Bagi Anda pemilik bisnis, mengikuti dan mengaplikasikan perkembangan kecanggihan teknologi adalah hal yang diperlukan jika ingin mendorong secara internal bisnisnya berkembang dan mencapai target yang ditentukan. Jika tidak, kecil harapan bagi bisnis Anda untuk bertahan di era digital yang serba canggih ini. Namun, kadangkala Sumber Daya Manusia (SDM) internal yang ada, tidak mencukupi baik secara keterampilan maupun kualitas untuk menanganinya.

Tentunya demi mendukung proses bisnisnya tersebut, perusahaan akan memanfaatkan teknologi sehingga proses yang diharapkan, dapat lebih efisien dan efektif namun akan mendapatkan hasil yang maksimal. Penerapan teknologi sangat diperlukan sebagai alat bantu agar perusahaan bisa berkembang dan maju. Karena hal itu, maka akan dibutuhkan banyak ahli Teknologi Informasi (IT) di dalam bisnis Anda. Namun tidak perlu khawatir, karena saat ini di Indonesia telah hadir beberapa perusahaan konsultan IT dan rekrutmen yang terpercaya dan siap mendukung SDM ke dalam bisnis Anda.

Dukungan Layanan IT Rekrutmen

Untuk itulah TOGI hadir untuk mendukung bisnis Anda menjadi berkembang. Kami telah berpengalaman dalam penempatan banyak talenta IT di banyak perusahaan nasional, baik perusahaan berbasis IT maupun perusahaan konvensional. TOGI adalah perusahaan rekrutmen khusus IT dengan layanan IT solution bagi Anda pemilik bisnis baik tingkat pemula pemula ataupun perusahaan besar. Layanan yang kami miliki mencakup pemenuhan tenaga-tenaga ahli di bidang IT Developer , Software Tester (QA), Project Manager, Business Analyst , System Analyst , Security Engineer , dan lain-lain.

Tidak hanya itu, kami juga memiliki layanan untuk pengembangan masyarakat yang mana ini sangat bermanfaat bagi para talenta yang belum memiliki atau menguasai keterampilan TI tertentu. Para pelatih-pelatih profesional Kami akan siap untuk mendidik dan mengembangkan bakat para talenta, menjadi seperti yang banyak perusahaan yang diinginkan, yakni bidang TI.

Di dalam suatu bisnis, pasti akan mendapatkan banyak kendala dalam operasional sehari-harinya. Kendala itu dapat berupa kendala internal ataupun kendala yang berasal dari eksternal seperti alam, dan lain-lain. Untuk itu harus memahami apa saja kendala-kendala yang akan menghambat suatu bisnis, apabila sifatnya berbahaya bagi perkembangan perusahaan. Adapun kendala-kendala itu antara lain adalah:

Kendala Yang Sering Dihadapi Banyak Perusahaan

 a) Anggaran Yang Besar dan Minimnya SDM Handal

Sektor IT adalah aset yang paling berharga. Tidak hanya mencakup perangkat keras saja, tetapi juga mencakup perangkat lunak yang digunakan dalam bisnis. Terkadang sektor IT, akan menyedot anggaran perusahaan yang cukup besar. Bagi perusahaan yang sudah besar, mungkin hal ini tidak terlalu menjadi masalah. Namun beda halnya dengan perusahaan rintisan atau startup yang melihat ini sebagai salah satu masalah yang besar dan dapat mengancam keuangan perusahaan. Ditambah lagi SDM yang dimiliki kurang handal, tentu menambah kontes perusahaan untuk memberikan pelatihan kepada SDM ini. Sementara, pelatihan di bidang IT memang membutuhkan biaya yang cukup besar.

 b) Kendala Force Major dan Human Error  

Kendala selanjutnya yang sering dihadapi sebuah bisnis adalah force majeure (bencana alam) dan juga kesalahan manusia (kesalahan manusia). Bencana alam memang tidak dapat diprediksi, oleh karenanya pada saat lokasi usaha, penelitian yang diperlukan yang mendalam secara detail apakah lokasi usaha berada di tempat yang ideal dan aman dari bencana. Bencana di sini pun masih dapat dikategorikan lagi, seperti banjir, tanah longsor, dan gempa bumi. Untuk banjir dan tanah longsor, masih dapat diatasi dengan cara pemilihan lokasi yang aman tadi. Namun apabila gempa bumi, maka tiada alternatif lain, Anda sebagai pemilik bisnis harus menyiapkan plan B untuk itu.

