serikat akan menghadapi kekurangan sekitar 190.000 data scientist serta 1,5 juta manajer dan analis yang dapat memahami Big Data pada tahun 2018.

3. Gaji yang Cukup Besar

Menurut Laporan Survei Keterampilan dan Gaji 2015 yang diterbitkan oleh Institute of Analytics Professionals of Australia (IAPA), gaji rata-rata tahunan untuk analis data adalah 130.000 Dollar AS. Di India, misalnya, kenaikan gaji tahunan untuk profesional Analytics rata-rata 50% lebih tinggi dibandingkan profesional IT lainnya. 

Sedangkan tren gaji untuk profesi ini di Inggris juga menunjukkan pertumbuhan yang positif dan eksponensial. Kenaikan rata-rata setiap tahunnya kurang lebih sebesar 13,63%.

4. Big Data Analytics menjadi Prioritas Utama di banyak Perusahaan

Menurut survei ‘Peer Research – Big Data Analytics’, disimpulkan bahwa profesi ini menjadi salah satu prioritas utama berbagai perusahaan yang berpartisipasi dalam survei. Sebuah survei oleh Deloitte, memperoleh hasil bahwa 65,2% responden menggunakan beberapa bentuk analitik data yang membantu kebutuhan bisnis mereka. 

5. Teknologi Big Data Analytics terus Berkembang

Menurut laporan The Data Warehousing Institute, lebih dari sepertiga responden saat ini menggunakan beberapa bentuk analitik tingkat lanjut pada Big Data, untuk tugas Intelijen Bisnis, Analisis Prediktif, dan Penambangan Data. Terkait alat Big Data Analytics, penerapan framework Apache Hadoop masih menjadi pilihan favorit.

6. Analisis: Kunci Pengambilan Keputusan

Menurut survei ‘Analytics Advantage’, 96 persen responden merasa bahwa analitik akan menjadi lebih penting bagi perusahaan mereka dalam tiga tahun ke depan. Meski masih ada perdebatan terkait manfaat terbesar profesi ini, satu hal yang tidak dapat disangkal adalah analytics berperan penting dalam mendorong strategi bisnis dan membuat keputusan bisnis yang efektif.

7. Pertumbuhan Besar Analisis Data Tidak Terstruktur dan Semistruktur

Survei ‘Peer Research – Big Data Analytics’ melaporkan bahwa ada pertumbuhan besar dalam hal analisis data tidak terstruktur dan semi-terstruktur. 84 persen responden menyatakan bahwa perusahaan tempat mereka bekerja menganalisis sumber data yang tidak terstruktur, seperti situs, media sosial, email, foto, dan video. 

8. Big Data Analytic Bisa Digunakan Di Manapun

Ada permintaan besar untuk Big Data karena fitur-fiturnya luar biasa. Variasi domain yang digunakan Analytics juga mengalami pertumbuhan pesat, sehingga penggunaannya menjadi lebih luas.

9. Melampaui Prediksi Pasar untuk Big Data Analytics

Menurut IDC, pasar Big Data Analytics mencapai 125 miliar Dollar AS di seluruh dunia pada tahun 2015. Alat Big Data Analytics akan menjadi garis pertahanan pertama, menggabungkan machine learning, penambangan teks, dan pemodelan ontologi untuk menyediakan program prediksi, deteksi, serta pencegahan ancaman keamanan yang holistik dan terintegrasi.

10. Banyak Pilihan untuk Pekerjaan Terkait Analisis

Beberapa pekerjaan yang dapat dipilih terkait analisis data adalah konsultan bisnis big data analytic, arsitek big data analytic, insinyur big data, dan big data analytic. Pemilihan karir tersebut tergantung dari 3 jenis analisis data pada lingkungannya, yaitu analisis preskriptif, analisis prediktif, dan analisis deskriptif.

Tertarik berkarir di bidang Big Data Analytics?

Baca juga artikel lainnya : Pekerjaan Big Data yang Paling Banyak Dicari Saat Ini


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

(Visited 30 times, 1 visits today)