Front End Back End Developer menjadi otak bagi keberhasilan sebuah website atau aplikasi. Keduanya harus bersinergi untuk tampilan akhir yang kuat baik dari segi tampilan atau pun bagian dalam mesinnya. Keduanya termasuk dua jenis pekerjaan yang banyak dibutuhkan perusahaan saat ini seiring dengan kian bertambahnya firma beralih ke dunia digital. Sebelum membahas kriteria dari kedua profesi yang jempolan tersebut, ada baiknya kami membahas pekerjaan umum masing-masing posisi tersebut sebagaimana kami sarikan dari centerklik.com.

Tugas Umum Front End Developer

Front End Back End

Secara garis besar, seorang Front End Developer bertugas membuat tampilan depan situs atau aplikasi yang bersentuhan langsung dengan pengguna. Oleh karena itu, tugas utamanya berkutat bagaimana membuat tampilan situs atau aplikasi yang menarik, responsif dan efisien.

Selain menguasai faktor coding dan bahasa pemrograman, seorang Front End Developer harus bisa menguasai desain website atau aplikasi. Ia harus mempunyai citra seni dan imajinasi bagus agar tampilan antarmuka website segar dan kreatif. Beberapa aspek dalam tampilan antarmuka menarik mencakup ukuran dan warna font, formulir hingga menu dan bentuk dropdown. Tambahan tugas lainnya yakni mempunyai fokus utama detail teknis cara menghidupkan aplikasi sebuah website.

Tanggung Jawab Back End Developer

Sementara Front berjaga di “depan”, Back Developer menangani bagian “belakang” atau sisi mesin dari sebuah website atau aplikasi. Ia bertugas mendefinisikan logika internal sebuah website.

Setiap back end dari sebuah situs mencakup tiga aspek: server, database dan aplikasi. Dan bertugas untuk membuat kode yang memungkinkan ketiga bagian tersebut berinteraksi dan bekerjasama melakukan fungs dan meneruskan informasi ke pengguna akhir.

Front End Developer yang Banyak Diincar

Setelah mengetahui tugas utama di atas, berikut keahlian khusus atau poin ekstra yang membuat keduanya tentu terlihat berharga di mata perusahaan atau klien.

Bagi seorang Front End Developer, penting baginya menguasai bahasa utama front end, yakni HTML, CSS dan JavaScript secara optimal. HTML sendiri adalah suatu bahasa markup untuk menggambarkan struktur dan konten dari suatu halaman website. CSS merupakan suatu bahasa style sheet yang bekerjasama dengan HTML guna menggambarkan rancangan dan tampilan halaman website. Sedangkan JavaScript berarti bahasa pemrograman untuk membuat hubungan interaktivitas dan konten dinamis pada halaman website.

Kemudian, ada baiknya seorang Front End Developer menguasai berbagai kerangka kerja dan Pustaka untuk mempermudah dalam menulis dan mengatur kode front end mereka. Beberapa kerangka kerja yang terkenal adalah Bootstrap, jQuery, AngularJS dan React (untuk JavaScript), plus Sass dan LESS (untuk CSS). Pastikan Anda sebagai seorang Front End Developer bisa memakai desain mobile-first atau responsif agar halaman situs tampil bagus di semua jenis perangkat.

Back End Developer adalah dambaan yakni ketrampilan umum dan ekstra yang wajib dikuasai. Seorang Back End Developer harus mengerti bahasa pemrograman penting, seperti JavaScript, Phyton, Ruby dan PHP.  

Seorang Back End harus cakap memakai kerangka kerja dan perpustakan agar rincian teknis tetap berada pada tingkat rendah. Dengan demikian, ia dapat lebih berfokus pada tugas pada tingkatan yang lebih tinggi sesuai perintah.

Poin plus bagi seorang Back End adalah akrab memakai teknologi database, seperti Oracle, Microsoft SQL Server dan MySQL. Menguasai teknologi tersebut akan membantu dalam menulis logika bisnis atau serangkaian aturan ke dalam kode back-end. Seorang Back End memakai aturan tersebut untuk mendikte cara membuat model database dan menulis database.

Mereka perlu menambahkan kemampuan ekstra, seperti HTTP Request, gaya arsitektur REST dan bagaimana agar klien dan server bisa berkomunikasi melalui internet. Pelajari pula konsep pola arsitektur framework model-view-controller atau MVC, platform as a service atau PaaS, seperti AWS dan Heroku serta sistem kontrol versi, seperti Git.

Apakah anda tertarik dan mencari lowongan Front End Developer? Anda bisa mencoba untuk mengirim cv anda dan bergabung dengan TOG Indonesia. Dengan begini, anda akan membuka lebar peluangmu untuk bekerja diperusahaan besar dan membantumu untuk terus mengembangkan karier. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya : Tugas Front End Developer yang Wajib Dikerjakan Agar Dapat Gaji Tinggi



Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


(Visited 78 times, 1 visits today)