Tools memegang peranan penting membantu UI/UX Designer dalam membuat sebuah proyek desain. Dengan bantuan tools, proses pengerjaan desain bisa lebih cepat terselesaikan. Kini, sudah banyak tools yang memberikan kenyamanan, kecepatan, dan kenyamanan bagi para desainer. Tinggal bagaimana desainer selalu up to date dan mampu menguasai tools yang menjadi tren saat ini. Penasaran apa saja tools terbaik untuk desainer UI/UX? Yuk, lanjutkan membaca ke bagian selanjutnya.

Tools Hits di Kalangan UI/UX Designer

1. Figma

Menggunakan Figma bisa mempercepat pembuatan desain tampilan. Figma memang terkenal di kalangan desainer karena platformnya yang berbasis web. Karena berbasis web, Figma bisa dijalankan pada semua sistem OS: MacOS, Windows, dan Linux.

2. InVision

Invision sudah mendapatkan popularitas di kalangan UI/UX designer sejak pertama kali dirilis. Tools ini menawarkan pembuatan animasi dan transisi dari gerakan dan interaksi. Dengan menggunakan Invision desainer bisa membuat desain yang dibuat jadi responsif, sehingga tidak perlu membuat banyak desain di macam-macam device.

3. Sketch

Tidak kalah populer, Sketch bisa membantu desainer dalam membuat antarmuka dan prototype hi-fi. Sketch bisa membantu desainer dalam menciptakan sistem desain dan menjaga antarmuka tetap konsisten.

4. Origami Studio

Tools desain yang dikembangkan oleh Facebook. Tools ini memiliki fitur menambahkan aturan dan logika ke interaksi. Dengan menggunakan tools ini desainer bisa melihat mock up secara live di smartphone dengan menggunakan fitur Origami Live. Dengan satu kali klik, copy-paste desain bisa dilakukan dengan mudah.

5. Adobe XD

Adobe XD (Experience Design), tools buatan perusahaan Adobe yang khusus dibuat untuk para desainer yang berfokus pada rancangan antarmuka aplikasi atau web (UI/UX designer). Tools ini populer di kalangan desainer profesional maupun pemula karena fitur yang banyak dan menarik, serta kemudahannya.

6. Adobe Illustrator

Illustrator banyak digunakan oleh desainer-desainer profesional dalam membangun desain kreatif, inovatif, dan menarik perhatian. Desainer yang sudah terbiasa menggunakan Adobe Photoshop akan mudah menggunakan tools ini karena layout-nya yang tidak jauh berbeda.

7. Adobe Comp

Comp cocok untuk desainer yang suka membuat desain pada perangkat dengan layar besar. Tools ini menawarkan fitur lengkap membangun wireframe yang optimal. Namun, aplikasi ini tidak bisa digunakan dengan gratis.

8. Axure

Axure menyediakan prototipe canggih tanpa mewajibkan user-nya untuk handal dalam coding. Dengan Axure, desainer bisa menyisipkan animasi pada desain, membuat dynamic content, conditional flow untuk memeriksa kondisi, dan lain sebagianya. Sayangnya, Axure hanya gratis pada 1 bulan pertama saja.

9. Balsamiq

Tools wireframing ini terkenal sangat cepat.Dengan Balsamiq desainer bisa mengembangkan struktur dan tata letak dengan mudah. Balsamiq bisa membuat alur desain dengan mudah karena dilengkapi dengan fitur drag & drop. 

10. MockFlow

MockFlow memungkinkan desainer untuk membangun layout atau tata letak dasar dengan cepat. Hasil mockup desain pun terlihat jauh lebih rapi dan menarik sebelum nantinya diaplikasikan pada desain.

Baca Juga: 9 CMS Website Paling Populer dan Banyak Digunakan Saat Ini

(Visited 35 times, 1 visits today)