Apa itu head hunter? Apakah Anda sudah tahu istilah head hunter? Di Indonesia sendiri, telah hadir beberapa bisnis layanan head hunter yang memiliki rekam kerja dan kredibilitas tinggi di bidangnya. Sebut saja salah satunya adalah Triple One Global Indonesia (TOGI).

TOGI merupakan salah satu perusahaan IT Solution bagi setiap kebutuhan layanan bisnis Anda termasuk akan kebutuhan talenta yang profesional untuk mengisi kekosongan posisi khususnya bidang Informasi Teknologi (IT) pada bisnis yang Anda jalankan. Talenta yang kami tempatkan, merupakan tenaga kerja di bidang IT yang berkompeten di bidangnya dan telah tersertifikasi secara profesional, demi mengembangkan bisnis Anda sesuai target di masa depan.

Kebutuhan tenaga kerja profesional di dalam perusahaan merupakan hal yang paling penting, sebab SDM adalah mesin penggerak utama di dalam sebuah bisnis. Namun proses perekrutan seorang talenta tidak selalu berjalan mulus. Dalam kasus tertentu, perusahaan dapat mengalami kesulitan dalam menemukan talenta yang tepat untuk mengisi posisi tertentu. Itulah saatnya perusahaan menggunakan layanan headhunter Indonesia

Apakah Itu Head hunter? 

Head hunter adalah sebuah perusahaan, agensi, ataupun individu yang bergerak di bidang  perekrutan pekerja. Tetapi, mereka tidak menawarkan layanan perekrutan pekerja biasa. Layanan head hunter, lebih mengkhususkan untuk menemukan talenta atau kandidat karyawan untuk mengisi posisi tertentu. Talenta atau kandidat yang direkrut oleh head hunter pasti memiliki kemampuan atau skill yang dibutuhkan untuk posisi tersebut. Tidak heran jika head hunter juga memiliki nama lain untuk layanannya yaitu executive recruiter atau perekrut eksekutif.   

Adapun proses perekrutan yang  dilakukan oleh head hunter, memiliki proses yang berbeda dengan proses perekrutan pada umumnya. Pada umumnya di Indonesia, dalam menemukan talenta yang tepat para head hunter akan mencari tahu calon-calon talenta secara lebih menyeluruh. Mereka akan menemukan talenta melalui pemanfaatan networking yang dimiliki dalam menyaring atau memfilter calon-calon talenta potensial. Bahkan, rata-rata head hunter menggunakan sosial media untuk menemukan talenta atau kandidat yang dibutuhkan oleh kliennya.  

Manfaat Head Hunter Bagi Sebuah Bisnis 

Tentu dari penjelasan di atas, dapat diketahui jika peranan head hunter dalam sebuah proses perekrutan karyawan, sangat penting. Terdapat banyak manfaat yang dapat diambil, apabila menggunakan layanan head hunter Indonesia dalam proses perekrutan karyawan baru. Tentu bisnis Anda akan sangat terbantu dengan menggunakan layanan head hunter ini.

Memiliki tenaga kerja yang profesional mutlak dimiliki oleh sebuah bisnis, apabila ingin bisnisnya berkembang secara cepat. Lantas, apakah alasannya sebuah perusahaan harus merekrut talenta melalui layanan head hunter?

Berikut ini beberapa manfaat yang akan Anda ambil, ketika bisnis Anda menggunakan layanan head hunter.

