Lampiran Kerja – Melamar kerja adalah perkara yang mudah, bagian tersusahnya adalah diterimanya. Mungkin dari sekian banyak surat lamaran kerja yang sudah Anda berikan, mungkin hanya beberapa kali Anda mendapatkan panggilan wawancara.

Yang menjadi pertanyaannya adalah mengapa tidak semua lamaran kerja mendapatkan panggilan wawancara? Surat lamaran Anda bisa menjadi salah satu penyebab. Bisa saja surat lamaran kerja yang Anda kirimkan ada kekurangan misalnya lampiran Anda tidak cukup mendukung.

Untuk  sebagai informasi Anda saja, ada beberapa lampiran kerja yang harus Anda lampirkan dalam surat lamaran kerja:

1. Curriculum Vitae

lampiran kerja

Curriculum Vitae atau CV merupakan data yang berisi daftar riwayat hidup Anda mula dari data diri, riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan dan keahlian apa saja yang Anda miliki. Data yang terdapat dalam CV ini harus benar-benar nyata, artinya tidak ada unsur kebohongan sedikit pun.

Selain data dalam CV yang harus diperhatikan, Anda pun harus memperhatikan desain CV seperti apa yang bisa digunakan untuk menarik perhatian rekruter. CV ini pun dijadikan pertimbangan oleh pihak perusahaan yang mencari karyawan baru.

2. Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP)

KTP atau Kartu Tanda Penduduk merupakan data yang wajib dilampirkan dalam surat lamaran kerja yang Anda berikan. KTP ini sangat berkaitan dengan CV. Sebab, data diri yang terdapat dalam CV dan KTP harus sama. Jika ada perbedaan sedikit saja, maka Anda akan dianggap orang yang berbeda dan tidak valid pada akhirnya.

3. Foto Copy Ijazah Terakhir Beserta dengan Transkip Nilai

lampiran kerja

Hal ini pun perlu Anda lampirkan dalam surat lamaran kerja. Data ini akan memberikan gambaran mengenai kemampuan akademik Anda. dari sinilah pihak rekruter akan mengukur sejauh mana kemampuan anda.


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

4. Sertifikat Keahlian, Seminar dan Lain Sebagainya

Banyak orang yang menganggap data yang satu ini tidak penting untuk dilampirkan dalam surat lamaran kerja. Sebetulnya sertifikat keahlian atau sertifikat yang lainnya akan membantu Anda. Perusahaan akan menilai bahwa Anda merupakan orang yang memiliki keterampilan yang patut untuk dibanggakan. Bisa saja dengan sertifikat yang Anda lampirkan bisa membuka peluang Anda untuk diterima di perusahaan tersebut.

5. Foto Terbaru Ukuran 4×6 atau 3×4

lampiran kerja

Foto merupakan data paling penting yang harus di lampirkan dalam surat lamaran kerja. Dari foto yang Anda kirimkan, perekrut akan melihat wajah Anda. Anda harus melampirkan foto yang formal dan terkesan profesional. Sebab, hanya dengan melihat foto saja perekrut sudah bisa memberikan penilaian pada Anda. Oleh sebab itu, jangan lampirkan foto dengan wajah yang aneh atau foto dengan warna baju yang terlalu cerah seperti kuning, hijau stabilo atau warna cerah yang lainnya.

Sebetulnya dengan 5 data di atas, Anda tidak perlu melampirkan berkas yang lain misalnya SKCK, akte lahir dan sebagainya. Tapi, bila perusahaan yang Anda lamar meminta untuk melampirkan SKCK dan berkas lain maka Anda harus melampirkannya.

Tips Penting :

Pada saat Anda hendak melamar kerja, susunlah berkas-berkas tersebut dengan rapi. Anda bisa memulainya dengan menyusun foto di paling atas, di susul Foto Copy KTP, kemudian surat lamaran kerja, CV. Untuk bagian paling belakang Anda bisa menaruh Ijazah dan Transkip nilai dan berkas yang lainnya.

Jika semua berkas telah tersusun dengan rapi Anda tinggal memasukkannya ke dalam amplop berwarna coklat. Bila Anda akan melamar via email, Anda harus menyecan lampiran-lampiran tersebut dan menyimpannya dalam format file pdf.

Semoga Berhasil Dan Sukses!


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.

tog indonesia

 

(Visited 183 times, 1 visits today)