Saat ini penggunaan handphone dengan sistem operasi Android sudah banyak digunakan oleh orang diseluruh dunia. Dilansir dari Stock Apps, jumlah pengguna ponsel di dunia mencapai 5,3 miliar pada bulan Juli 2021. Dilihat dari banyaknya pengguna handphone Android pastinya banyak perusahaan/startup berlomba-lomba untuk membuat aplikasi Android.

Tak heran apabila saat ini banyak perusahaan di Indonesia maupun dunia membuka lowongan pekerjaan Android Developer. Nah bagi kalian  yang tertarik menjadi Android Developer, yuk simak cara membuat aplikasi Android dibawah ini.

9 Cara Membuat Aplikasi Android Sendiri

Cara Membuat Aplikasi Android

1. Membuat Konsep Aplikasi

Langkah pertama yang perlu developer lakukan adalah membuat konsep yang matang terkait aplikasinya. Seperti apa saja kegunaan, kontribusi aplikasi, tujuan, dan untuk siapa saja. Dengan begitu akan terkonsep secara sempurna dan memudahkan ketika proses pengerjaan.

2. Melakukan Riset

Setelah konsep selesai, bisa melakukan berbagai riset secara lebih mendalam terkait aplikasinya. Seperti kompetitor, melakukan survey, hingga bagaimana cara membuat aplikasi itu sendiri.

Berbagai faktor tersebut bisa menjadi pondasi dan pedoman dari aplikasi buatan kamu. Riset ini penting, dan jika sekiranya tidak memungkinkan untuk melakukannya bisa mengubah konsep yang sesuai harapan kamu.

3. Penyusunan Storyboard

Langkah selanjutnya ialah melakukan perakitan aplikasi. Lakukan desain dari hasil konsep yang sudah kamu buat. Pastikan membuatnya dengan jelas dan teliti, sehingga hasilnya akan maksimal dan menarik.

4. Melakukan Proses Back End dan Wireframe

Proses back end adalah apa yang ada di belakang layar aplikasi kamu. Pada proses ini butuh banyak tempat untuk menyimpan data, maka pastikan memiliki layanan hosting yang mumpuni.

Baca juga : Gaji Android Developer di Indonesia Tahun 2022

5. Uji Coba Aplikasi

Pastikan melakukan uji coba pada hasil aplikasi yang kamu buat sebelum melaunchingkannya. Misalnya menawarkan kepada teman atau orang terdekat dan meminta mereka memberikan kritik serta saran.

Nantinya akan membuat tahu apa kekurangan yang ada di dalam aplikasi tersebut. Sehingga dapat menutup kekurangan itu.

6. Bikin Desain Tampilan

Pastikan memiliki tampilan interface yang menarik, jelas, dan tentunya user friendly. Tidak perlu terlalu ribet dan berbelit agar pengguna bisa nyaman dan merasakan kemudahannya.

7. Pengujian Konektivitas User Interface dan Back End

Lakukan pengujian konektivitasnya, apakah aplikasi yang kamu buat ini banyak menghabiskan data pengguna atau tidak? Pasalnya jika tidak efisien, pasti pengguna kurang tertarik memakainya.

8. Proses Beta Testing

Proses ini melihat apakah aplikasi kamu banyak diterima oleh orang atau tidak. Pastikan memfilternya dengan pintar untuk menghasilkan proyek yang sempurna. Tentunya tidak terlepas dari pro dan kontra dari para penggunanya.

9. Melakukan Launching Aplikasi

Proses terakhir silakan lakukan launching jika sudah fix selesai dan tidak banyak yang diperbaiki.

Baca juga : Bocoran Soal Tes Android Developer Terlengkap

Android Developer Tools yang Bisa Kamu Pakai untuk Bikin Aplikasi

Cara Membuat Aplikasi Android

Selain mempelajari tips-tipsnya, tentu developer aplikasi Android juga perlu tahu tools apa saja yang bisa bantu mengerjakan proyek tersebut. Berikut ada beberapa rekomendasi tools untuk membangun aplikasi berbasis Android.

1. Swiftic

Cocok bagi yang ingin membuka aplikasi e-commerce berbasis Android. Tools di dalam Swiftic ini sangat cocok untuk membuat katalog produk, pemilihan pemesanan, hingga proses pembayaran.

2. Appy Pie

Layanan untuk bikin aplikasi tanpa coding yang bisa bantu pemula membuat aplikasi impiannya. Di dalamnya terdapat berbagai fitur menarik dan keren. Bukan hanya untuk Android saja, tapi juga bisa sebagai aplikasi berbasis iOS.

3. Appery

Tools ini cocok untuk proyek pembuatan aplikasi berbasis tim secara real time. Fitur di dalamnya juga cocok untuk para pemula maupun yang sudah tingkat lanjut atau paham coding.

4. Bizness App

Tools ini cocok untuk membantu membuat aplikasi bisnis kecil-kecilan. Tersedia berbagai macam template di dalamnya untuk membuat aplikasi dari nol dengan mudah dan user friendly sekali kontennya.

5. GameSalad

Tools yang akan membantu untuk membuat aplikasi game tanpa coding dengan mudah. Jadi anti ribet dan cocok buat pemula. Menariknya di dalam aplikasi tersebut juga tersedia forum yang akan membantu berinteraksi dengan pengguna lain dan bertukar informasi.

Semoga informasi terkait beberapa tips membuat aplikasi Android dan rekomendasi tools di atas bisa menjadi referensi pengetahuan untuk kamu. Selamat mencoba.

(Visited 8 times, 1 visits today)