TypeScript dan JavaScript adalah dua bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan oleh front-end developer. Kedua bahasa ini bahkan memiliki banyak kesamaan. Walaupun demikian, kedua bahasa pemrograman ini juga memiliki perbedaan. Apa saja perbedaan dari ahasa Pemrograman Typescript dan Javascript ? yuk simak ulasan berikut ini.

Apa Itu TypeScript dan JavaScript?

TypeScript merupakan bahasa pemrograman yang bisa Anda gunakan untuk membuat website atau aplikasi. TypeScript sendiri dibangun secara open source berdasarkan JavaScript. Sedangkan, JavaScript merupakan bahasa pemrograman lain yang banyak digunakan. Bisa dikatakan, hampir semua developer sudah mengenal dan menggunakan bahasa pemrograman ini.

Perbedaan TypeScript dan JavaScript

JavaScript adalah implementasi dari bahasa ECMAScript yang digunakan dalam pengembangan website. Sedangkan, TypeScript dikembangkan berdasarkan superset JavaScript.

Perbedaan selanjutnya dari bahasa pemrograman ini terletak pada eksekusi kodenya. Jika JavaScript melakukan eksekusi kode melalui interpretasi. Sehingga, kode-kode tersebut bisa diterapkan ke dalam website. Sebaliknya, TypeScript melakukan konversi kode menjadi kode JavaScript agar bisa dimengerti oleh browser.

Anda tidak membutuhkan pengaturan awal ketika menggunakan bahasa pemrograman ini, karena kode-kode JavaScript bisa langsung digunakan digunakan. Resikonya, Anda mungkin menemukan beberapa bug atau perilaku tidak terduga yang hanya dapat ditemukan di browser.

Ketika menggunakan TypeScript, Anda akan membutuhkan lebih banyak penyiapan awal. Sehingga, Anda perlu pembelajaran tambahan selain memahami kode JavaScript. Akan tetapi, Anda akan lebih mudah melakukan debug ketika menggunakan TypeScript. Akibatnya, pengembangan website dapat dilakukan dengan lebih cepat.

Mana yang lebih baik digunakan?

Dalam mengembangkan website, Anda perlu dipertimbangkan adalah tingkat kerumitan dari website tersebut. Anda hanya perlu menggunakan kode-kode yang sederhana, jadi JavaScript adalah bahasa pemrograman yang tepat.

Menggunakan TypeScript akan memudahkan pekerjaan Anda apabila kode yang digunakan lebih rumit untuk ditangani dan lebih rentan terhadap kesalahan.

Baik TypeScript maupun JavaScript, Anda bisa menggunakan bahasa pemrograman yang paling sesuai dengan kebutuhan. Anda juga dapat mempelajari berbagai framework dan perkembangan lainnya di dunia teknologi dengan mengikuti berbagai pelatihan online.

 

Baca juga : Ingin Bangun Website yang Keren? Wajib Paham 5 Istilah Angular ini


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

(Visited 50 times, 1 visits today)