Berkah dari pesatnya pemakaian bahasa pemrograman Java adalah munculnya level karir Java Developer. Setidaknya ada tiga jenjang, yakni awal, junior dan senior dalam profesi ini yang tergantung dari sekolah, pengetahuan dan pengalamannya tentang Java.

Klasifikasi tersebut muncul dengan menilik lowongan karir Java Developer pada perusahaan berbasis Informasi dan Teknologi. Firma tersebut mencari kandidat untuk posisi yang berbeda-beda yang berimbas pada persyaratan yang beragam tergantung pada level yang diminta.

Tahapan Karir Java Developer

Karir Java Developer

Level Awal

Bisa disebut sebagai Java Developer pemula. Biasanya ini merujuk pada mereka yang baru saja lulus dari universitas. Perusahaan akan menilai biasanya developer pada tahap ini masih hijau atau minim pengalaman. Anggapan ini kemungkinan tidak berubah meskipun Anda mempunyai banyak sertifikasi terkait Java selama kuliah.

Tidak perlu berkecil hati. Sudah sewajarnya karir Java Developer bermula dari bawah. Ini berlaku untuk pekerjaan apa pun. Pada level karir ini, seorang Java Developer pemula wajib menguasai pengetahuan tentang Java. Ia belum lihai dalam memahami alur kerja dalam perusahaan.

Firma pun kemungkinan belum akan memberikan jenis pekerjaan yang mewajibkan Java Developer pada jenjang ini mengerjakan tugas dengan komunikasi lintas sektor, dengan mitra kerja, atasan hingga klien proyek tertentu. Manfaatkan jenjang ini untuk banyak menimba ilmu dan belajar mengasah etos kerja. Dengan pengetahuan teknis yang semakin banyak dan dapat dipercaya, karir Java Developer pemula akan perlahan bersinar dan naik.

Beberapa jenis pekerjaan pada level ini mencakup Analisa persyaratan spesifik dan membuat penyesuaian yang dibutuhkan untuk aplikasi Anda. Tugas lainnya berupa pengujian perangkat lunak untuk bug dan menghilangkan semua bug yang ditemukan. Jangan lupa untuk mengasah kemampuan komunikasi Anda.

Level Junior

Apa sih bedanya level pemula dengan level junior?

Faktor pembedanya terletak pada pengalaman dimana Java Developer junior mempunyai pengalaman lebih banyak dan lebih lama dibandingkan dengan level pemula. Java Developer biasanya lebih lama mengutak-atik Java dibandingkan level pemula. Mempunyai pengalaman lebih lama di sini bukan berarti harus gonta-ganti pekerjaan. Anda bisa saja bekerja pada segelintir perusahaan saja tetapi yang memang mewajibkan Anda seringkali menggunakan Java sehari-hari. Ada perusahaan yang lebih memilih Java Developer pada tahap ini sebab potensi ketrampilan yang ia miliki.

Karir Java Developer pada tahap ini akan mewajibkan Anda mempunyai pola pikir kritis, mempunyai basis data pengetahuan, cermat dalam merancang dan mengatur waktu. Karirnya kemungkinan besar akan menempatkan Anda bekerja mandiri sehingga Anda harus sanggup mengembangkan beragam dokumentasi khusus, mampu menangani aneka infrastruktur Java, mengelola perangkat lunak atau desain hingga mengurus pengerjaan aplikasi sesuai kebutuhan bisnis perusahaan.

Bisa disimpulkan karir Java Developer lebih beragam dalam hal tugas sehingga mempunyai lebih banyak pilihan jenis pekerjaan dibandingkan level pemula.

Tingkat Senior

Ini merupakan level tertinggi. Karir Java Developer jenjang ini merujuk pada developer Java dengan banyak penguasaan keahlian, mulai dari teknis hingga komunikasi. Tentu saja, Anda harus menguasai Java secara menyeluruh.

Java Developer level senior mempunyai tanggung jawab memandu anggota tim, mengawasi jalannya proyek hingga memastikan kesemuanya berjalan sesuai kerangka waktu. Pilihan karir Java Developer level senior turut beragam, sekali lagi, dengan semakin banyaknya perusahaan membutuhkan website atau aplikasi dimana Java banyak dipakai.

Yang patut dicatat seorang Java Developer pada tahap ini biasanya mempunyai pengalaman yang sudah lama sehingga ia sudah akrab berkomunikasi dengan banyak klien untuk beragam kebutuhan. Tak mengherankan posisi ini akan memperoleh gaji besar, tergantung perusahaan yang mempekerjakannya.

Apakah anda tertarik dan mencari lowongan Java Developer? Anda bisa mencoba untuk mengirim cv anda dan bergabung dengan TOG Indonesia. Dengan begini, anda akan membuka lebar peluangmu untuk bekerja diperusahaan besar dan membantumu untuk terus mengembangkan karier. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya : Lowongan Java Developer di Jakarta

Yuk, ikutan Training IT gratis java & .net yang di adakan oleh TOG Indonesia, dan raih suksesmu.



Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

(Visited 58 times, 1 visits today)