Front-End vs Back-End Developer Anda pasti pernah mendengar atau melihat perusahaan yang membuka lowongan kerja untuk front-end developer dan back-end developer, namun apakah Anda sudah paham mengenai perbedaan dari keduanya?

Front-End vs Back-End

Berikut perbedaan mengenai Front-End vs Back-End Developer

Front-End Developer

Front-End vs Back-End

Front-end pada sebuah website merupakan bagian yang langsung dilihat oleh user. User juga bisa langsung berinteraksi pada bagian ini. Bagian ini dibangun menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript.

Anda bisa menciptakan sebuah website hanya dengan menggunakan HTML dan CSS, tetapi yang benar-benar akan membuat website Anda tampil menarik adalah dengan menggunakan JavaScript. Dengan JavaScript, kamu bisa melakukan banyak hal, seperti interaktifitas, animasi yang lebih kompleks, dan bahkan Anda juga bisa membuat fully feature web application.

Tugas front end developer adalah merealisasikan desain kreatif nan imajinatif dari sang UI/UX designer dan memastikan konten yang ditampilkan di browser pengguna berjalan sesuai desain disepakati.

Header yang menggeser ke samping atau yang disebut slider, ikon menu yang berubah saat di-scroll, serta animasi-animasi lucu dan menggemaskan yang membuat kita ingin mencubit layar monitor adalah fitur yang ditulis dengan kode pemrograman oleh sang front-end developer. Front end developer adalah orang yang akan bertanggung jawab atas semua kode yang dikirim dari server dan diterima oleh browser masing-masing pengguna.

Untuk menjadi seorang front end developer, Anda bisa mempelajari bahasa mark up seperti HTML dan CSS serta bahasa pemrograman JavaScript. JavaScript mempunyai banyak library dan framework seperti jQuery, AngularJS, ReactJS, dan lain-lain. Seorang front end developer harus mengerti bagaimana cara kerja dari RESTful Service dan API. RESTful sangat dibutuhkan ketika Anda ingin menghubungkan web kita dengan aplikasi web lain seperti Facebook atau Twitter.


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

Back-End Developer

Front-End vs Back-End

Back-end merupakan bagian belakang layar dari sebuah website. Bahasa pemograman untuk back-end development sangat beragam, diantaranya adalah PHP, Ruby, Python, dan banyak lainnya.

Ketika dummy website sudah dibuat dan berjalan semestinya di browser masing-masing pengguna, saatnya back end developer mengambil alih tanggung jawab. Kode HTML, CSS, dan JavaScript untuk setiap jenis atau bagian halaman dipecah lagi agar dapat dijadikan semacam template. Bagian footer yang pasti ada di setiap jenis halaman misalnya, kita tidak perlu menulis kode footer tersebut berulang-ulang setiap akan membuat halaman baru. Di sinilah peran back end developer diperlukan.

Back end developer bertanggung jawab memprogram server agar mengirimkan dokumen (dalam hal ini HTML, CSS, dan kode JavaScript) ke browser pengguna setiap kali pengguna memintanya melalui http request. PHP, JavaScript, Python, dan Ruby merupakan bahasa pemrograman yang biasanya dipakai di server.

Back end developer juga akan sering berkutat dengan database dan manajemen konten di suatu website. Bentuk dari tanggung jawab tersebut yang paling bisa dilihat adalah Content Management System (CMS). CMS mirip dengan aplikasi blogging sehingga memudahkan admin web untuk mengisi konten tanpa harus menuliskan kode HTML maupun CSS. 

Back end developer tidak selalu membuat sendiri CMS website yang sedang mereka kembangkan. Banyak dari back end developer yang memakai CMS yang dikembangkan oleh pihak ketiga seperti WordPress yang merupakan CMS open source yang bisa di install. Tak hanya itu, seorang back end developer juga bertanggung jawab memastikan keamanan sebuah web


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


Itulah penjelasan mengenai Front-End vs Back-End Developer. Bagian paling menarik dari web development adalah mereka akan terus berkembang. Apa yang dimaksud sebagai “front-end” atau “back-end” pada saat ini, pasti akan mengalami perubahan secara drastis dalam beberapa tahun ke depan. Mempelajari keduanya akan membuat Anda lebih mempunyai nilai, gampang beradaptasi, dan berpandangan ke depan.

Jika Anda seorang Programmer dan sedang mencari pekerjaan menjadi Programmer, Karena ada ribuan lowongan pekerjaan di bidang IT yang menunggu untuk Anda lamar. silakan klik link di bawah ini.

Contact

Phone: 021-21192578, WhatsApp: 08151622988
Email: [email protected]

(Visited 46 times, 1 visits today)