Mau melamar kerja sebagai front-end developer? Nah, apa saja sih persiapan Anda untuk menghadapi pertanyaan seputar interview kerja untuk mendapatkan pekerjaan impian bidang front-end developer?

Ternyata, ada beberapa hal yang menentukan seseorang dapat lolos interview kerja di suatu perusahaan. Salah satunya tentu pengetahuan bidang yang dilamar harus dikuasai dengan baik. Karena hal ini akan menjadi salah satu perhatian HRD ketika menginterview kandidat.

Di dalam interview seorang kandidat harus menunjukkan potensinya yang kuat. Tidak boleh kelihatan ragu ataupun mencoba berkata tidak jujur. Karena pihak pewawancara tahu mana yang jujur dan tidak. Lantaran banyak pelamar kerja, para pewawancara pun sering kali bingung dalam menentukan kandidat yang tepat. Hal ini bukan hanya dipengaruhi oleh jenjang pendidikan, namun juga kepribadian serta motivasi diri para pelamar pekerjaan yang terkadang belum siap.

Apabila Anda adalah salah satu yang sedang melamar pekerjaan bidang IT front-end developer, tidak perlu khawatir! Dengan mempelajari 10 tips persiapan interview front-end developer berikut ini, akan membuat Anda lebih mudah untuk memperoleh pekerjaan yang diimpikan. Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Mau Lolos Interview Front-End Developer? Wajib Bisa Jawab 10 Pertanyaan Ini

Interview Front-End Developer

1. Apa yang dimaksud dengan Version Control System (VCS)?

Version Control System (VCS) adalah sebuah sistem kendali yang berupa program yang merekam segala perubahan pada sekumpulan berkas, sehingga memudahkan pengembang untuk dapat mengembalikan suatu berkas ke versi sebelumnya. Dengan adanya VCS dalam sistem kerja front-end developer maka akan dapat menjamin bahwa seluruh anggota dalam tim pengembang mampu mengerjakan versi berkas yang terbaru atau termutakhir.

2. Keterampilan apa saja yang dibutuhkan seorang front-end developer?

Seorang front-end developer memiliki kewajiban untuk bisa mengubah data berupa kode menjadi tampilan antarmuka yang ramah pengguna. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan Cascading Style Sheets (CSS), HyperText Markup Language (HTML), JavaScript, dan sebagainya. Tak hanya itu, seorang front-end developer juga diharapkan memiliki kemampuan dalam menyelesaikan masalah.

3. Bagaimana cara Anda memastikan bahwa desain jejaring sosial media maupun aplikasi website Anda mudah diakses dan ramah pengguna?

Pertanyaan ini pada umumnya ditanyakan guna mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman seorang calon front-end developer tentang kegunaan dan aksesibilitas sebuah produk bagi pengguna. Anda dapat menjawabnya dengan menjelaskan bahwa Anda akan memeriksa dan menguji kembali aplikasi web di berbagai jenis browser dan perangkat untuk memeriksa user experience. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan dengan menjelaskan langkah solutif yang dilakukan agar produk dapat digunakan serta diakses oleh semua calon pengguna.

4. Sebutkan perbedaan teknis antara Centralized dengan Distributed Version Control System (DVCS) ?

Centralized adalah Penyimpanan semua versi berkas di server pusat yang dapat diakses oleh pengguna dari lokasi yang berbeda. Akan tetapi prosesnya dapat gagal apabila server rusak kemudian memiliki hambatan untuk melakukan pekerjaan secara offline.

Sedangkan Distributed Version Control System (DVCS) adalah Sistem yang mendukung cara kerja setiap pengguna untuk memiliki repository dan salinan berkas dari pekerjaan mereka sendiri. Namun, prosesnya tetap bisa berjalan meski server rusak karena pengembang memiliki salinan berkas yang lengkap di sistem lokal serta lebih fleksibel dan tidak memiliki hambatan untuk melakukan pekerjaan secara offline karena memiliki lokasi cadangan.

