Masih ada yang bingung dengan istilah head hunter dan kepada siapa mereka bekerja. Ada yang menyalahkaitkannya dengan perekrut atau bagian dari tim pencari karyawan perusahaan. Untuk memperjelas, artikel ini akan membahas head hunter adalah beserta tugas dan manfaat profesi ini.

Selain masih sering mengaitkannya dengan profesi di atas, head hunter bahkan ada yang menyebutnya sebagai pihak pembuat keputusan besar, hingga manajer yang merekrut karyawan. Berikut penjelasan yang sebenarnya.

Apakah yang dimaksud dengan head hunter?

Head hunter adalah spesialis dan perekrut handal yang bekerja secara mandiri dan bukan dari perusahaan perekrutan karyawan. Sebagaimana kami ambil dari recruitee.com, mereka bertugas mencari kandidat premium untuk posisi tinggi.

Umumnya, mereka ingin mencari kandidat untuk mengisi posisi dengan kompetensi khusus dan sangat terampil, seringkali pada level eksekutif. Bahkan seringkali, posisi ini tidak diiklankan melalui saluran rekrutmen yang ada pada umumnya.

Peran eksekutif seringkali terlalu sensitif untuk ditampilkan pada laman rekrutmen atau situs pencarian kerja. Itulah mengapa untuk mendapatkan kandidat ini, perusahaan membutuhkan spesialis yang bisa mengidentifikasi dan membujuk kandidat terkuat untuk berganti perusahaan.

Bagaimana alur kerja seorang headhunter?

Setelah mengetahui definisi head hunter adalah di atas, berikut alur kerja mereka. Disebabkan fokus mereka dalam mencari kandidat untuk posisi atas, mereka akan sering bekerja dalam tenggat waktu yang ketat.

Mereka haruslah mempunyai alur kerja yang cepat untuk bisa mengecek resume dalam beberapa detik. Ini berguna untuk menentukan siapa yang layak dan kurang pas bekerja pada posisi yang sedang dibutuhkan.

Kriteria lainnya, head hunter harus mempunyai keahlian membujuk tingkat tinggi. Agar bisa menarik hati kandidat eksekutif, mereka diharapkan dapat menjelaskan pengalaman bekerja di kantor yang akan diisi semenarik mungkin sehingga kandidat akan sulit untuk menolaknya.

Itulah sebabnya head hunter adalah spesialis. Mereka mencari secara lebih mendetail dibandingkan agen perekrutan tradisional pada umumnya. Mereka benar-benar mempelajari pengalaman kandidat melampaui yang biasanya dilakukan perekrut umumnya.

Berikut alurnya:

1. Menganalisa peran

Agar memahami harapan kandidat, head hunter juga harus mengerti apa yang dibutuhkan oleh perusahaan. Itu artinya ia harus mengerti peran dan detail kontrak, perusahaan, budaya perusahaan, dan banyak informasi rahasia. Hanya dengan benar-benar memahami kebutuhan perusahaan, head hunter bisa melacak dan membujuk kandidat yang terbaik untuk posisi tersebut.

2. Mendapatkan kandidat yang potensial

Head hunter adalah orang yang paham cara menggunakan informasi yang lengkap untuk mencari kandidat premium. Yang artinya, mereka akan menggali referral, mencari peran yang sama atau sejenis pada perusahaan lainnya, media sosial, berjejaring dalam acara industri terkait hingga bertemu dengan kenalan. Semuanya dilakukan agar memperoleh kandidat yang potensial untuk posisi top yang dimaksud.

3. Mengerucutkan kandidat

Setelah memperoleh daftar kandidat potensial, berikutnya head hunter akan mengerucutkan daftar tersebut menjadi beberapa nama saja yang paling berpeluang memenuhi harapan klien.

4. Menghubung kandidat

Dengan daftar kandidat yang lebih sedikit, head hunter kemudian akan menghubungi kandidat tersebut, hingga membuat janji bertemu. Di kesempatan itulah, mereka bisa menjelaskan poin positif posisi tersebut ke kandidat yang paling berpotensial.

5. Membuat daftar pendek untuk diserahkan ke klien

Setelah wawancara dan pengecekan latar, head hunter kemudian merangkumnya menjadi daftar pendek kandidat utama untuk diserahkan ke klien. Jika dibutuhkan, mereka akan menyusun agenda wawancara klien dengan kandidat dan bahkan membantu proses orientasi.

Apa perbedaan head hunter dengan perekrut?

Setelah mengetahui head hunter adalah, berikut kami berikan perbedaannya dengan perekrut atau recruiter. Keduanya mempunyai banyak persamaan. Perbedaan di antara keduanya terletak pada kepada siapa mereka bekerja dan level penetapannya.

Seorang perekrut biasanya hampir selalu bekerja untuk perusahaan yang ingin mempekerjakan staf baru. Mereka akan menjadi bagian dari tim rekrutmen, terkait erat dengan divisi Sumber Daya Manusia, atau manajer tim yang bertanggung jawab dalam mempekerjakan karyawan.

Bagian dari peran perekrut seringkali berarti mereka mengelola posisi dalam perusahaan, memindahkan staf ke posisi baru dan mengisi posisi lowong dengan anggota tim yang baru.

Sedangkan head hunter bekerja secara mandiri yang mereka sebut sebagai klien atau atas nama agensi. Posisi yang mereka ingin isi adalah posisi spesialis dengan level atas. Kandidat yang mereka ajukan akan mempunyai tanggung jawab yang besar dan berperan penting.

Head hunter Indonesia melakukan riset yang intens dan luas untuk mendapatkan kandidat yang tepat. Mereka mencari kandidat yang memang tanpa cela sedangkan perekrut lazimnya akan menempatkan iklan pada saluran yang umumnya ada. Tujuannya, mengisi beragam peran pada saat yang bersamaan.

Demikian penjelasan head hunter adalah beserta fungsi dan kegunaan mereka bagi perusahaan. Semoga bermanfaat dalam mencari head hunter Jakarta atau kandidat yang paling sesuai untuk perusahaan Anda.

Baca juga: Perhatikan Hal ini Sebelum Memilih Perusahaan Headhunter IT

TOG Indonesia Adalah Salah Satu Perusahaan IT Solution Terbaik di Indonesia

TOGI (Triple One Global Indonesia) merupakan perusahaan IT Solution bagi setiap bisnis yang ingin berkembang dengan pesat. Dalam menghadapi tantangan global di era industri 4.0, TOGI siap memberikan solusi layanan IT yang dibutuhkan oleh semua perusahaan supaya dapat bersaing ketat dalam ekonomi digital yang sangat diperlukan untuk proses bisnis kedepannya. Kami memberikan layanan IT solution terpadu kepada Anda dengan tenaga-tenaga profesional IT yang berpengalaman.

Bagi Anda para Job Seeker, kami siap membantu Anda dalam menemukan pekerjaan impian sebagai seorang Programmer. Sedangkan bagi Anda bisnis owner, kami memiliki talenta-talenta terbaik di bidang IT, sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda seperti : IT Consulting, IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System.


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

(Visited 1 times, 1 visits today)