Tahapan interview termasuk fase penting bagi Anda mendapatkan profesi sebagai pengembang Java idaman. Artikel ini akan membahas tips interview Java Developer yang semoga dapat membekali Anda secara menyeluruh.

Yang kami maksud komprehensif di atas mencakup persiapan secara teknis dan non-teknis. Tips interview Java Developer kali ini menyeimbangkan kedua faktor tersebut agar hasil wawancara dapat maksimal dan mendapat gaji Java Developer yang sesusai dengan kemampuan anda. Simak yuk selengkapnya di bawah ini.

Inilah Tips Interview Java Developer

tips interview Java Developer

Aspek Non Teknis

Utamakan bersyukur sebelum Anda memulai mempersiapkan diri menghadapi tahap wawancara ini. Mengapa? Dengan berhasil melewati tahapan pengecekan berkas berarti Anda mempunyai modal bagus yang membuat Anda layak pada tahapan wawancara ini.

Dalam doa Anda, mulailah dengan mensyukuri karunia Tuhan dan menghargai usaha diri sendiri. Terlihat sepele akan tetapi ini menjadi modal psikologis yang penting. Anda akan mulai ke tahap persiapan dengan penuh kepercayaan diri.

Setelah itu, berdoalah agar Tuhan memudahkan jalan Anda dalam mengulang, menghafal materi Java hingga nanti menghadapi proses wawancara. Jangan lupa, mintalah orang tua dan saudara mendoakan agar Anda bisa lancar melampaui proses ini. Jika perlu, Anda dapat memohon doa kepada pemuka agama hingga anak yatim untuk proses ini.

Tips interview Java Developer ini kami sengaja mulai dari tahap non-teknis sebab kami percaya mental yang positif akan sangat membantu menguasai aspek teknis. Selain doa, teruslah belajar untuk tenang. Sikap yang tenang akan sangat menolong dalam menjawab semua pertanyaan dari pihak Sumber Daya Manusia atau SDM atau user dari perusahaan tempat Anda melamar.

Dengan sikap yang damai, Anda dapat mengatur ucapan, intonasi hingga gerak tubuh yang dapat memberikan penilaian positif di mata pihak SDM atau user. Perusahaan akan condong memilih karyawan dengan sikap yang santun dan tentram. Saat wawancara, pastikan Anda menggunakan pakaian yang rapi dan bersih. Hal kecil seperti ini dapat memberikan poin positif bagi diri Anda sendiri dan bagi pihak pewawancara. Di mata pihak eksternal, mereka bisa menilai Anda orang yang sopan dan menaati aturan secara umum walaupun tidak dijabarkan secara khusus sebelum Anda mengikuti tahap wawancara itu sendiri.

Aspek Teknis

Tips interview Java Developer selanjutnya adalah elemen teknis. Ini menjadi senjata Anda mendemonstrasikan keahlian Anda selama ini. Yang pertama adalah tentang Object-Oriented Programming atau OOP, yang singkatnya berarti pemrograman yang berorientasi pada obyek. Ada lima sifat dari OOP ini, yakni kelas dan obyek, inheritance atau pewarisan, abstraction atau abstraksi/gambaran umum, polymorphism atau polimorfisme/banyak bentuk, dan encapsulation atau enkapsulasi atau hak akses.

Elemen teknis dalam tips interview Java Developer kedua adalah tentang tiga bilangan wajib dalam tes bahasa pemrograman Java; bilangan Fibonaci, prima dan segitiga. Biasanya, bilangan fibonaci paling sering diujikan. Bilangan Fibonaci sendiri adalah suatu barisan bilangan yang merupakan hasil penjumlahan dua bilangan sebelumnya.

Umumnya, pewawancara aka menguji calon Java developer level pemula dengan teknik biasa lalu teknik rekursif bagi yang sudah berada di tahap menengah atau senior. Tak jarang pihak perusahaan memberikan ujian berupa pengerjaan aplikasi palindrom.

Demikianlah tips interview Java Developer. Apakah anda tertarik dan mencari lowongan Java Developer? Anda bisa mencoba untuk mengirim cv anda dan bergabung dengan TOG Indonesia. Dengan begini, anda akan membuka lebar peluangmu untuk bekerja diperusahaan besar dan membantumu untuk terus mengembangkan karier. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya : Skill Junior Java Developer yang Membuat Anda Sukses



Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

(Visited 55 times, 1 visits today)