Software Engineer adalah pekerjaan dalam bidang IT yang bertugas untuk menganalisa, spesifikasi, implementasi, rekayasa dan validasi yang nantinya menghasilkan sebuah produk berupa Software yang nantinya akan digunakan untuk memecahkan masalah pada berbagai bidang. Jika Anda tertarik untuk menekuni bidang ini.

Berikut Cara Menjadi Seorang Software Engineer

1. Harus Bisa Coding

software engineer

Image Source : robogarden

Bisa melakukan coding sudah menjadi syarat utama jika Anda ingin terjun kedalam bidang ini. Karena hampir semua perusahaan menguji calon Software Engineer menggunakan kodingan baik itu secara langsung maupun di remote.

2. Memahami Data Structure

Anda diharuskan memahami Data Structure seperti jenis-jenis data structure, pengelompokannya, cara kerja setiap data structure, operasi-operasi dasar seperti push, pop, delete, insert data, dan juga algoritma-algoritma yang diimplementasikan pada method-method Struktur data tersebut. 

Baca juga artikel lainnya : 6 Mitos yang Perlu Kamu Ketahui Untuk Menjadi Seorang Software Developer

3. Menguasai Software Testing

software engineer

Image Source : hashe

Meski proses coding sudah dilakukan dengan sangat baik, tidak menutup kemungkinan akan tetap ada error. Sebagai seorang Software Engineer, akan lebih baik jika Anda dapat melakukan testing untuk melihat error, sebelum kesalahan tersebut merugikan pengguna website atau aplikasi.


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

4. Menguasai Software Debugging

Saat melakukan pekerjaanya, seorang Software Engineer umumnya akan lebih banyak menghabiskan waktunya untuk debugging code dibandingkan dengan coding. Oleh karena itu, sangat penting untuk menguasai Software Debugging. Selain dengan terus belajar, adapun cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuan ini adalah dengan memperbanyak pengalamanmu.

5. Memiliki kemampuan komunikasi

software engineer

Image Source : bitsrc

Software Engineer perlu bekerja dengan berbagai posisi lain, seperti developer, serta klien. Maka dari itu, kemampuan komunikasi, baik secara lisan maupun tulisan, penting dikuasai. Dengan begitu, kamu dapat lebih mudah menjelaskan sesuatu yang teknis dan kompleks kepada orang awam. Terus belajar dari pengalaman merupakan cara yang terbaik menguasai skill ini.

6. Tetapkan Tujuan dan Rencana Anda

Menjadi seorang Software Engineer, menetapkan tujuan dan membuat rencana sebelum memulai perjalanan baru adalah penting. Anda juga harus memiliki visi yang spesifik dan jelas tentang tujuan Anda. Setelah tujuan dan visi Anda sudah ditetapkan, membuat rencana untuk tujuan itu harus menjadi langkah berikutnya. Menetapkan tujuan tanpa rencana yang tepat akan sangat sulit untuk Anda mewujudkannya.

Baca juga artikel lainnya : Apa Keterampilan yang Dibutuhkan Oleh Seorang IT Software Developer ?

7. Memiliki kemampuan berpikir yang terstruktur dengan baik

Image Source : interestingengineering

Seorang Software Engineer juga harus dapat menyelesaikan masalah dengan cara berpikir dan pendekatan yang terstruktur. Pasalnya, masalah dalam perangkat lunak umumnya muncul dari kesalahan kecil saja. Sehingga sebagian besar waktu mungkin dihabiskan untuk memecahkan masalah daripada menulis kode. Kemampuan berpikir terstruktur dan logis akan membantumu menyelesaikan masalah dengan baik.


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


Jika Anda seorang Programmer serta sedang mencari pekerjaan menjadi Programmer, Anda bisa menghubungi kami. Karena ada ribuan lowongan pekerjaan di bidang IT yang menunggu untuk kamu lamar. silakan klik link di bawah ini.

Contact

Phone: 021-21192578, WhatsApp: 08151622988
Email: [email protected]

(Visited 61 times, 1 visits today)