Pesatnya perkembangan teknologi dan digital, mendorong kebutuhan tenaga ahli di bidang IT. Perusahaan besar maupun startup, kini sudah banyak membuka lowongan bagi para lulusan IT. Jika Anda termasuk orang yang senang bekerja sendiri tanpa keterikatan, seorang yang masih menempuh pendidikan IT, atau sekadar ingin mencari pengalaman. Anda juga bisa mencoba pekerjaan sebagai freelance berbasis IT. Berikut beberapa jenis profesi di bidang IT yang bisa Anda coba.

1. Web Developer

Dalam situs khusus pencarian kerja, seringkali perusahaan membutuhkan jasa pengembangan web developer. Dibalik keuntungan dan bayaran tinggi untuk profesi freelancer web developer yang mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah per-tahunnya, pekerjaan ini tidaklah mudah. Dibutuhkan skill dan kreatifitas yang cukup tinggi untuk menekuni pekerjaan ini. Untuk menjadi seorang web developer, pastikan memahami konsep HTTP, dan HTML. Pahami juga JavaScript, SQL database, web server, web hacking, dan server side programming.

2. Desain Grafis

Profesi sebagai freelance desain grafis membuka peluang bagi Anda yang memiliki ketertarikan dalam dunia desain  dan edit gambar. Desain grafis biasanya dibutuhkan oleh perusahaan media cetak dan online, periklanan, dan perusahaan terkait lainnya untuk membuat desain konten, dan mempromosikan produk maupun jasa. 

3. Business Analyst

Kebanyakan pekerjaan business analyst memiliki latar belakang pendidikan di bidang IT. Profesi ini harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, kemampuan berpikir analitis dalam memecahkan masalah, teliti dan akurat, serta memiliki pengetahuan yang luas terkait bisnis.

4. Android Developer

Kesempatan sebagai Android Developer sangat terbuka luas bagi para lulusan bidang IT. Pengembang aplikasi android bertugas untuk membuat, menguji, dan merawat aplikasi secara terus menerus. Hal itu dilakukan agar aplikasi tidak terjadi bug dan dapat dinikmati oleh banyak orang.

5. Animator

Mengingat komik-komik online sudah mulai menjamur, pekerjaan ini membuka kesempatan bagi Anda yang memiliki keahlian dalam menggambar kartun dan kemampuan dalam mengedit gambar. Freelance animator banyak dibutuhkan di perusahaan game, perfilman, dan perusahaan terkait lainnya.

6. Game Developer

Banyaknya pengguna internet dan smartphone meningkatkan minat masyarakat pada suatu aplikasi, seperti mobile games. JIka Anda adalah seorang programmer dan senang membuat game, Anda bisa menjadi seorang freelancer di perusahaan game developer.

7. Blogger

Menjadi seorang blogger membutuhkan kemampuan dalam editing yang mumpuni, serta kreativitas dalam mengelola konten blog. Seorang blogger harus bisa membuat konten blog yang menarik dan berkualitas untuk menambah jumlah visitor. Dalam dunia blogging, pendapatan yang dihasilkan ditentukan oleh visitor dan traffic.

8. Content Writer

Bagi Anda yang memiliki kemampuan literasi, Anda bisa memanfaatkan kemampuan tersebut untuk menjadi seorang freelance content writer. Cukup bermodalkan laptop dan internet saja, Anda sudah bisa mendapat penghasilan. Anda bisa menjadi freelance content writer di berbagai perusahaan media cetak online dan perusahaan yang membutuhkan penulis online.

9. Edit Foto

Kini sudah banyak pekerjaan freelance untuk mengedit foto. Bagi seorang IT, biasanya mengedit foto bukanlah pekerjaan yang sulit. Dengan bermodalkan laptop, aplikasi mengedit foto, printer, kertas foto, bingkai, dan buku album saja sudah bisa menjalankan pekerjaan ini.

10. Jasa Servis

Seorang lulusan IT tentu memiliki kemampuan dasar dalam reparasi barang-barang elektronik. Kemampuan tersebut bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan pendapatan. Service yang bisa dilakukan seperti jasa service  laptop.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan CMS Dalam Website

(Visited 37 times, 1 visits today)