Trend bahasa pemrograman 2022 merupakan faktor penting yang perlu Anda kuasai jika ingin karir melesat di bidang teknologi. Mengingat teknologi terus mengalami perkembangan seiring berjalannya waktu.

Terkhusus bagi siapa saja yang sedang menggeluti profesi programmer atau sebagai developer. Skill coding adalah hal utama yang harus mereka miliki dan yang pasti tanpa menguasai bahasa pemrograman, tidak akan bisa melakukannya.

Daftar Trend Bahasa Pemrograman 2022 untuk Programmer

Ada beberapa bahasa pemrograman yang bisa Anda gunakan untuk proses coding. Rekomendasi trend bahasa pemrograman 2022 berikut perlu dipahami para programmer.

1. Python

Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang populer di kalangan para programmer. Hal ini karena bahasa yang cukup sederhana dan mudah untuk programmer pahami.

Sehingga peminat Python cukup banyak, bahkan cocok juga untuk mereka yang masih pemula. Bagi Anda yang ingin berkarir di bidang teknologi, bisa mempelajari Python.

Khususnya mereka yang ingin berkarir di bidang pengembangan back end, data science, dan machine learning.

Baca juga: Berbagai Sertifikat Programmer yang Bisa Tunjang Karir Anda

2. Java Script

Trend bahasa pemrograman 2022 selanjutnya ialah Java Script. Saat ini Java Script memimpin industri pemrograman dengan lebih baik dan efisien. Pasalnya bahasa ini bisa programmer manfaatkan untuk berbagai jenis proyek pengembangan.

Anda bisa memanfaatkan Java Script untuk membangun situs web, aplikasi, mobile app, dan software lainnya. Menariknya lagi ada semacam library atau framework yang bisa programmer manfaatkan dalam membangun proyeknya.

3. C/C++

Meskipun termasuk dalam kategori bahasa pemrograman yang sudah lama, namun hingga saat ini masih cukup populer. Baik C atau C++, programmer perlu mempelajari keduanya.

Kedua jenis tersebut memiliki pengaruh yang cukup besar pada jenis bahasa-bahasa lainnya. Dengan begitu programmer akan lebih mudah dalam memahami cara kerja perangkat komputer dan bahasa coding secara garis besar.

Selain itu, bahasa pemrograman C dan C++ juga banyak dipakai untuk membangun aplikasi dan juga video game. Perusahaan besar seperti Microsoft dan Windows juga masih menggunakan bahasa tersebut dalam membangun proyeknya.

4. Java

Meski sudah lama, Java masih menjadi salah satu bahasa pemrograman yang cukup populer di tahun 2022. Hal ini terjadi karena Java memiliki beragam kegunaan dan kelebihan.

Salah satunya adalah bisa kompatibel dengan berbagai sistem operasi perangkat keras. Serta penggunaannya juga lebih praktis untuk berbagai jenis platform. Format bahasanya mirip dengan C dan C++.

5. Swift

Cocok untuk siapa saja yang ingin mengembangkan sistem pada iOS. Mereka bisa memakai bahasa pemrograman Swift. Salah satu kelebihannya ialah memiliki sifat open source code, sehingga pengembang lebih bebas dalam membangun proyeknya.

Swift juga memiliki sintaksis sederhana dan ramah penggunaan. Meski lebih banyak dipakai oleh pengembang iOS, nyatanya banyak juga yang memanfaatkan Swift untuk mengembangkan proyek lain.

Perusahaan besar seperti Mozilla Firefox dan WordPress juga menggunakan bahasa pemrograman ini untuk mengembangkan berbagai proyek mereka. Menariknya lagi Swift dapat Anda hubungkan dengan Objective-C, sehingga pemula akan mudah paham.

6. Type Script

Mempunyai kemiripan dengan Java Script, namun Type Script jauh lebih sederhana dan mudah jika ingin memahaminya. Cocok untuk para developer pemula yang ingin mempelajari dunia coding.

Namun demikian Type Script sepi peminat di kelompok ilmiah. Hal ini terjadi karena bahasa tersebut hanya bisa pengguna pakai untuk pengembangan online, aplikasi mobile, dan desktop.

Baca juga: Skill Programmer yang Wajib Dimiliki Agar Dicari Perusahaan Besar

7. Kotlin

Termasuk dalam kategori bahasa pemrograman yang masih muda atau baru. Meski demikian Kotlin masuk dalam kategori bahasa pemrograman yang populer di tahun 2022.

Developer juga bisa mengalihkan proyeknya dari Java ke Kotlin karena keduanya kompatibel. Cocok juga untuk mengembangkan aplikasi berbasis Android, karena Kotlin menawarkan berbagai kemudahan saat digunakan.

8. Matlab

Trend selanjutnya ialah Matlab, yang khusus untuk pembuatan sistem kontrol. Meski demikian Matlab cukup bisa diandalkan untuk berbagai bidang pemrograman.

Seperti ilmu eksak, sains, engineer, dan lainnya. Para ilmuan di sektor industri juga sering mengandalkan Matlab sebagai bahasa pemrogramannya.

Nah, itulah sederet trend bahasa pemrograman 2022 yang wajib programmer pelajari jika ingin menjadi profesional. Bagi Anda yang sudah berniat untuk masuk di bidang teknologi industri bisa mulai mempelajari bahasa pemrograman tersebut.


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

(Visited 1 times, 1 visits today)