1. Tim Profesional Yang Penuh Dedikasi

Manfaat yang pertama adalah, Anda akan menemukan tim-tim profesional yang penuh dedikasi di bidangnya. Tim yang bergabung di dalam perusahaan head hunter, memiliki latar belakang spesialisasi pada bidang tertentu, misalnya IT. Oleh sebab itu, dipastikan perusahaan head hunter telah mengetahui dengan pasti dan seksama seperti apa talenta atau kandidat yang dibutuhkan oleh kliennya. Di samping itu, perusahaan head hunter juga memiliki pengaruh yang kuat, sehingga dapat bernegosiasi dengan calon kandidat dengan kualifikasi terbaik untuk dapat bergabung di bawah naungan perusahaan head hunter. Pada perusahaan head hunter terdapat layanan tim match recruitment, yaitu tempat untuk berkonsultasi dengan para konsultan di dalamnya demi mendapatkan kriteria calon karyawan dengan skill yang dapat mendongkrak produktivitas bisnis Anda.

2. Mendapatkan Talenta atau Kandidat Terbaik

Manfaat selanjutnya adalah Anda akan dapat mendapatkan talenta atau kandidat yang terbaik. Perusahaan head hunter di Indonesia seperti TOGI telah dikenal dengan reputasi baiknya dalam merekrut talenta atau kandidat yang memiliki spesialisasi khusus di berbagai bidang seperti IT. Sehingga Anda akan lebih mudah dalam menemukan kandidat karyawan yang tepat sesuai dengan skill dan bidang yang bisnis Anda butuhkan. Tidak hanya itu saja, umumnya perusahaan head hunter di Indonesia memiliki circle atau lingkaran pergaulan dan jaringan yang didominasi oleh orang-orang yang berpengalaman di dalam bidang tertentu. Sehingga bukan tidak mungkin, jika Anda dapat menemukan kandidat terbaik dan hebat dengan kualifikasi unggulan untuk bergabung dan membangun bisnis Anda dengan cerah.

3. Mempermudah Proses Rekrutmen

Manfaat menggunakan layanan head hunter demi bisnis Anda selanjutnya adalah dapat meringankan tugas dari divisi Human Resource (HR) dalam bisnis Anda. Sebab HR memiliki tugas yang berbeda dari head hunter. HR memiliki tanggung jawab yang cukup banyak, mulai dari pengadaan rekrutmen karyawan, hingga mengurusi kebutuhan administrasi karyawan yang berada di dalam sebuah bisnis atau perusahaan.

Adapun proses perekrutan yang dilakukan tim HR biasanya dengan membuka lowongan kerja secara terbuka dan membuat ratusan bahkan ribuan CV pelamar membanjiri ruangan HR. Membaca satu persatu CV dan memberikan keputusan yang tepat, tentunya merupakan hal yang sulit dilakukan. Terlebih, hasil akhir dari proses perekrutan belum tentu memuaskan.

Itulah mengapa banyak bisnis kini menggunakan layanan head hunter Indonesia. Anda sebagai pemilik bisnis hanya perlu memberikan detail informasi kualifikasi kandidat karyawan yang Anda butuhkan kepada pihak head hunter. Kebutuhan informasi itu meliputi job description, skill khusus yang harus dimiliki, dan lain-lain. Kemudian pihak head hunter akan segera melakukan proses pencarian kandidat dan perekrutan. Sehingga Anda dapat berfokus kepada pengembangan bisnis yang Anda kelola. Nantinya, pihak perusahaan hanya perlu melakukan tes wawancara kepada kandidat terbaik yang telah diajukan oleh pihak head hunter.

Baca juga: Pentingnya Menggunakan Jasa Headhunter IT Di Jakarta

4. Dapat Mempersingkat Proses Rekrutmen

Pada saat mencari karyawan untuk mengisi posisi strategis dalam bisnis, sebuah perusahaan dapat mengalami kekosongan hingga berbulan-bulan. Apalagi, jika talenta atau kandidat terbaik itu tidak kunjung ditemukan. Sehingga kekosongan posisi penting seperti direktur atau manajer, apalagi dalam kurun waktu yang lama, akan dapat menghambat produktivitas perusahaan. Sedangkan apabila terburu-buru dalam mengambil kandidat seadanya yang tidak berkompetensi, tentunya akan mengakibatkan kerugian waktu dan materi.  

