Software Engineering adalah salah satu profesi di bidang IT yang banyak diminati. Untuk bekerja dibidang ini pun kandidat bisa melamar meskipun tidak memiliki gelar IT. Nah bagi Anda yang tertarik dengan pekerjaan software engineering tanpa gelar IT, jangan khawatir kali ini TOG Indonesia akan memberikan tipsnya yang akan diulas dibawah ini.

Pilih Bahasa Pemrograman

Terdapat beberapa bahasa pemrograman yang bisa Anda kuasai untuk dapat bekerja di bidang software engineering. Antara lain Java, Python, Ruby, PHP, HTML, Visual C++, dan masih banyak lagi.

Anda bisa bisa mempelajari Ruby pada saat pertama kali mempelajari software engineering. Selain mudah dan sederhana karena bisa dibaca dengan mudah. Keuntung lain mempelajari bahasa pemrograman ini adalah karena bahasa ini  digunakan oleh banyak perusahaaan kelas dunia, seperti AirBnBHulu, dan Kickstarter.

Belajar dan Mencari Referensi

Anda bisa belajar dengan mengikuti kelas software engineering yang sudah di sediakan.  Anda juga dapat membeli atau mengunduh buku – buku yang bisa dijadikan referensi belajar, seperti Code Complete 2, Introduction to Algorithms, Clean Code, dan masih banyak lagi.

Bergabung dengan Komunitas Software Engineer

Didalam sebuah komunitas, pasti berisikan orang – orang yang beragam dengan latar belakang yang berbeda. Mungkin sudah ada yang memiliki pengalam yang banyak dibidang software engineer. Nah Anda bisa dapat mempelajari lebih banyak dari yang sudah dipelajari sebelumnya. Salah satu keuntungan bergabung dengan komunitas adalah Anda bisa mempelajari kode yang dibuat oleh orang lain.

Mulailah Membuat Sebuah Proyek

Anda bisa memulai dengan proyek – proyek yang sederhana seperti membangun sebuah website dan blog. Anda juga bisa melamar pekerjaan sebagai freelance software engineering karena akan melatih kemampuanmu dalam menganalisa masalah dan menjawab permasalahan yang ada dengan baik.

Bangun network di bidang software engineering

Anda bisa menghadiri acara-acara yang berhubungan dengan bidang software engineering, jadi Anda bisa bertemu dengan banyak praktisi di bidangnya. Anda juga bisa menanyakan referensi mereka saat mempelajari ilmu tersebut, sehingga Anda mendapatkan ide yang baru untuk belajar.

Baca juga : Mau Lolos Interview Software Engineer? Wajib Jawab Pertanyaan Ini


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

(Visited 39 times, 1 visits today)