Pemilihan sistem operasional Android bagi banyak pengguna ponsel cerdas di Indonesia turut mengerek tingginya peluang Java Developer nasional. Tidak bisa dipungkiri harga ponsel pintar berbasis Android yang lebih murah menyebabkan larisnya pemakaian sistem operasional buatan Google ini di masyarakat.

Pada perkembangannya, makin banyak orang atau perusahaan yang membuat aplikasi berbasis Android agar bisa bersaing dengan yang lainnya di Google Play Store. Ini berimbas pada tingginya minat terhadap Android Developer. Peluang Java Developer terkait erat dengan profesi Android Developer.

Java merupakan bahasa pemrograman yang telah eksis sejak 1990-an, bahkan hingga kini masih menjadi salah satu yang digunakan banyak programmer di seluruh dunia. Java menjadi bahasa pemrograman kunci untuk membuat aplikasi atau perangkat lunak Android selain elemen penting lainnya, bernama Dalvik Virtual Machine. Dengan kata lain, menguasa Java menjadi modal awal menjadi Android Developer handal, mulai dari level junior, tengah hingga senior.

Contoh lowongan untuk Java Developer seperti di bawah ini:

Peluang Java Developer

Keahlian :

– Memahami OOP, REST API, SQL Lite

– Memahami Versioning Control ( GIT,BitBucket, dan lain-lain)

– Menguasai Java Programming

 

Kualifikasi :

– Familiar menggunakan Android Studio

– Sudah pernah membuat aplikasi Client Server

– Memiliki Logika Pemrograman yang kuat & bagus

– Mampu bekerja dalam tim

Tentunya peluang Java Developer di tanah air tak melulu mengincar posisi sebagai Android Developer saja. Ada perusahaan yang mencari programmer Java untuk membangun sebuah aplikasi web. Contoh lowongannya sebagai berikut:

Persyaratan:

  1. Sarjana jurusan Ilmu Pengetahuan Komputer/Teknik Informatika atau jurusan terkait;
  2.   Mempunyai pengalaman setahun hingga dua tahun sebagai Software Developer dalam Java Programming, terutama JEE;
  3.   Mempunyai ketertarikan dan minat yang kuat tentang Teknologi Informasi, terutama pemrograman perangkat lunak;
  4.   Harus memahami tentang Pemrograman Berorientasi Obyek;
  5.   Mempunyai pengetahuan dan pengalaman dalam JAVA Framework (Spring, Hibernate, MyBatis, ZK) dan Database (Oracle/Postgre/SQL Server/MySQL);
  6.   Memahami AngularJS, Grails, Web Design, Linux dan HTML akan menjadi poin plus;
  7. Poin tambahan bagi yang mengerti tentang JSP, Mobile, XML, dan HTML.

Selain profesi sebagai Android Developer dan Java Programmer, peluang Java Developer nasional memperoleh tempat strategis di dunia serba big data saat ini. Teknologi Java masih mendominasi ranah big data dimana bahasa ini banyak dipakai untuk membuat infrastruktur big data, seperti:

  1. Apache Hadoop
  2. Apache Hive
  3. Apache Pig
  4. Apache Spark
  5. Apache SparkSQL
  6. Apache Spark MLlib
  7. Elasticsearch
  8. Apache Cassandra.

Apache Hadoop dan produk turunannya masih sering dimanfaatkan membangun infrastruktur big data. Inovasi ini membantu kita dalam menyusun gudang data yang sangat banyak dan terstruktur. Apache Spark MLlib dapat berguna dalam membuat infrastruktur mesin pembelajaran.

Memanfaatkan peluang Java Developer membutuhkan Anda mengantongi sertifikasi programmer Java agar keahlian Anda memperoleh pengakuan dari lembaga yang kompeten. Di Indonesia sendiri telah tersedia banyak penyedia sertifikasi untuk programmer Java yang menawarkan layanan dan harga untuk beragam kebutuhan Anda. Contohnya adalah:

  •         Google Developer Certification (Android)
  •         Oracle Certified Associate
  •         Oracle Certified Professional
  •         Oracle Certified Expert
  •         Oracle Certified Master
  •         RedHat Certified JBoss Developer
  •         RedHat Certified JBoss Administrator

Manfaat lain dari memperoleh sertifikasi adalah membekali Anda menaiki jenjang level dalam peluang Java Developer dari pekerja penuh waktu menjadi seorang konsultan lepas. Tugas Anda nanti akan memberikan solusi jitu untuk permasalahan klien mengenai bahasa pemrograman Java dan teknologinya.

Demikianlah peluang sukses menjadi Java Developer di Indonesia. Apakah anda tertarik dan mencari lowongan Java Developer? Anda bisa mencoba untuk mengirim cv anda dan bergabung dengan TOG Indonesia. Dengan begini, anda akan membuka lebar peluangmu untuk bekerja diperusahaan besar dan membantumu untuk terus mengembangkan karier. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya : Pilihan Karir Java Developer, dari Level Awal, Junior hingga Senior

Yuk, ikutan Training IT gratis java & .net yang di adakan oleh TOG Indonesia, dan raih suksesmu.



Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

(Visited 27 times, 1 visits today)