Beda cerita apabila Anda menggunakan layanan head hunter, maka Anda akan dapat menghemat waktu rekrutmen. Proses perekrutan karyawan yang memakan waktu yang lama, akan menjadi jauh lebih singkat. Di dalam pencarian kandidat, head hunter akan mengerahkan segenap kemampuan dalam melakukan riset dan juga networking yang dimiliki untuk menemukan kandidat yang tepat. Yang luar biasa adalah, head hunter dapat menemukan kandidat karyawan ideal untuk bisnis Anda hanya dalam hitungan minggu.

5. Proses Rekrutmen Yang Bebas Resiko

Yang sering terjadi apabila sebuah perusahaan melakukan perekrutan mandiri karyawannya adalah memiliki resiko. Contoh, calon kandidat yang Anda pilih ternyata tidak memiliki kualifikasi sesuai dengan ekspektasi. Atau juga dapat menghabiskan waktu Anda dalam melakukan proses perekrutan tanpa menghasilkan apapun. Hal ini tidak akan terjadi apabila Anda menggunakan layanan head hunter.

Hal ini karena, sebuah perusahaan head hunter tidak akan mempertaruhkan kredibilitasnya demi hasil yang tidak maksimal. Head hunter tentu saja tidak akan merekomendasikan asal-asalan seorang kandidat kepada kliennya.  Head hunter juga akan melakukan proses seleksi yang lebih ketat kepada kandidat, karena mereka ingin memastikan klien perusahaan mendapatkan kandidat karyawan yang dibutuhkan. Bahkan cukup banyak perusahaan head hunter yang menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI), sehingga analisis kandidat karyawan pun akan semakin akurat.

Tidak hanya itu saja, rata-rata perusahaan head hunter atau head hunter individual juga memberikan suatu garansi yang dapat digunakan. Apabila kandidat karyawan yang mereka rekomendasikan ternyata tidak mampu menjalankan perannya atau pekerjaannya dengan baik. Maka pihak head hunter akan menukarnya dengan kandidat lain yang memiliki kualifikasi baik. Namun, rentang waktu berlakunya garansi berbeda-beda. Anda dapat menanyakan langsung kepada head hunter langsung sebelum menggunakan jasa mereka

6. Senjata Rahasia Perusahaan

Layanan head hunter di Indonesia dapat menjadi sebuah senjata pamungkas bagi bisnis yang menginginkan talenta atau kandidat terbaik. Misalnya saja Anda menginginkan posisi seperti direktur, manajer ataupun posisi strategis lainnya untuk diisi oleh orang-orang yang benar-benar berkualifikasi.

Pada umumnya, perusahaan memutuskan untuk tidak membuka lowongan bagi posisi seperti ini secara terbuka. Nah, hal ini dapat Anda maksimalkan proses untuk perekrutan ini dengan menggunakan layanan head hunter. Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan tim konsultan head hunter untuk meramu kualifikasi terbaik bagi sosok karyawan yang krusial tersebut. Head hunter memiliki peranan strategis sebagai seorang konsultan karir. Sehingga, mereka dapat memberikan masukan-masukan yang dapat menyempurnakan kualifikasi pada karyawan yang bersangkutan.

Baca juga: Perhatikan Hal ini Sebelum Memilih Perusahaan Headhunter IT

Penutup

Dengan mengetahui kelebihan dari layanan head hunter di Indonesia ini, maka proses perekrutan karyawan baru tentunya akan terasa lebih mudah. Dengan demikian, peluang mendapatkan talenta atau kandidat terbaik menjadi terbuka lebar. Beberapa hal di atas tentunya menjadi dapat menjadi pertimbangan bagi Anda ketika hendak mencari talenta atau kandidat terbaik demi mengisi kekosongan posisi krusial di dalam bisnis yang Anda kelola. Semoga bermanfaat ya Sahabat TOGI!


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

(Visited 1 times, 1 visits today)