5. Apa perbedaan antara DIV dengan SPAN?

Sebagai seorang front-end developer, Anda dapat menjelaskan perbedaan DIV dan SPAN sebagai berikut:

DIV:

  • Diperuntukkan dalam mengklasifikasikan elemen yang berupa block-line dan line break
  • Berisikan komponen global untuk elemen tertentu dalam file HTML
  • Penggunaan tag <p> diletakkan pada bagian dalam tag <div>
  • Tag div menggunakan batas dengan tinggi lebar atau kualitas warna yang dipilih untuk menata berkas front-end

SPAN:

  • Digunakan untuk mengklasifikasikan elemen satu baris dalam file HTML
  • Meliputi atribut tertentu yang berdasarkan komponen global dan event attributes
  • Tag <span> digunakan dengan gaya CSS atau kata-kata tertentu dengan pilihan bentuk tertentu
  • Tag span digunakan pada kode pewarnaan dalam menggambarkan berkas front-end

6. Jelaskan bagaimana cara menata CSS dan JavaScript supaya dapat memudahkan kerjasama antar pengembang?

Front-end developer secara umum bekerja sama dengan tim pengembang lain dalam mengerjakan pengkodean. Pertanyaan ini adalah skema bagaimana tim tersebut mampu mengerti dan memahami tahapan pembuatan situs web maupun aplikasi web yang Anda buat.

Sebelum menjawab pertanyaan ini, sebaiknya memahami terlebih dahulu tujuan pertanyaan tersebut yaitu sebagai cara untuk mengetahui sejauh mana pengalaman calon front-end developer dalam mengorganisasikan kode dan komentar kode secara terintegrasi. Tak hanya itu, Anda juga dituntut untuk mampu menjelaskan bagaimana proses pengkodean harus dilakukan dengan cara yang sinergis.

Yang harus Anda Jawab adalah dengan menjelaskan bahwa Anda mengatur stylesheet dengan membagi setiap komponen situs. Pada setiap bagian komponen situs terdapat beberapa komentar yang dapat dibaca dan dipahami oleh pengembang lain sehingga proses pengkodean bisa dioperasikan secara kolaboratif.

7. Jelaskan Pengertian Git Push dan Git Pull?

Git Push adalah perintah untuk mendorong isi repository lokal ke repository jarak jauh untuk membagikan proyek secara terdistribusi. Sedangkan Git Pull adalah perintah untuk menarik perubahan dari repository jarak jauh serta menyatukannya ke dalam penyimpanan lokal dan terdapat dua perintah, yaitu fetch dan merge.

Baca juga: Apa itu GIT dan Mengapa Penting bagi Developer?

8. Apa itu React JS?

React JS adalah sekumpulan kode JavaScript yang dipergunakan dalam membangun tampilan antarmuka, terutama untuk aplikasi dengan basis satu halaman. React JS pun dipergunakan dalam membangun lapisan tampilan aplikasi web dan ponsel. Kegunaan React JS adalah memudahkan pengembang agar dapat membangun aplikasi web besar yang bisa merubah data tanpa perlu memuat ulang halaman. Keunggulannya adalah cepat, terukur, dan mudah.

9. Jelaskan teori float CSS serta berikan contoh penggunaannya!

Float CSS adalah sebuah elemen yang memberikan informasi kepada browser untuk menempatkan elemen tertentu di sisi kanan maupun kiri pada sebuah container. Float CSS digunakan dalam mengembangkan halaman web secara efisien dan dapat mengubah ukuran website berdasarkan resolusi pengguna akhir.

10. Apa saja keunggulan dari layanan web REST?

REST adalah Representational State Transfer atau pola arsitektur untuk memberikan standar antara sistem komputer pada web agar dapat memudahkan sistem tersebut dalam berkomunikasi satu sama lain. Keunggulan REST adalah:

  • Mempunyai kurva pembelajaran yang simpel karena berada dalam protokol HTTP
  • Penggabungan aplikasi dapat dilakukan secara langsung karena tidak memiliki kontrak jelas antara server dengan klien
  • Mudah diuji coba di dalam browser
  • Mendukung berbagai teknologi seperti JSON, XML, dan lainnya
  • Relatif lebih mudah digunakan

Nah, itulah 10 pertanyaan umum yang diberikan pada saat interview front-end developer yang perlu Anda catat dan pelajari sebelum menjalani proses interview. Meski Anda sudah menguasai beberapa aspek teknis, namun tata cara komunikasi dalam proses interview pun perlu dikuasai. Sebab, komunikasi merupakan hal yang paling utama dalam penyampaian kemampuan teknis Anda dengan penguasaan verbal yang baik untuk ditunjukkan kepada pewawancara. Nah, semoga berhasil ya, Sahabat TOGI!

Dapatkan berbagai informasi tentang karir dan peluang kerja melalui TOGI, karena kami adalah perusahaan HR dan IT terkemuka di Indonesia. Kami menjadi solusi pencari kerja dan pemberi kerja untuk menghadapi tantangan di era ekonomi digital. Dengan mendaftar di TOGI, sebagai pelamar Anda berpotensi untuk direkrut oleh berbagai perusahaan ternama di Indonesia. Mau tahu lebih banyak terkait layanan TOGI? Hubungi kami di sini ya!


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

(Visited 1 times, 1 visits today)