Headhunter Indonesia | Mencari pekerjaan bukan hal yang mudah, baik bagi Anda yang baru pertama atau kesepuluh kalinya mencoba melamar kerja di dalam dunia kerja. Mencari pekerjaan membutuhkan waktu, perencanaan, persiapan, dan banyak pemikiran.

Mencari pekerjaan dapat menjadi pengalaman yang melelahkan, dan menakutkan. Namun, jika Anda melakukan pendekatan sistematis, proses akan lebih mudah serta membuka peluang kesuksesan dalam mendapatkan pekerjaan yang sesuai.

Berikut adalah tips sukses dalam mencari pekerjaan sebagaimana di kutip dari okezone.

Baca Juga Lowongan kerja IT

Persiapkan Masa Transisi
Buatlah perencanaan menjelang masa transisi dalam mencari pekerjaan. Semua orang, baik mereka yang baru selesai sekolah, mengundurkan diri dari pekerjaan atau dipecat pasti mengalami masa transisi dari fase sebelumnya. Apapun keadaan Anda, buatlah perencanaan dalam masa ini sehingga dapat mengatasi semua hambatan potensial di depan.

Perkirakan Waktu Mengundurkan Diri
Kecuali Anda memiliki kecukupan finansial jangan mengundurkan diri sampai Anda berhasil mendapatkan posisi baru. Siapkan penjelasan yang tepat untuk pengunduran diri Anda, karena kemungkinan ditanyakan saat wawancara.

Terbuka dengan Latar Belakang Anda
Tidak peduli penyebab Anda pindah kerja, tetapi belajarlah untuk terbuka mengenai latar belakang pekerjaan Anda sebelumnya. Sehingga Anda siap untuk menjelaskan alasan mencari pekerjaan baru, kaitannya dengan tujuan profesional Anda, dan alasan kesesuaian diri Anda untuk posisi baru.

Tentukan Pekerjaan yang Diinginkan
Sebelum mulai mencari pekerjaan, Anda harus mengetahui posisi yang Anda inginkan. Tentukan tujuan Anda, kemudian lakukan penelitian untuk menemukan pekerjaan yang sesuai. Tidak hanya sesuai dengan keinginan Anda, tapi Anda juga harus memenuhi persyaratan yang ditentukan.

Menentukan Prioritas
Tentukan prioritas sebelum mencari pekerjaan Anda. Pertama, buatlah daftar “must-have,” misalnya, lokasi perusahaan, waktu perjalanan Anda, gaji yang diinginkan, dan faktor lainnya yang harus didahulukan.

Mempersiapkan Resume dan Cover Letter
Anda harus menyelesaikan resume sebelum mulai mencari pekerjaan. Anda dapat menyoroti pengalaman yang berbeda berdasarkan kualifikasi dan spesifikasi Anda posisi yang Anda lamar.

Mencantumkan Referensi
Kebanyakan perusahaan akan meminta Anda untuk memberikan tiga sampai empat referensi profesional yang bisa mengesahkan kualifikasi Anda. Sebaiknya, Anda mulai menghubungi orang – orang yang dapat dijadikan referensi dari sekarang, sehingga mereka tidak kaget dan memiliki persiapan.

Perluas Jaringan Anda
Jaringan Anda dapat berasal dari mantan rekan-rekan, manajer, klien, alumni dari almamater, teman, atau anggota keluarga, tetangga, atau siapa pun dari komunitas Anda.

Mulai Mencari dan Melamar Pekerjaan
Jika Anda telah menemukan posisi yang Anda inginkan, lalu Anda sudah menyiapkan resume, serta meminta referensi dari sumber yang jelas. Jika Anda telah melakukan seluruh tahapan tersebut, maka waktunya Anda untuk mengajukan lamaran pekerjaan pada tempat yang Anda inginkan.

Menetapkan Tujuan
Mencari pekerjaan adalah proses melelahkan, sehingga Anda perlu untuk menetapkan tujuan yang harus dicapai sebagai pegangan. Misalnya, Anda mungkin ingin melamar sepuluh pekerjaan per minggu. Kemudian, pastikan untuk menyelesaikan tujuan ini.

Bersiap-siap untuk Wawancara
Langkah berikutnya dalam mencari pekerjaan adalah persiapan wawancara Anda. Dalam prosesnya akan ada beberapa putaran wawancara, biasanya dimulai dengan wawancara telepon, kemudian diikuti oleh orang wawancara. Sehingga Anda perlu untuk menyiapkan diri untuk wawancara telepon, wawancara personal. Jangan lupa ucapkan terima kasih apabila Anda telah melalui semua tahapan tersebut. Terakhir Anda harus mengevaluasi lamaran pekerjaan yang telah Anda kirim.

(Visited 50 times, 1 visits today)