Analisis data bisa dilakukan dengan baik dengan bantuan tools tertentu sesuai dengan data yang akan dianalisis. Tools tersebut bisa dimanfaatkan untuk banyak hal, seperti mengidentifikasi kemauan pasar, preferensi pelanggan, dan informasi penting lainnya. Sebagai analis data, berikut beberapa tools data analysis yang perlu dikuasai.

Xplenty

Tools Data Analysis

Sumber Foto : linkedin

Xplenty merupakan solusi untuk proses ETL yang berbasis cloud dengan pipeline data yang sederhana. Di dunia data analysis, Xplenty terbilang populer karena berbagai fitur canggih yang dimiliki. Tools ini bisa membantu pengguna untuk melakukan pembersihan dan pengubahan data. Kelebihan lainnya adalah kuatnya transformasi data, bebas coding, dan keamanan terjamin.

Microsoft Power BI

Tools Data Analysis

Sumber Foto : cargas.com

Microsoft Power BI bisa digunakan dalam membantu Anda menganalisis data berukuran sangat besar. Melalui tools ini, Anda laporan dan visualisasi data bisa dibuat dari gabungan beberapa sumber data. Kelebihan lainnya adalah Microsoft Power BI sudah terintegrasi dengan lebih dari 100 sumber data lokal maupun yang berbasis cloud. Beragam bahasa pemrograman, seperti Python, DAX, Power Query, dan SQL juga sudah mendukung tools ini.

Talend

Tools Data Analysis

Sumber Foto : medium

Talend juga cukup populer di lingkup data analysis karena memiliki kemampuan menganalisis data dengan volume besar. Jadi Anda bisa dengan mudah mengintegrasi berbagai data, meski jumlahnya sangat banyak. Talend juga dibekali kemampuan untuk memanajemen data master dan memeriksa kualitas data yang dianalisis.

Sisense

sumber foto : sisense.com

Salah satu kelebihan sisense adalah bisa membantu memvisualisasikan hasil analisis data, sehingga lebih mudah dipahami oleh orang lain. Menggunakan Sisense, Anda bisa menggabungkan data dari sumber yang berbeda-beda, kemudian memvisualisasikannya. Sisense dilengkapi dengan dashboard interaktif untuk melakukan diskusi dengan anggota tim.

Tableau

sumber foto : gri.jp

Tableau memiliki fitur yang canggih untuk melakukan visualisasi data, sehingga bisa dimengerti olah orang umum sekalipun. Tidak heran jika Tableau menjadi salah satu tools terpenting untuk seorang Business Intelligence. 

Dengan menguasai beberapa, atau bahkan semua tools data analysis di atas, pekerjaan Anda dalam menganalisis data tentu akan jauh lebih mudah dan efisien. Selamat mencoba. 

Baca juga : Kisaran Gaji Data Analyst dari Entry Level sampai Senior

(Visited 30 times, 1 visits today)