Setiap orang yang bekerja pasti memiliki kebiasaan buruk yang bisa mengganggu kinerjanya tak terkecuali seorang Programmer. Oleh karena itu, sangat penting untuk menghindari beberapa kebiasaan buruk dibawah ini.

Kebiasaan Buruk Programmer

1. Pola Hidup yang Kurang Baik

Seorang Programmer biasanya memiliki pola tidur yang tidak teratur. Kalau setiap hari hal ini terus dilakukan malah akan menjadi kebiasaan yang tidak sehat. Dan fokus Anda akan menjadi terganggu pada saat di jam kerja karena efek kurang tidur tersebut.

2. Malas Belajar Hal Baru

Dalam dunia teknologi, perkembangan akan terjadi dengan sangat cepat, oleh karena itu para Programmer harus siap untuk terus mengupdate bahasa pemrogramannya dan wawasan tools baru untuk membuat suatu program. Melihat ada banyak yang perlu dipelajari, biasanya Programmer pemula sudah menyerah duluan dan jadi malas belajar. Perlu diingat, untuk menjadi seorang developer profesional maka diperlukan untuk terus giat belajar hal baru.

3. Copy-Paste Total

Tak sedikit yang mencoba untuk mengambil jalan pintas dengan mengcopy dari StackOverflow. Hasilnya program Anda bisa berjalan tanpa tahu kenapa dan apa proses yang ada di dalamnya. Dengan cara pemecahan masalah seperti itu, Anda tidak akan belajar apa-apa dari codingan yang Anda temukan.  Bisa saja kode yang Anda ambil bisa berjalan dengan baik. Namun hal ini belum tentu apabila muncul masalah yang sama, kode yang barusan di copas bisa digunakan.

4. Meremehkan Project 

Hal yang paling rawan untuk sering dilakukan adalah meremehkan proyek dan menunda-nunda untuk belajar coding. Hal ini akan sangat bahaya apalagi jika sudah kebiasaan yang sangat buruk. Ada kalanya ketika mendapatkan suatu proyek baru namun dengan jangka waktu yang panjang, seorang Programmer memilih untuk tidak menyicil dari awal dalam mengerjakan proyek. Imbasnya, ketika mendekati deadline, mereka akan terpaksa lembur dan bila ada bug dicari solusi yang cepat tapi tidak efektif – yang membuat hasilnya tidak maksimal.

5. Merasa Bisa Multitasking

Multitasking boleh saja dilakukan, namun Anda perlu menentukan dahulu skala prioritas pekerjaan. Pekerjaan Programmer membutuhkan tingkat fokus yang cukup tinggi. Sebaiknya jika Anda memiliki pekerjaan banyak, dipecah dahulu kemudian difokuskan pada urutan mana yang harus dikerjakan dahulu dan mana yang belakangan.

Baca juga artikel lainnya : Tips Programmer yang Membuat Anda Menjadi Programmer Sukses


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


(Visited 73 times, 1 visits today)