Menjadi seorang Programmer memiliki tugas dan tanggung jawab yang sangat besar dalam sebuah perusahaan. Tugas umum Programmer adalah membangun suatu program, baik itu dalam bentuk aplikasi mobile (android/iOS), website ataupun desktop. Selain membangun suatu program itu, programmer juga harus melakukan tugas-tugas sebagai berikut.

Tugas IT Programmer

1. Mendefinisikan Kebutuhan

tugas it programmer

Image Source : raharja

Hal ini sangat dibutuhkan untuk menilai tingkat kepuasan pengguna setelah menggunakan aplikasi tersebut. Selain itu, programmer harus menentukan jenis platform dan tools lainnya yang akan digunakan untuk mengimplementasikan aplikasi.

2. Merancang Tampilan Program

Programmer diharuskan untuk bisa membuat sketsa alur aplikasi secara umum melalui bentuk flowchart atau tampilan grafis.

Baca juga artikel lainnya : Kriteria IT Programmer yang Paling dicari Perusahaan

3. Menulis Kode Program

tugas it programmer

Image Source : jurnalweb

Menulis kode program (source code) adalah tugas paling penting yang dilakukan oleh programmer. Tugas ini dilakukan setelah programmer selesai membuat flowchart. Dalam artian, programmer menuangkan gambaran flowchart ke dalam bentuk kode program menggunakan bahasa pemrograman yang telah disepakati.

4. Melakukan Debug Program

Ketika selesai menuliskan kode program, programmer dapat melakukan proses debug terhadap aplikasi. Maksudnya adalah programmer dapat mengecek terjadinya kesalahan atau error yang terjadi dalam aplikasi. Jika terjadi kesalahan, maka programmer dapat mengevaluasi kode program yang sudah dibuat.

Baca juga artikel lainnya : Perhatikan Hal ini Sebelum Memilih Perusahaan Headhunter IT

5. Menguji Program

Menguji program adalah tugas programmer selanjutnya, dimana aplikasi yang sudah selesai dibuat akan dipublikasikan kepada pengguna. Dengan begitu, aplikasi yang sudah dibuat memiliki manfaat bagi pengguna.


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


Jika Anda seorang Programmer serta sedang mencari pekerjaan menjadi Programmer, Anda bisa menghubungi kami. Karena ada ribuan lowongan pekerjaan di bidang IT yang menunggu untuk kamu lamar. silakan klik link di bawah ini.

Contact

Phone: 021-21192578, WhatsApp: 08151622988
Email: [email protected]

(Visited 37 times, 1 visits today)