Seiring dengan perkembangan teknologi, fasilitas teknologi menjadi salah satu kebutuhan yang mutlak untuk dimiliki. Sehingga profesi IT manajer di dalam sebuah perusahaan teknologi makin meningkat dan dibutuhkan. Namun, cara menjadi IT manager ini tidaklah mudah, meskipun kebutuhannya demikian banyak.

Prospek profesi sebagai IT manager di masa depan sangat bagus dan cerah. Nah, bagi Anda yang memiliki keinginan untuk menjadi seorang IT manager yang handal, maka simak pemaparan mengenai cara menjadi IT manager berikut ini.

Cara Menjadi IT Manager, Ini Persyaratan dan Skill yang Harus Dikuasai

cara menjadi it manager

Mengenal Profesi IT Manager

IT Manager adalah seseorang yang bertanggung jawab terhadap kelangsungan fasilitas IT di suatu bisnis. Apabila Anda memiliki cita-cita menjadi seorang IT Manager, maka dibutuhkan kemampuan untuk mengelola Departemen/Divisi di sebuah perusahaan.

Profesi IT Manager merupakan satu pekerjaan yang menjanjikan dan memiliki gaji yang tinggi. Profesi ini merupakan suatu profesi yang penting di dalam suatu perusahaan maupun lembaga. IT Manager harus mengawasi semua staf yang terdapat di departemen Information Technology (IT). Seseorang yang bekerja pada posisi ini, maka ia akan berhubungan langsung dengan banyak pihak atau departemen di dalam suatu bisnis. Seperti bagian finansial, produksi, HRD, marketing dan lain-lain.

Apabila terjadi suatu masalah di dalam bisnis yang berkaitan dengan komputer, jaringan dan sistem, maka IT Manager memiliki tanggung jawab untuk mencari solusi dan penyelesaiannya. Adapun profesi ini, dapat ditempuh melalui jalur pengalaman sebagai IT Specialist, computer System Analyst, dan lain sejenisnya. Lalu jenjang selanjutnya adalah IT Director, lalu terakhir adalah Chief Technology Officer (CTO) atau Chief Information Officer (CIO).

Job Description IT Manager

Masing-masing profesi tentunya memiliki job description yang berbeda-beda. Termasuk juga dengan IT Manager berikut ini. Adapun job description dari seorang IT Manager adalah:

  • Bertanggung jawab untuk melakukan pengembangan dan peningkatan sistem IT di dalam perusahaan tempatnya bekerja.
  • Bertanggung jawab secara keseluruhan terhadap semua proses yang berkaitan dengan divisi IT.
  • Memastikan semua sistem IT, berjalan secara lancar dan memutuskan tentang solusi, apabila terjadi suatu permasalahan di dalam proses.
  • Membuat rencana strategi, mengenai implementasi IT yang sesuai dengan kebijakan di dalam perusahaan dan memonitor seluruh pelaksanaannya.
  • Bertugas melakukan fungsi manajerial dan controlling di dalam membangun sistem dan aplikasi yang terkait dengan bidang IT.
  • Bertanggung jawab melakukan riset dan analisis, perencanaan, dan desain terhadap setiap sistem dan aplikasi pengembangan IT di dalam perusahaan.
  • Bertanggung jawab untuk merekrut dan melatih bagian administrator dan programmer.

Baca juga: Cara Menjadi IT Manager yang Banyak dicari Perusahaan Besar

Skill yang Harus Dimiliki Seorang IT Manager

Karena profesi IT Manager adalah profesi yang memiliki level tinggi dalam jenjang karier seseorang di bidang IT, maka terdapat beberapa skill dan kemampuan khusus yang harus dimiliki dan dikuasai. Adapun beberapa skill yang harus Anda miliki apabila hendak menjadi seorang IT Manager adalah:

1. Memahami Bahasa Programming

Bahasa pemrograman atau programming language adalah komponen yang penting di dalam mempelajari ilmu bidang IT. Dengan menguasai bahasa pemrograman, maka seorang IT Manager dapat memahami bagaimana sebuah komputer memberikan arahan dan perintah dalam pengolahan data, sesuai dengan yang diinginkan.