Plan B yang dimaksud di sini ada jika kendala yang disebutkan di atas yaitu kesalahan manusia, yang mengakibatkan kerusakan pada sistem IT perusahaan. Plan B tersebut adalah dibuatnya layanan khusus untuk pemulihan atau Disaster Recovery as a Services (DRaaS). Karena ini menyangkut hajat banyak hidup orang yang berada di dalam perusahaan, maka layanan ini akan sangat membantu apabila suatu ketika terjadi kendala itu. Tetapi kembali lagi jika hal ini pasti akan memakan anggaran yang besar.

c) Keamanan Data dan Serangan Cyber

Kendala ini sering dialami oleh perusahaan manapun di dunia. Keamanan data merupakan kendala di sektor TI yang riskan. Sebuah perusahaan idealnya harus memiliki pusat data sendiri untuk menyimpan semua data-data penting agar tidak hilang atau diretas oleh orang yang bertanggung jawab. Faktanya di Indonesia telah mendapat 1,225 miliar serangan cyber setiap hari. Ini tentu angka yang mencengangkan, dan akan sangat buruk. Salah satu penyebab serangan cyber ini sangat besar adalah perawatan dan pemeliharaan berkala fasilitas IT perusahaan yang tidak optimal. Ditambahkan perusahaan tidak menggunakan sistem keamanan termutakhir dan penggunaan perangkat lunak palsu akan hal ini.

Baca juga: Pentingnya Perusahaan IT Konsultan untuk Perusahaan Anda

Oleh karena itu, banyak bisnis mulai membuka pintunya terhadap IT outsourcing dan IT maintenance dari luar. Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih IT outsourcing yang memberikan layanan terbaik pada bisnis yang Anda jalankan. Dalam memilih IT outsourcing , terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan agar Anda tidak salah pilih, di antaranya:

1. Pengalaman dalam menangani perusahaan besar

Indikator yang menjadi pertimbangan untuk memilih IT outsourcing terbaik adalah penyedia layanan tersebut memiliki testimoni yang baik dari klien-kliennya. Jika testimoni yang didapatkan banyak yang positif, maka perusahaan IT outsourcing tersebut layak untuk Anda pilih sebagai mitra IT outsourcing bagi perusahaan. Hal ini mengingat testimoni adalah bentuk nyata pengalaman dari klien terhadap pelayanan yang diberikan oleh perusahaan IT outsourcing itu.

2. Memiliki sumber daya SDM yang Profesional

Faktor lain yang harus dipertimbangkan dalam memilih mitra IT Outsourcing adalah tenaga SDM yang profesional. Indikatornya adalah tenaga SDM yang ditempatkan harus profesional. Profesional di sini maksudnya adalah tenaga yang benar-benar memiliki sertifikasi di bidang IT. Contohnya adalah, tenaga ahli bidang infrastruktur IT seperti server, storage atau jaringan. Kemudian tenaga bidang IT back up data hingga tenaga Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality(VR). keberadaan tenaga-tenaga SDM profesional ini sangat dibutuhkan, sehingga jika terjadi kendala di perusahaan, maka sewaktu-waktu mereka akan dapat diandalkan. Sehingga, ini akan meminimalkan kerugian yang dihadapi oleh perusahaan.

3. Memiliki Layanan IT Maintenance dan IT Manage System

Faktor untuk memilih IT outsourcing terpercaya yang terakhir adalah apakah perusahaan IT tersebut memiliki layanan pengembangan IT di bidang perangkat keras dan perangkat lunak . Perusahaan IT outsourcing memiliki fitur terkini dan selalu uptodate dengan perkembangan teknologi. Sehingga Anda sebagai pemilik bisnis dapat bebas memilih layanan berdasarkan kebutuhan. TOGI sebagai perusahaan IT solution juga memiliki fitur layanan penuh kepada klien yang mampu memberikan dukungan baik di jam kerja maupun di luar jam kerja, baik melalui teknisi di situs atau jarak jauh .

TOGI Adalah Perusahaan IT Solution Terbaik  

Dalam menghadapi tantangan global di era industri 4.0, TOGI memberikan solusi layanan TI yang dibutuhkan oleh semua perusahaan agar dapat bersaing dalam ekonomi digital yang sangat dibutuhkan untuk proses bisnis kedepannya. Kami memberikan solusi IT terpadu kepada Anda dengan tenaga-tenaga profesional IT yang berpengalaman layanan.

Kami siap membantu bisnis Anda untuk Mengidentifikasi solusi yang paling sesuai dalam bisnis Anda untuk mencapai tujuan yang tepat, berdasarkan budaya profesionalisme. Talenta yang kami tempatkan di berbagai perusahaan meliputi: IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, dan sebagainya.

Selain itu, TOGI juga menyediakan pelatihan dalam bidang IT dengan rekam jejak yang tersertifikasi untuk mengembangkan SDM yang memiliki fondasi kuat dalam menghadapi tantangan di era digital ini.

TOGI memiliki rekam jejak penempatan banyak tenaga-tenaga IT profesional maupun layanan IT manage service baik di instansi BUMN maupun swasta. Berbagai testimoni positif dan rasa puas terhadap kami menjadi bukti jika kami adalah yang terdepan dalam hal solusi IT Anda. Jangan ragu ataupun bimbang karenanya. segera hubungi kami di sini untuk informasi dan layanan konsultasi gratis dari TOGI!


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

(Visited 104 times, 1 visits today)