Perbedaan blog dan wordpress menunjukkan bahwa kedua platform ini memiliki fungsi yang sebenarnya saling terintegrasi. Mungkin bagi sebagian orang yang masih awam akan bingung perbedaan keduanya.

Sekilas memang mirip, namun sebenarnya tidak sama tapi saling berkaitan satu sama lain. Nah, penasaran dengan perbedaan dari kedua istilah tersebut? Informasi berikut akan mengulas informasi terkait dengan perbedaan blog dan wordpress.

Perbedaan Blog dan WordPress Beserta Contohnya

Perbedaan Blog dan WordPress

Apa Itu Blog?

Blog merupakan platform online yang berisikan konten berupa artikel, foto, dan video dengan tema tertentu. Misalnya blog tentang teknologi, finansial, lifestyle, travelling, makanan, dan banyak lagi lainnya.

Untuk konten-kontennya perlu update secara berkala untuk membuat blog semakin hidup dan menarik. Terlebih lagi jika bisa mendatangkan cuan bagi pemiliknya. Blog merupakan salah satu jenis website.

Akan tetapi tujuan penggunaan blog lebih spesifik daripada wordpress. Misalnya blog bisa menjangkau audiens lebih relevan, membantu mendapatkan trafik secara lebih berkualitas, dan menjaring lalu lintas dengan lebih terstruktur.

Apa Itu Situs WordPress?

Sementara situs wordpress merupakan kumpulan dari suatu halaman yang berada di dalam satu domain dan bisa pengguna akses melalui internet. Secara umum, wordpress berisikan tentang informasi yang universal.

Misalnya seperti profil, halaman produk, kontak, dan lain sebagainya. Anda bisa memanfaatkan wordpress untuk berbagai kepentingan, misalnya seperti berikut.

  1. Pribadi, seperti kebutuhan usaha, personal branding, dan sebagainya;
  2. E-commerce, toko online menjual berbagai produk perusahaan;
  3. Profil perusahaan;
  4. Sebagai wadah suatu komunitas atau forum misalnya untuk ruang diskusi, meeting, dan interaksi lainnya;
  5. Menyebarkan berbagai berita yang hangat;
  6. Keperluan blog atau menampilkan berbagai konten menggunakan topik tertentu;
  7. Sebagai tempat pameran atau galeri dengan menampilkan konten visual, foto, video, hingga desain grafis.

Baca juga: Apa itu blogspot, Fungsi dan Cara Membuatnya

Contoh Blog dan WordPress Pribadi yang Populer

Berikut beberapa contoh blog dan wordpress pribadi yang bisa jadi referensi untuk Anda yang hendak memulai menjajaki dunia blogging.

  1. Trinity Traveler, contoh blogger profesional yang sudah terkenal karena menyajikan kisah perjalanan dengan budget minim ke berbagai belahan dunia;
  2. Anak Jajan, blog yang memiliki tema kuliner ini menyajikan berbagai review makanan dan restoran;
  3. Agus Mulyadi, merupakan blog pribadi yang berisikan tentang kisah-kisah keseharian dengan bahasa konyol dan menarik;
  4. TanamanMart, wordpress dan blog yang bertemakan pertanian. wordpress menjual aneka kebutuhan pertanian/perkebunan. Sementara blognya menyajikan konten terkait pertanian/perkebunan;
  5. Makna Wedding, wordpress dan blog yang merupakan bisnis layanan paket pernikahan.

Perbedaan Blog dan WordPress

Blog dan wordpress merupakan dua hal yang serupa namun sebenarnya berbeda. Perbedaan keduanya bisa Anda kategorikan dalam beberapa bagian seperti berikut.

1. Tujuan

Secara umum seseorang membuat blog untuk beberapa tujuan. Misalnya menjangkau audiens yang relevan, mendapatkan lead berkualitas, meningkatkan trafik, dan sebagainya.

Kegunaannya bisa untuk keperluan pribadi, informasi detail pada bisnis, berita, mendongkrak rangking, melakukan interaksi, hingga mengkonversi trafiknya.

Sementara wordpress bertujuan untuk meningkatkan kredibilitas audiens. Caranya dengan memperluas kesadaran terhadap suatu brand, menyediakan informasi lengkap terkait perusahaan dan produk-produknya.

Penerapannya lebih ke penguatan branding, menampilkan profil perusahaan, menyajikan informasi produk terbaru, iklan produk, hingga mengajak audiens melakukan transaksi produk.

Lebih tepatnya perbedaan blog dan wordpress ialah proses pengkomunikasian. Jika wordpress melakukan komunikasi searah, sementara blog adalah komunikasi dua arah.

2. Isi Konten

Penyajian konten dalam blog dan wordpress juga berbeda. Untuk blog mayoritas kontennya berupa tulisan artikel, foto, podcast, hingga video. Sementara wordpress, lebih ke informasi produk secara spesifik dan layanan perusahaan.

3. Komunikasi

Seperti informasi sebelumnya, komunikasi yang ada pada blog dan wordpress ini masing-masing memiliki arah tidak sama. Yang mana blog menyajikan komunikasi dua arah.

Sedangkan wordpress menyajikan komunikasi searah. Alih-alih memanfaatkan kolom komentar, wordpress secara langsung menyajikan live chat, kontak yang mengarah ke media sosial, atau bahkan nomor telepon.

Baca juga: Cara Cepat Dapat Uang dari Blog

4. Gaya Bahasa

Blog menggunakan gaya bahasa yang lebih santai, sedangkan wordpress formal. Pasalnya untuk wordpress target marketnya sudah jelas. Kalau blog lebih ke mengajak berkomunikasi target market.

5. Intensitas Update Konten

Blog bisa lebih sering melakukan update konten, bahkan bisa setiap hari untuk mendongkrak rangking dan menyajikan informasi terkini. Sementara worspress bisa mengunggah konten sangat jarang, lebih tepatnya saat dibutuhkan saja.

6. Pengelola

Blog lebih banyak dikelola oleh pribadi, seringkali para penulis memanfaatkan platform ini untuk menuangkan beberapa gagasannya. Sedangkan wordpress umumnya untuk profesional seperti perusahaan, komunitas, dan sebagainya.

Setelah memahami perbedaan blog dan wordpress, menurut Anda manakah yang lebih menguntungkan? Tentunya semua tergantung kebutuhan masing-masing pengguna.


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

(Visited 1 times, 1 visits today)