Di era digital zaman now ini, pekerjaan sebagai programming memiliki prospek cerah dan sangat menjanjikan. Menjadi industri incaran para perusahaan, programming memiliki ruang lingkup yang sangat luas dengan beragam jenis pekerjaannya. Pun, gaji yang cukup fantastis membuat pekerjaan pada bidang ini menjadi sangat populer. Apa saja jenis pekerjaan programming yang banyak diincar saat ini?

7 Jenis Pekerjaan Programming yang Banyak di Incar Plus Gajinya

1. Programmer

Seorang programmer memiliki kemampuan dalam membaca dan menulis bahasa pemrograman, membuat kode untuk sebuah program, dan memahami bentuk algoritma. Profesi ini bertujuan untuk membuat sebuah sistem dengan menggunakan bahasa pemrograman. Skill yang dibutuhkan dalam profesi ini yaitu memahami satu atau lebih bahasa pemrograman, menguasai algoritma, keterampilan membaca kode, Object Oriented Programming (OOP), jaringan komputer, berpikir analitis, hingga problem solving yang baik.  Pada level junior, kisaran gaji seorang programmer adalah Rp 5-17 Juta.  

2. Mobile Developer

Seorang Mobile Developer bertanggung jawab untuk membuat mobile app untuk Android, iOS, dan platform ponsel windows. Posisi ini bertugas mendesain, mengembangkan, mengimplementasikan seluruh mobile app. Banyaknya pengguna smartphone dan mobile app, menjadikan profesi ini pekerjaan yang mengalami pertumbuhan sangat cepat di dunia. Memulai karir sebagai mobile developer dibutuhkan pemahaman bahasa pemrograman seperti Java (Android), dan Swift (iOS). Gaji seorang mobile developer pada level junior berkisar Rp 7,3-20 juta.

3. Software Engineer

Posisi ini bertanggung jawab untuk mengembangkan, merancang, dan memelihara software. Bahasa pemrograman yang harus dikuasai meliputi Java, C++, Python, C#, Ruby, dan .Net. Gaji yang didapatkan seorang software engineer sekitar Rp 6,3 – 15 juta.

4. Quality Assurance Engineer

Posisi ini bertugas dalam menjaga mutu aplikasi atau software. Seseorang pada posisi ini harus menjalankan serangkaian tes untuk memastikan aplikasi yang dikembangkan memiliki kualitas yang terbaik. Untuk posisi QA engineer gaji yang didapatkan sekitar Rp 4,9- 8 juta.

5. Front End Developer

Front End Developer menggunakan bahasa pemrograman agar menghasilkan sebuah tampilan atau interface agar dilihat oleh user. Mereka mendesain sebuah situs web agar terlihat user-friendly. Profesi ini harus menguasai HTML/CSS, JavaScript, responsive design, hingga web performance. Soft skill yang dibutuhkan adalah kerja sama antar tim, komunikasi yang baik, hingga problem solving. Untuk level junior, gaji yang didapatkan untuk profesi front end developer cukup besar yaitu  Rp7,3–25 juta.

6. Back End Developer

Fokus utama profesi ini adalah database, scripting, dan arsitektur website. Back End Developer bertugas untuk memastikan website dapat beroperasi dengan maksimal dan terhindar dari risiko peretasan. Bahasa pemrograman yang harus dikuasai adalah PHP, Python, Javascript, dan Ruby. Sama halnya dengan Front End, kisaran gaji seorang Back End Developer yaitu Rp7,3–25 juta.

7. Full Stack Developer

Full Stack Developer menangani bagian front end dan back end. Profesi ini harus membuat desain website dan sekaligus menerapkan logika data secara bersamaan. Skill yang dibutuhkan pada posisi ini adalah memahami bahasa pemrograman front end dan back end. Gaji untuk profesi ini berkisar pada Rp7,3-23 juta.

Baca Juga: Cara Menjadi Developer Meski Tanpa Pengalaman Kerja

(Visited 70 times, 1 visits today)