2. Memahami Sistem SAP, Infrastruktur IT, dan Lainnya

Menjadi seorang IT Manager tentu Anda harus menguasai keseluruhan bidang ilmu mengenai IT, mulai dari yang basic hingga tingkatan yang paling rumit. Hal ini bertujuan, agar pada saat terjadi masalah atau error di dalam sistem yang diciptakan, Anda sebagai Manajer akan langsung mendapatkan solusi dan pemecahan masalahnya.

Baca juga: Mengapa Pekerjaan Seorang IT Manager Cukup Menjanjikan Di Masa Depan ?

3. Memiliki Analisis dan Logika Yang Bagus

Pada posisi IT Manager, maka Anda akan menjadi tumpuan utama bagi semua tim IT di bawah Anda dan departemen yang berkaitan dengan IT. Sebagai seorang IT Manager, Anda dituntut untuk mampu berkontribusi dalam pengembangan sistem IT di perusahaan tempat Anda bernaung. Hal tersebut juga harus ditunjang dengan kemampuan di dalam analisis dan riset, menggunakan logika berpikir yang sangat baik.

4. Menguasai Project Management

Kemampuan yang terakhir yang wajib dimiliki oleh seorang IT Manager adalah kemampuan di dalam project management. Project management adalah kemampuan untuk mengelola semua aspek project dari awal hingga akhir, dengan metode yang telah terstruktur.

Di dalamnya termasuk membuat perencanaan dan pengembangan sistem dan manufaktur IT untuk memajukan perusahaan supaya tepat guna. Adapun sistem-sistem yang dibangun, juga harus dapat membuat suatu proses pekerjaan yang ada menjadi lebih efektif dan efisien.  

Rangkuman

Profesi IT Manager bukanlah suatu profesi yang sulit untuk dicapai, apabila Anda telah memiliki berbagai kemampuan yang memadai seperti yang dijelaskan di atas. Apabila Anda hendak meniti karier di bidang IT dengan menjadi seorang IT Manager, maka Anda harus optimis dan memiliki tujuan yang jelas pada akhirnya akan mencapai level tertinggi seperti apa. Semoga bermanfaat ya!

TOG Indonesia Adalah Salah Satu Perusahaan IT Solution Terbaik di Indonesia

TOGI (Triple One Global Indonesia) merupakan perusahaan IT Solution bagi setiap bisnis yang ingin berkembang dengan pesat. Dalam menghadapi tantangan global di era industri 4.0, TOGI siap memberikan solusi layanan IT yang dibutuhkan oleh semua perusahaan supaya dapat bersaing ketat dalam ekonomi digital yang sangat diperlukan untuk proses bisnis kedepannya. Kami memberikan layanan IT solution terpadu kepada Anda dengan tenaga-tenaga profesional IT yang berpengalaman.

Bagi Anda para Job Seeker, kami siap membantu Anda dalam menemukan pekerjaan impian sebagai seorang IT Manager. Sedangkan bagi Anda bisnis owner, kami memiliki talenta-talenta terbaik di bidang IT, sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda seperti : IT Consulting, IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, dan sebagainya. 

Dalam hal pengembangan SDM, TOGI turut menyediakan pelatihan kompeten dalam bidang IT dengan rekam jejak yang tersertifikasi demi mengembangkan SDM yang mempunyai pondasi kuat dalam menghadapi tantangan di era digital ini.

TOGI telah memiliki rekam jejak penempatan banyak tenaga-tenaga IT professional maupun layanan IT manage service baik di instansi BUMN maupun swasta. Berbagai testimoni positif dan rasa puas terhadap layanan kami menjadi bukti jika kami adalah yang terdepan dalam hal solusi IT Anda. Jangan ragu ataupun bimbang karenanya. segera hubungi kami di sini untuk informasi dan layanan konsultasi gratis dari TOGI!


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

(Visited 1 times, 1 visits today)